Jumat, 16 Desember 2011

Cara menambahkan kolom add gadget pada sidebar

Selamat wayahkieu sobat blogger ponsel,,

Sebuah blog rasanya kurang enak dipandang dan belum sempurna jika tidak dilengkapi dengan widget-widget. Ada widget yang memang dipasang sebagai penghias blog dan ada widget yang memang sebagai pelengkap. Seperti widget follower, label, recent comments, dll. Widget-widget tersebut bisa kita pasang di blog dengan menambahkannya dengan mengklik menu ADD GADGET/TAMBAH GADGET pada bagian elemen laman.

Dan agar terlihat lebih rapih maka kitapun harus mengatur peletakkan widget-widget tersebut. Umumnya widget-widget yang tidak begitu penting diletakkan di bagian bawah. Seperti widget komentar terbaru. Dan yang terasa penting di letakkan pada bagian atas sidebar, seperti label, recent posts, atau email subscribtion. Walaupun sebenarnya masalah peletakkan widget tergantung selera masing-masing.

Tapi ada satu masalah bagi para blogger ponsel, ketika kita ingin mengedit peletakkan widget melalui menu elemen laman, maka kita harus menghapus dulu beberapa widget.

Misalkan seperti ini:
  • Kita ingin menambahkan widget A(yang berupa kode javascript) pada sidebar di bagian paling bawah dan meletakkan widget label pada bagian atas di sidebar, sementara kolom add gadget/tambah gadget di sidebar hanya terdapat satu kolom saja.



    Agar posisi widget A bisa berada di bagian bawah, maka kita harus memasukkannya di bagian atas widget label. Kemudian menghapus widget label dan memasukkannya kembali di bagian atas widget A.

    Nah,,, ribet kan ??

  • Agar tidak terlalu ribet, maka kita sebaiknya tamabahkan lagi kolom ADD GADGETnya. Dengan begitu kita bisa mengatur penempatan widget sesuai keinginan kita jadi lebih mudah tanpa harus banyak hapus sana hapus sini hapus itu.

    Bagaimana cara menambahkan kolom add gadgetnya ?

    1. Edit template anda dan cari
      <b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>


    2. Kemudian letakkan kode berikut ini di atasnya :
      <b:section class='sidebar' id='sidebar123' preferred='yes'>
      </b:section>




    Keterangan
    id='sidebar'
    'ID' tidak boleh sama dengan yang lain. Maka dari itu buatlah 'ID' yang unik, misal id='sidebar123' atau terserah anda mau diberi nama apa, yang penting tidak boleh ada nama 'id' yang sama pada template.

    Jika sudah selesai silahkan anda simpan perubahan dan lihat pada menu elemen laman, jika berhasil maka kolom add gadget akan bertambah.

    Gadget



    Ok sekian dulu info dari saya bagi anda blogger pemula yang lagi belajar ngeblog. semoga bermanfaat,,,,

    Share this:

    Related Posts
    Disqus Comments