Rabu, 12 Oktober 2011

Ini nama panggilan saya. Apa nama panggilan anda ?

Hampir setiap orang pada masa hidupnya mempunyai nama panggilan, baik nama itu dibuatnya sendiri atau orang lain yang membuatnya. Beragam faktor yang mempengaruhi nama panggilan seseorang. Jenis panggilan terkadang ada yang relevan dengan nama aslinya, seperti 'Muhammad' dipanggil 'Ahmad', 'Sulaeman' dipanggil 'Sule, . Bahkan ada nama panggilan yang sama sekali tidak relevan dengan nama asli orang tersebut. Contoh di kampung saya yang namanya 'Iwan' dipanggil 'Cawi'. Dan banyak lagi faktor-faktor penammaan panggilan seseorang.

Saya sendiri punya beberapa panggilan semasa sekolah, diantaranya joseph, kamse, dan yusup laskar.

1. Joseph
Nama panggilan ini saya dapatkan ketika saya duduk dibangku SMP kelas 2. Begini ceritanya,,,,,
Saat itu sedang mengikuti pelajaran Goegrafi. Pada saat itu guru saya membahas tentang benua-benua dan negara-negara asing. Disela-sela pembahasan itu terucaplah sebuah nama 'Abraham'. Guru saya mengatakan bahwa 'Abraham' adalah panggilan orang barat untuk nama 'Ibrahim'. Seperti nama 'Jibril', orang barat memanggilnya 'Gabriel', 'Sulaeman' dipanggil 'Solomon', 'Yusuf' dipanggil 'Joseph(baca: yosep)'
Mulai dari situlah saya sama anak-anak di sekolah dipanggil 'Josep'. Bahkan sampai sekarang ini masih ada sahabat saya yang memanggil saya dengan nama tersebut,,,

2. Kamse
Awalnya saya sangat tidak menyukai panggilan ini, tapi setelah beberapa lama menjadi biasa saja, kenapa ?? Begini ceritanya,,,,
Berawal saat pertamakali saya masuk ke STM, pada saat itu pelajaran 'Logam Dasar'' yaitu salah satu mata pelajaran pada jurusan Mekanik Otomotif yang membahas tentang komposisi kandungan logam-logam serta sifat-sifatnya. Seperti umumnya, jika pertamakali masuk maka ada sebuah 'ritual' perkenalan. Maka guru kami pun menanyakan nama, asal sekolah kami, dan alamat kami. Singkat cerita,,,(kalo diceritain semua terlalu panjang,,,,) giliran saya yang ditanya. Saya pun menjawab nama, asal sekolah, dan alamat tempat tinggal. Guru saya bertanya dimanakah letaknya tempat tinggal saya itu ( alamat saya: kec. Tegalwaru, kab. Purwakarta), karena Beliau baru mendengarnya. Salah seorang teman sekelas saya kemudian menjawab ,''Rumahnya di kampung sekali pak !''. Dan bapak guru menaggapinya dengan berkata, ''Oo,,, kampung sekali ya, kamse !!'' . Dan teman saya pun menanggapi kembali tanggapan bapak guru, ''Iya pak, kamse,,!!''..
Nah sejak saat itulah saya selama di STM depanggil kamse, bahkan sahabat saya sekampung banyak yang memanggil saya dengan nama 'Kamse'. Bahkan ada beberapa cewek tetangga saya, yang ada diantaranya menyukai saya (ehmmm,,,,) memanggil saya 'A se', tapi bukan diambil dari kata 'Kamse' melainkan dari nama 'To Ming Se' ( itu tuh yang ada di film Meteor Garden,,, *cihuyy,,*)

Sebentar ya saya senyum-senyum dulu :D :D :D :D , swerrr deh saya nulis ini sambil senyum-senyum kawas nu gelo :D :D :D ,,,

3. Yusup laskar
Kalo yang ini bukan nama panggilan, tapi hanya nama alias saya di dunia maya. Begini ni asal muasalnya...
Saya sekarang tinggal di hutan belantara di Kalimantan Tengah, tepatnya di sekitar daerah Sampit. Saya 'kuli ah' di sebuah institusi yang bergerak pada bidang agribisnis, singkatnamah kebun kelapa sawit. Saya tinggal serumah dengan sesama orang sunda, mereka yang serumah itu semuanya berasal dari Garut. Di facebook, mereka menggunakan nama 'ASGAR' sebagai pelengkap namanya, yang merupakan kependekan dari 'Asli Garut'. Sepertinya saya juga tertarik untuk membuat nama profil facebook dengan menempelkan nama asal daerah di mana saya tinggal pada nama profil saya. Akhirnya ketemulah namanya 'LASKAR' kependekan dari 'Lajang Asli Purwakarta', dan nama inilah yang sering saya pake di dunia maya. Bahkan nama URL blog inipun diambil dari situ 'ylaskar' (username saya di facebook) kependekan dari 'Yusup Laskar'


