Awas ! situs anda bisa diblokir !

Setelah Kementrian Komunikasi dan Informasi (kemenkominfo) memblokir situs-situs yang berisikan konten por**. (Walaupun banyak situs por*o masih bisa di akses). Kedepan sepertinya akan ditambah lagi jenis konten yang akan di blokir, yaitu situs yang berisikan konten musik yang bisa di download secara gratis (Situs yang tidak sesui dengan Undang-undang).

Ini diungkapkan oleh Menkominfo Tifatul Sembiring yang dikutip oleh sebuah media berita Detik.com yang saya copy dibawah :

*************************


,Menkominfo Tifatul Sembiring menegaskan, rencana pemblokiran situs-situs yang menyediakan fitur download musik secara ilegal tak lain untuk melindungi karya musisi lokal.

"Karena semuanya sudah tercantum di Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), bahwa siapapun yang mentransfer karya orang lain tanpa ijin dan persetujuan dari yang bersangkutan merupakan tindakan pembajakan yang bisa dikenakan hukum penjara," kata dia.

"Alasan kita memblokir bukan sekadar untuk menghukum, tapi untuk menyadarkan
masyarakat mengenai buruknya pembajakan," tambah Tifatul yang ditemui di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (15/8/2011).

Ia pun mengungkapkan, efektivitas dari
pemblokiran ini pun akan dievaluasi lagi setelah berjalan selama enam bulan.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo juga
menyatakan bahwa pihaknya tidak akan
membuat software khusus untuk mendeteksi
situs pembajakan musik.

"Kita tidak membuat software khusus untuk
mendeteksi situs lokal pembajak musik. Karena nantinya yang memblokir situs-situs tersebut bukan kami, melainkan pihak operator," ujarnya.

********************

Jadi, jika anda ingin membuat sebuah situs yang berisikan konten musik yang bisa di download secara gratis oleh pengunjung, sebaiknya anda pikirkan dulu. Jangan sampai susah-susah bikin situs malah gak bisa dikunjungi karena di blokir...

14 komentar

waduh.. Loba aturan ayeuna mah nya? Apa situs upload&share seperti 4shared/plunder bakal digusur??? :r da dinu samodel kitu donlod mah, lain di blog.. :)

@Elang84 : ari maca dina beritamah 4shared termasuk bermasalah sareng hukum di Indonesia, jadi teu menutup kemungkinan ngiring diblokir upami di lenbetna aya konten musik..

Hi mas Yusup. Eleh...eleh...Untung aje, blog ane udah bersih dari Itu semua. Cuman, kalo ngasi download Program2 gratisan di Blokir kagak ya?? :(
Oh ya, masalah ente kagak punya rekening bank, jujur aja, ane juga kagak punya :P, sementara ini, target perbisnisan internet ane, sekedar untuk beli domain ma beberapa property website lain. Abiznya, low beli males :D. Hehehe...thanks for Comment.

Info yang bermanfaat gan terima kasih ya

Wah parah jg klw digusur situs dnload musik, mo donlot dimn? tpi biasax situs donlot musik cma menyediakn link donlot yg blum tntu hosting pribadi...

Kalau krim lewt bluetooth termasuk pembajakan gk kang? :D

@Ilham Zone : kalau menurut buku tatang sutarman, memperbanyak dan atau mengedarkan suatu konten tanpa izin si pemilik hak paten, itu melanggar hukum..

Menurut entis sutisna yang penting gk ditangkap gk papa kang..hehehe

Wah berarti blog ane ane juga harus berhati2 dong sob, karena ada download musiknya.. :-(

Thanx Infonya

@MAS YANTO : berdoa z mas moga gak kegusur...

ya pasti ga semuanya digusurlah mas...
paling cuma 40%an lah website yang di gusur...

@Fahmi Setiawan: andaikata pemerintah bisa melakukan pemblokiran pada semua situs2 tersebut, pasti mereka akan melakukannya. Tapi itu tidak mungkin bisa dilakukan...

wah ngeri sob,, salam kenal ya,,

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon