Sabtu, 08 Oktober 2011

Gara-gara komentar spam, blog jadi acak-acakan

Rupanya bukan hanya sms spam aja yang bikin jengkel. Ternyata komentar spam pun sama bikin jengkel (mungkin malah lebih menjengkelkan). Yang saya tahu selama ini komentar spam hanya bikin jengkel karena memenuhi komentar diblog tanpa ada relevansinya antara isi komentar dengan isi artikel yang dikomentari. Tapi ternyata lebih dari itu, spam juga bisa bikin blog saya acak-acakan.

Beberapa hari kebelakang saya sibuk utak-atik template, disamping sibuk kerja. Dikarenakan related artikel tidak berfungsi. Padahal setelah saya lihat susunan kodenya tidak ada yang salah.

Bayangkan ngutak-ngatik template cuma pake hp, waduh,,,, repotnya bukan main.

Saya coba ganti template dengan yang lain. Dan dicoba diblog lain yang sengaja saya buat sebagai bahan percobaan. Hasilnya cukup memuaskan, related artikelnya berfungsi. Tapi pas saya pasang itu template di blog ini, related artikelnya tetap gak berfungsi. Yang ada hanya tulisan "Related Artikel", tapi link judul-judul artikelnya gak tampil. Saya utak-atik lagi (sampai jempol tangan terasa bengkak),, tetap aja seperti itu.

Saya sempat putus asa dan akan mengganti blog dengan alamat lain. Tapi setelah dipikir-pikir, sayang juga karena blog ini sudah lumayan dikenal orang (hehe.. pede banget :D ). Dan kalo bikin yang baru pasti repot untuk promosiin lagi blognya. Sayapun kembali berusaha untuk memecahkan masalahnya.

Tiba-tiba saya teringat sama kang bagas96, katanya karena banyak komentar spam di blognya, blognya itu mendapat masalah (bahkan sekarang dia pindah alamat blog,,,). Saya pun coba untuk mengecek komentar-komentar yang masuk ke blog ini. Dan saya temukan ada 4 komentar spam yang masuk. Saya berpikir mungkin ini karena kode verifikasinya tidak saya aktifkan. Saya hapus spam-spam tersebut. Dan Alhamdulillah, related artikelnya kembali berfungsi.

Sebenarnya saya gak sepenuhnya yakin kalo masalah itu dikarenakan komentar-komentar spam tersebut, karena saya baru didunia blogger , saya tidak tahu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini terjadi, saya tidak tahu apa saja yang diakibatkan oleh spam terhadap kinerja sebuah blog. Dan saya baru tahu salah satu akibatnya adalah seperti ini.

Karena masalah ini, saya mohon maaf kepada para pengunjung kalo kode verifikasinya saya aktifin, untuk mencegah hal ini terjadi di kemudian hari. Dan untuk beberapa waktu mungkin blog ini gak saya update dulu sampai waktu yang gak ditentukan. Untuk mengamati kemungkinan hal ini terjadi lagi,,, . Jika saya rasa sudah stabil, insyaAllah di update lagi. ..

Semangatttt,,, :r :r :r

Share this:

Related Posts
Disqus Comments