Rabu, 06 Juli 2011

Selamat Jalan Guruku yang Tercinta

'' Innaalillaahi wainna ilahi raajiuun, KH. Zainuddin MZ. telah wafat ''

Kira-kira itulah sebuah isi status teman saya di facebook yang saya lihat kemarin siang. Saya kaget dan tak percaya akan berita itu. Saya pun langsung mengunjungi situs-situs berita online. Dan ternyata benar, KH. Zainduddin MZ. telah wafat. Saya kaget karena pada hari Minggu kemarin beliau ceramah di tvone dan kelihatan masih segar bugar. Dan ternyata itu adalah terakhir kali saya melihat Beliau. Banyak orang yang mengagumi dan mengidolakan Beliau, termasuk saya. Karena Beliau seorang ulama yang tak kenal lelah untuk selalu mengingatkan kita akan kebaikan. Beliau sangat mencintai umat. Saya juga sempat mendengar dari putra Beliau saat diwawancarai wartawan, bahwa Beliau kalau sakit bisa menahan untuk tidak kerumah sakit, tapi Beliau malah mengatakan, '' Kalau aku sakit, maka obatnya adalah ummat'' MasyaAllah... Begitu cintanya kepada ummat, sehingga ummat menjadikan obat untuk Beliau.

Usia memang tidak ada yang tahu, kecuali Allah yang empunyanya. Sering kita lihat orang yang sudah tua renta dan memiliki penyakit, yang kita kira hidupnya tidak akan lama lagi, tapi masih diberi usia yang panjang oleh Allah swt. Sebaliknya, orang yang kita lihat segar bugar, justru pendek usianya. Kadang saya selalu berfikir, kenapa harus Beliau yang diambil (oleh Allah swt.), kenapa bukan para koruptor saja yang jelas-jelas menjadi sampah di masyarakat, dan menjadi perusak di bumi ini ?. Tapi saya sadari hanya Allah lah yang Maha Kuasa, dan Dia punya maksud dari semua ini.

Guru saya pernah berkata, '' Salah satu bahwa kiamat sudah dekat, adalah dicabutnya paku dari bumi ini ''
Saya bertanya, '' Apakah yang dimaksud paku itu ?''
Jawab guru, '' Ulama !''

Jika sebuah bangunan diacabut pakunya satu-persatu, maka kekokohanya akan hilang. Dan jika semua paku itu habis dicabut, maka robohlah bangunan tersebut.

Semoga Allah swt. menerima amal ibadah Beliau.

Guru saya juga pernah berkata, '' Jika kita mengajarkan satu kalimat Bismillahirrahmaanirrahim kepada seseorang, dan orang tersebut mengamalkanya dalam kehidupanya, maka kita akan mendapatkan pahala atas semua itu ''

Dan Almarhum mengajarkan kepada ummat lebih dari sekedar bacaan Basmallah..

Wallahu alam..

Share this:

Related Posts
Disqus Comments