Nah itulah beberapa nama panggilan saya. Sebenarnya masih banyak nama panggilan lain, tapi yang lebih populer di lingkungan sahabat-sahabat saya adalah 'Joseph' dan 'Kamse'.
Tapi walopun begitu saya lebih menyukai nama asli saya, karena nama itu diberikan oleh orang tua saya tidak asal nama saja. Tapi ada doa didalam nama tersebut. Seperti nama 'Yusup' (yang benar adalah Yusuf, dikarenakan ada kesalahan memasukkan nama pada saat saya masuk sekolah dasar, sampe sekarang yang dipake adalah 'Yusup' bukan 'Yusuf'...).
Nama 'Yusup' diambil dari nama salah seorang Nabi Allah subhanahuwataala, yaitu Nabi Yusuf alaihussalam. Masyarakat muslim lebih mengenal beliau karena 'WAJAHNYA RUPAWAN' alias ganteng. Bahkan guru saya dulu pernah bilang kalo ibaratkan sebuah lingkaran, setengah dari wajah rupawan adalah di anugerahkan kepada Rasulullah shollallohualaihiwasalam, sementara yang setengah lagi di bagi lagi menjadi dua, yang seperempat dianugerahkan kepada Nabi Yusuf Alaihissalam, dan yang seperempat lagi dianugerahkan kepada seluruh umat manusia ( kira-kira anda kebagian gak tuh ???? ).
Dari situlah orang tua saya memberi nama saya 'Yusuf', dengan harapan saya dianugerahi wajah yang rupawan seperti Nabi Yusuf alaihissalam (aamiiiiin,,,,, :D ) dan juga memiliki akhlak yang baik sebagaimana akhlak seorang Nabi Allah subhanahuwataala ( aamiiin... ).

Dulu waktu saya masih remaja sempat tidak pede dengan nama ini, mungkin karena saya masih remaja dan terpengaruhi arus globalisasi. Saya merasa bahwa nama tersebut tidak ngetrend, kuno, kampungan, bahkan malu, pokonamah teu resep we lah,,,, pengenya yang lebih wah dikit, seperti 'andika', 'andre', dan lain sebagainya. Makanya ketika saya dipanggil 'Joseph', saya senang sekali karena nama itu dirasa saya agak wah,,, gitu, agak trendi gituh,,,

Tapi sekarang saya sadar. Bahwa nama pemberian orang tualah nama yang terbaik untuk saya. Sekali lagi, di dalam nama itu terkanding doa orang tua. Dimana doa orang tua adalah salah satu doa yang paling di ijabah oleh Allah subhanahuwataala..

Kepada anda para pengunjung yang membaca artikel ini, yang beragama Islam, jika anda diberikan nama oleh oranng tua anda dengan nama yang Islami, maka bersyukurlah, karena didalam nama tersebut ada doa orang tua anda. Janganlah anda merasa malu karena nama anda (yang islami) tidak seperti nama-nama artis yang namanya kebarat-baratan.
Dan bagi anda, yang beragama Islam, yang telah menjadi orangtua. Berikanlah anak anda nama yang baik. Guru saya pernah bilang, ada sebuah keterangan bahwa sebaik-baiknya nama lelaki adalah 'Ahmad' atau 'Muhammad' atau sejenisnya yang diambil dari nama Rasululllah Muhammad Shollallohualaihiwasalam. Ambillah nama dari nama para Nabi, atau dari Al-qur'an. Tapi hati-hati, jangan mentang-mentang ada didalam Al-Qur'an lalu maen ambil aja untuk nama anak kita tanpa tahu apa artinya.

Begitulah kira-kira sobat blogger ponsel semua.
Itulah nama-nama panggilan saya. Apakah Anda punya nama panggilan ???
Wassalam.... :r :r :r :r :r

Share this:

Related Posts
Disqus Comments