Minggu, 24 Juli 2011

Cara mengganti dan mengedit template via handphone

Tutorial ini sebenarnya udah banyak dibahas oleh para blogger hp. Tapi untuk melengkapi tutorial-tutorial yang lain, maka saya ulas tutorial ini. Untuk bisa mengedit template di hp dibutuhkan beberapa aplikasi sebagai pendukung. Yaitu zip extraktor seperji jZipMan dan text editor seperti MiniCommander atau mobyexplorer.

Berikut langkahnya (menggunakan jZipMan dan MiniCommander ):

Template yang akan anda pakai jika berupa file zip (xxx.zip), maka anda extrak dulu dengan jZipMan. Maka akan didapatkan file-file lain, salahsatu diantaranya file xml(ex : abcde.xml). Jika sudah selesai anda keluar dari aplikasi tsb. Kemudian buka MiniCommander kemudian cari file2 yang sudah di ekstrak. Pilih file yang berupa file.xml . Jika sudah ketemu klik file tersebut dan klik UTF-8, dan silahkan di edit. Jika sudah selesai simpan hasil pengeditan, dan keluar.

Selanjutnya anda login ke dashbord blogger anda, pilih RANCANGAN -> EDIT HTML -> upload file yang telah anda edit. Jika ada tulisan seperti "Template anda tidak mengandung widget ...", klik pertahankan widget / hapus jika anda ingin menghapusnya. Kemudian klik SIMPAN TEMPLATE

Jika dilain waktu anda ingin kembali mengedit template tersebut, klikDOWNLOAD TEMPLATE LENGKAP, dan unduh template anda.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments