Kamis, 17 November 2011

Cara upload file javascript di xtgem.com

Sobat blogger ponsel, para blogger pemula. Anda mungkin sering melihat sebuah blog yang dihiasi dengan berbagai widget sehingga blog itu tampak wah atau bahkan sisi negatifnya terasa berat lodingnya akibat banyaknya widget tersebut, dan banyak widget-widget yang dipasang memang untuk menyempurnakan sebuah blog. Seperti sosial bookmark, counter, tanggal, dan lain-lainya. Seperti yang diketahui, banyak widget ditampilkan dengan menggunakan kode javascript. Banyak widget yang dipasang di sebuah blog, dimana untuk menampilkan widget tersebut kita harus meletakkan url javascript widget tersebut ,

Sebagai contoh wigdet penunjuk waktu:



Untuk menampilkan widget di atas (mudah-mudahan saat anda baca' widgetnya tampil) kita harus meletakkan beberapa kode html, yang mana didalamnya terdapat url javascript widget tersebut.

Contoh kodenya :

<script type="text/javascript" src="http://bscript.wen.ru/js/time.js"></script>


Kode di atas itulah yang harus kita letakkan di blog kita agar widgetnya muncul. Dan yang dicetak tebal merupakan alamat widget tersebut.

Pernahkan anda penasaran ingin tahu seperti apa sebenarnya kode-kode javascript tersebut sehingga bisa menampilkan sebuah widget sedemikian rupa ?.
Jika anda ingin tahu seperti apa, anda tinggal mengunjungi url tersebut dengan memasukkan alamat urlnya pada address bar. Dan anda akan mendapati sebuah halaman yang bertuliskan kode-kode javascript tersebut.

Apakah file javascript tersebut bisa didownload ?
Sampai postingan ini di tulis saya belum ketemu cara mendownload file javascript ( dengan extension '.js') untuk selanjutnya disimpan di memori handphone. ( jika ada yang tahu caranya,,, berbagi ya :D )

Apakah file javascript tersebut bisa kita ambil dari server/situs lain untuk kita miliki sendiri ?

Jawabanya : bisa

Caranya dengan mengupload ke hosting/situs lain milik kita sendiri. Situs/hosting yang saya maksud disini adalah xtgem.com dan wen.ru, inilah 2 hosting yang saya gunakan untuk menyimpan file-file, dari mulai file gambar, zip, jar, javascript, dan yang lainya. Kedua hosting ini sangat friendly dengan handphone. Karena ini sebuah wapsite, tampilanya sesuai dengan layar handphone.
Tapi anda harus punya akun dulu di hosting tersebut. Untuk membuat akun di xtgem.com, silahkan baca : cara daftar di xtgem.com , dan untuk membuat akun di wen.ru silahkan baca : wen.ru media penyimpanan file bagi para blogger hp.

Ok. Pada kesempatan ini saya hanya akan membahas mengupload file javascript di xtgem(dot)com saja.

  1. Yang pasti anda harus membuat akun di xtgem.com, jika belum tahu silahkan baca cara daftar di xtgem.com
  2. Saya anggap anda sudah punya akun di xtgem. Selanjutnya anda masuk FILE BROWSER, dan buat folder dengan nama js, dengan mengklik CREATE FOLDER
    cara upload file javascript



  3. Selanjutnya anda upload file javascript tersebut. Klik UPLOAD FILE. Anda bisa menguploadnya dari memori hp anda, atau dari server lain.


    Jika anda ingin mengupload file tersebut dari server/situs lain, anda tinggal memasukkan url javascript tersebut, misal : http://bscript.wen.ru/js/time.js
    Lalu klik OK.

  4. Setelah file tersebut berhasil anda upload, file akan tersimpan dengan nama file saat di upload (misal : time.js).
    Untuk melihat alamat file tersebut, anda klik icon '+' (plus) yang ada di ujing nama file tersebut. Kemudian pilih PROPERTIES


  5. Alamat url anda akan seperti : http://namadomainanda.xtgem.com/js/time.js

    Dan jika anda ingin melihat seperti apa kode-kode javascriptnya, klik VIEW.


Untuk memasangnya di blog anda, hanya tinggal meletakkan beberapa kode seperti yang telah dicontohkan di atas.
Ok saya tuliskan lagi Kodenya

<script type="text/javascript" src="http://namadomainanda.xtgem.com/js/time.js"></script>



Ganti http://namadomainanda.xtgem.com/js/time.js dengan URL javascript anda.
Tidak semua file javascript bisa kita upload dari situs lain. Sebagian situs mengunci filenya agar tidak bisa di upload oleh orang lain.

Sekian dulu. Maaf kalo tulisannya acak-acakan dan tutorialnya kurang jelas. Silahkan tanyakan aja di kotak komentar kalo kurang jelas. Dan bagi para master jika ada yang ingin berbagi kepada saya blogger pemula, saya sangat mengharapkanya...

Wassalam..

Share this:

Related Posts
Disqus Comments