Rabu, 14 September 2011

Aplikasi-aplikasi penting bagi para blogger mobile

Selamat wayahkieu sobat pengunjungBlogger Ponsel
Teknologi sekarang semakin maju. Dulu kalo mau ngeblog harus lewat komputer, tapi sekarang tidak lagi. Ngeblog lewat handphone pun sekarang bisa dilakukan. Seperti blog ini, yang dari awal dibangun hanya dengan hanphone SE200i dan Nexian T922 saja.

Aplikasi apa saja sih yang diperlukan agar bisa ngeblog melalui hp ?
Kalo itu tergantung jenis tema blog yang akan dibuat. Jika temanya adalah untuk membagi-bagikan aplikasi, seperti blognya kang Elang84 (elang84.blogspot.com), maka banyak aplikasi yang dibutuhkan. Kalo cuma untuk nulis-nulis doang, hanya dengan 0peraMini aja sudah cukup.

Tapi kalo ingin sekalian pasang template atau pasang gadget yang macam-macam agar blognya sedikit meriah, tentu OperaMini aja tidak cukup.

Berikut beberapa aplikasi standar yang wajib dimiliki bagi anda yang ingin ngeblog via hp. Aplikasi-aplikasi ini yang saya gunakan dalam membangun blog.

1. OperaMini
OperaMini. Saya gunakan 2 jenis OperaMini, yaitu OperaMini original dan OperaMini Modif. OperaMini modif memiliki beberapa fitur yang tidak ada pada OperaMini original, yaitu diantaranya yang terpenting yang sering saya gunakan adalah fitur screenshoot, dimana dengan fitur ini kita bisa mengambil gambar sebagai pelengkap tutorial-tutorial. Untuk Opmin original bisa di download di situs resminya m.opera.com , sementara untuk OperaMini Modif bisa dicari di google, atau di blog tetangga saya elang84.blogspot.com .
2. BoltBrowser
aplikasi ini menampilkan halaman sebuah situs dengan tampilan penuh layaknya di komputer. Aplikasi ini juga sangat penting mengingat beberapa gadget tidak bisa didapatkan via OperaMini, seperti FlagCounter. Tapi aplikasi ini saya gunakan untuk beberapa keperluan ngeblog jika dari OperaMini tidak bisa dilakukan. Untuk mendownload aplikasi ini bisa didapatkan di www.boltbrowser.com

3. Text Editor
Aplikasi ini digunakan untuk mengedit template (tapi anda harus menguasai kode-kode HTML ).
Ada banyak jenis aplikasi text editor yang banyak digunakan oleh para blogger hp. Seperti Minicommander, mobyexplorer, file explorer, dan sejenisnya. Tapi yang sering saya gunakan adalah MiniCommander.

4. Zip extraktor
Aplikasi ini digunakan intuk mengekstrak/memcah file zip menjadi file-file pokok. Karena beberapa template atau aplikasi di pack dalam bentuk file zip. File zip ini merupakan kumpulan dari beberapa jenis file, seperti file xml, txt, jpg, dan lain sebagainya.
Ada banyak jenis aplikasi zip extraktor, tapi yang sering saya gunakan adalan jZipman.

Itulah aplikasi-aplikasi yang saya gunakan selama ini untuk menunjang aktifitas ngeblog saya. Ke empat aplikasi itu (operamini, boltbrowser, minicommander, jZipman) sudah cukup membantu saya dalam membangun sebuah blog.

Wilujeng ah... :D :D :D

Share this:

Related Posts
Disqus Comments