Gara-gara komentar spam, blog jadi acak-acakan

Rupanya bukan hanya sms spam aja yang bikin jengkel. Ternyata komentar spam pun sama bikin jengkel (mungkin malah lebih menjengkelkan). Yang saya tahu selama ini komentar spam hanya bikin jengkel karena memenuhi komentar diblog tanpa ada relevansinya antara isi komentar dengan isi artikel yang dikomentari. Tapi ternyata lebih dari itu, spam juga bisa bikin blog saya acak-acakan.

Beberapa hari kebelakang saya sibuk utak-atik template, disamping sibuk kerja. Dikarenakan related artikel tidak berfungsi. Padahal setelah saya lihat susunan kodenya tidak ada yang salah.

Bayangkan ngutak-ngatik template cuma pake hp, waduh,,,, repotnya bukan main.

Saya coba ganti template dengan yang lain. Dan dicoba diblog lain yang sengaja saya buat sebagai bahan percobaan. Hasilnya cukup memuaskan, related artikelnya berfungsi. Tapi pas saya pasang itu template di blog ini, related artikelnya tetap gak berfungsi. Yang ada hanya tulisan "Related Artikel", tapi link judul-judul artikelnya gak tampil. Saya utak-atik lagi (sampai jempol tangan terasa bengkak),, tetap aja seperti itu.

Saya sempat putus asa dan akan mengganti blog dengan alamat lain. Tapi setelah dipikir-pikir, sayang juga karena blog ini sudah lumayan dikenal orang (hehe.. pede banget :D ). Dan kalo bikin yang baru pasti repot untuk promosiin lagi blognya. Sayapun kembali berusaha untuk memecahkan masalahnya.

Tiba-tiba saya teringat sama kang bagas96, katanya karena banyak komentar spam di blognya, blognya itu mendapat masalah (bahkan sekarang dia pindah alamat blog,,,). Saya pun coba untuk mengecek komentar-komentar yang masuk ke blog ini. Dan saya temukan ada 4 komentar spam yang masuk. Saya berpikir mungkin ini karena kode verifikasinya tidak saya aktifkan. Saya hapus spam-spam tersebut. Dan Alhamdulillah, related artikelnya kembali berfungsi.

Sebenarnya saya gak sepenuhnya yakin kalo masalah itu dikarenakan komentar-komentar spam tersebut, karena saya baru didunia blogger , saya tidak tahu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini terjadi, saya tidak tahu apa saja yang diakibatkan oleh spam terhadap kinerja sebuah blog. Dan saya baru tahu salah satu akibatnya adalah seperti ini.

Karena masalah ini, saya mohon maaf kepada para pengunjung kalo kode verifikasinya saya aktifin, untuk mencegah hal ini terjadi di kemudian hari. Dan untuk beberapa waktu mungkin blog ini gak saya update dulu sampai waktu yang gak ditentukan. Untuk mengamati kemungkinan hal ini terjadi lagi,,, . Jika saya rasa sudah stabil, insyaAllah di update lagi. ..

Semangatttt,,, :r :r :r

19 komentar

Sabar atuh, kang! Apa mungkin orang komen sengaja nye-pam ya, kang? Atw niatnya komen bnr2, trus kedeteksi spam?

@eksak : heuheuy,,,, nyaeta komentarna link semua, padahal itu komentar tos sering di hapus, ee datang deui datang deui,,, sugan ayeunamah santos diaktifkan kode verifikasina moal norojol deui...

@Yusup Laskar tapi ayeuna mah berkat otak-atik akang di luhur, simkuring henteu janten lieur lamun iraha aya komen spam. :D mugia aman-aman wae nya, kang ! nuhun ilmuna, kang!!!!

waduh... Gaswat ogè upami leres tiasa ngacak2 blog mah... Tapi pan spam mah kasaring kang...!!! Teu nganggo kode ogè... Tapi peryogi ogè nya upami tos kieu mah...!!!

@Elang84 : justru tu saya jd heran, pdhal otomatis spam dsaring dan dsimpan difolder spam. Tp pd knyataan justru stelah spam dihapus, blog bisa kembali normal. Jd, walopun tersaring masih ada kemungkinan berbahaya untuk blog. Solusi yg terbaik adalah slalu menghapus spam yg masuk

@eksak : pkonamah lmun aya spam langsung dihapus aja kang,,,,

Hahahaha....lucu juga..
Hmmm...emang kenapa tuh verifikasi gak diAktifin???
Pastinya sekarang udah diaktifin lagi kan?? hehehe...selamat deh. Template yang ini mnrtQ lebih bagus...

nyimak wae kang,, g ngerti lagi bahas apa,, apa benar komentar spam merusak blog..

Sewaktu sy berulang2 impor post keblog baru dan menghpus post yg diimpor sblumx smua komentr diangp spam oleh bloger,sy cba tmplate yg ad related postx gk berfungsi jg,sy pikir fitur tmplatex yg rusak trnyata mgkin gara2 itu jg ya kang..hehehe

@Maspray : dulu ada pengunjung yg minta agar kode verifikasi dinonaktifin, ktanya susah klo komen via hp. Mudah2n aja para pngunjung nyaman dengan template baru ini

@Agusductank :sy jg sbenarnya gk tau psti klo spam yg mrusak template sy, tp yg pasti stelah komentar spam yg ada di folder spam dhapus, smua kembali normal

@Ada Ilham :mungkin jg kang sperti itu, cb sj seluruh spamnya di hpus, kira2 ada pengaruhnya gak,,,

Saat i2 sy impor post trus sy hpus smua tpi komen yg ikt diimpor gk trhpus, n jdi spam saat sy impor post lg, sy ceklis smua komen spam n sy pilih bukan spam..hehe

@Ada Ilham : mudah2n z skrang msalahnya dah selesai,,,

Blognya semakin terkenal nih jadi banyak Spam hehe..

@Mas Sugeng : sebenarnya tidak trlalu bnyk spamnyaz, cm 4 bhz, tp sudah ckup mrepotkan

Eh..iya. Link BlogQ kok gak ada ya mas? Dulu kan qt tukaran link kan??

Wah, bahaya juga tuh sobh... mudah-mudahan gak ada spamer di blog ane... sukses selalu sobh... :D

@Coretan-Coretan Maut Rizal : iya sob, mudah2n z blog sobat gk kena spamm,,,

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon