Kamis, 11 Agustus 2011

Awal mula saya ngeblog

Salamu alaikum...
Selamat wayahkieu sobat blogger pemula

Banyak alasan kenapa orang membuat sebuah blog. Ada yang memang membutuhkanya atau hanya sekedar iseng. Saya sendiri membuat sebuah blog karena mungkin boleh dibilang butuh. Bagi saya blog adalah sebuah media untuk berekspresi. Dengan tulisan kita juga bisa mengekspresik apa isi hati kita. Saya punya kelemahan dalam berbicara, saya tidak pamdai berbicara seperti para politikus saat berkampanye. Tapi saya termasuk orang yang kritis, maka blog adalah salah satu media untuk menuangkan unek-unek apapun. Walaupun memang blog ini tidak berisi artikel-artikel yang bertemakan kritikan, karena memang blog ini bukan dibangun untuk itu. Untuk sementara blog ini saya jadikan sebagai media untuk belajar menulis. Dan juga dikarenakan saya membuat artikel-artikel di blog ini melalui hp, yang mana karakter hurufnya terbatas. Salah satu kekurangan saya dalam menulis tema yang bebas adalah saya tidak pernah bisa menemukan ujung dari tulisan saya.

Awal mula saya buat blog pada akhir tahun 2010, tapi mulai aktif nulis pada Maret 2011. Pada awal Februari 2011 saya mencoba belajar membuat sebuah wapsite. Saya lakukan itu karena saya tertarik melihat tampilan wapsite yang sesuai dengan layar handphone, tidak seperti tampilan blogspot ( sebelum saya mengenal mobile template karya Kang Bagas96). Hosting wapsite yang saya gunakan pertama kali adalah XtGem.com dengan alamt raharja.wap.sh kemudian mencoba di WEN.RU dengan alamat simplesite.wen.ru. Karena kedua wap ini tidak saya geluti secara serius, jadi saya buat ala kadarnya saja. Di kedua wapsite inilah saya belajar kode-kode html sehingga ketika saya beralih ke blogspot semuanya menjadi lebih mudah. Dan saya rasa wapsite adalah media yang cocok untuk dijadikan sebagai media belajar html.

Pada suatu saat ada seorang pengunjung blogwalking dan meninggalkan jejak di guestbook wapsite saya. Dan dia meninggalkan sebuah alamat blog dengan domain blogspot. Saya cek ternyata tampilan blog tersebut sesuai dengan layar hp. Dan saya pun mulai tertarik untuk mencobanya. Akhirnya saya pun menemukan sebuah alamat blog pembuat template mobile tersebut. Dan sejak itulah saya beralih ke blogspot. Karena saya merasa hosting ini cocok untuk menulis. Saya juga pernah mencoba membuat blog di wordpress.com, namun dirasa kurang nyaman pada tampilan dashboardnya jika menggunakan hp, dan juga tidak bisa mengeksplor templetnya, maka saya lebih fokus di blogspot.

Saya tidak menguasai komputer sama sekali. Semua ini saya buat dari hp, dua hp yang saya gunakan yaitu SE W200i dan Nexian T922 , hingga sekarang. Memang cukup repot, tapi ini justru menambah ilmu buat saya. Karena ilmu itu bisa kita dapatkan jika kita menemukan kesulitan. Oleh karena itu juga, sebagian besar isi blog ini membahas tentang tutorial-tutorial via handphone. Saya tidak berani memposting tutorial yang tiadk bisa dipraktekan via hp.

Itulah sekilas perjalanan saya dalam dunia blogging... Bagaimana dengan anda... ??? :r

Share this:

Related Posts
Disqus Comments