Selasa, 02 Agustus 2011

Barakah dari makan sahur

Selamat wayah kieu sobat semuanya. Dibawah saya nukilkan sebuah hikmah dari sahur, yang mudah-mudahan ini bisa menjadikan kita tambah bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ini.


Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, dia berkata, 'Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 'Sahurlah kalian karena didalam sahur itu ada barakah'."


Rasulullah saw. menyuruh sahur, yaitu berupa makan dan minum pada waktu sahur, sebagai persipan untuk puasa. Lalu Beliau saw. menjelaskan hikmah Ilahiyah di dalam puasa, yaitu datangnya barakah. Barakah di sini mencakup berbagai manfaat dunia dan akhirat. Di antara barakah sahur bahwa orang yang sahur untuk berpuasa tidak merasa bosan untuk berpuasa lagi, berbeda dengan orang yang tidak sahur, yang tentunya akan mengalami kesulitan dan keberatan untuk mengulanginya lagi. Barakah lainya ialah pahala yang diperoleh karena mengikuti Rasulullah saw. Barakah lainya lagi, bahwa orang yang sahur tentu bangun pada akhir malam, sehingga bersamaan dengan itu dia dapat melakukan dzikrullah ,memohon ampunan dan shalat subuh secara berjama'ah. Berbeda dengan orang yang tidak sahur. Karena itu jumlah orang yang shalat jama'ah subuh pada bulan Ramadhan jauh lebih banyak, yang sebabnya ialah sahur. Barakah sahur lainya, bahwa ia merupakan ibadah, jika diniatkan sebagai sarana pertolongan untuk taat kepada Allah swt. dan mengikuti Rasulullah saw. Allah swt. mempunyai hukum dan rahasia dalam syariat-Nya. (- Taisirul-Allam Syarh Umdatul-Ahkam )

Share this:

Related Posts
Disqus Comments