Sabtu, 10 Maret 2012

Militer Indonesia salahsatu terkuat di dunia

Tentara Nasional Indonesia - TNI


Dibalik carutmarutnya situasi politik di negeri ini. Koruptor di setiap sudut. Saling caci saling maki antar politisi. Salah menyalahkan antar wakil rakyat. Dari masalah wc, kopi, kamar, sampai 'PAHA' yang ada di gedung Nusantara. Ditambah aksi massa yang berujung pada bentrok fisik di seluruh negeri. Kisruh PSSI yang tiada henti-henti. ,,,,,,,, Kita patut berbangga, ternyata masih ada sedikit kegembiraan untuk kita. Sebuah kabar yang cukup membanggakan,,,,, (apa itu ???)

Disebuah situs yang menyajikan informasi mengenai kekuatan militer negara-negara di dunia , Global Fire Power, Indonesia ternyata mendapat kedudukan di 20 besar militer terkuat. Tepatnya di urutan 18. Dan di ASEAN, Indonesia meraih peringkat ke-1. Ini merupakan salahsatu kabar gembira dari dunia militer kita setelah KOPASSUS mendapat peringkat 3 dunia untuk pasukan khusus terbaik.

Berikut urutan 20 besar negara terkuat dari segi militer menurut Globalfirepower
  1. Amerika (ke-1)
  2. Rusia ke-2)
  3. Cina (ke-3)
  4. India (ke-4)
  5. Inggris (ke-5)
  6. Turki (ke-6)
  7. Korea Selatan (ke-7)
  8. Prancis (ke-18)
  9. Jepang (ke-9)
  10. Israel (ke-10)
  11. Brasil (ke-11)
  12. Iran (ke-12)
  13. Jerman (ke-13)
  14. Taiwan (ke-14)
  15. Pakistan (ke-15)
  16. Mesir (ke-16)
  17. Italia (ke-17)
  18. Indonesia (ke-18)
  19. Thailand (ke-19)
  20. Ukraina (ke-20)


Sementara negara-negara tetangga berada di :
  • Philipina (ke-23)
  • Australia (ke-24)
  • Malaysia (ke-27)
  • Singapura (ke-41)


Walaupun alutsista negeri ini gak minim sekali. Tapi dari segi kekuatan keseluruhan Indonesia mendapat posisi terkuat di ASEAN. Tak salah, jika dalam sebuah berita online, seorang pejabat negara (saya lupa negara mana), mengatakan bahwa jika seluruh kekuatan militer yang dimiliki Indonesia dikerahkan, maka akan 'sangat berbahaya' bagi negara-negara ASEAN.

Satu hal yang perlu diketahui, GFP melakukan analisis data kekuatan militer secara global dengan statistik yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Tidak hanya fokus pada hanya 1 kekuatan saja, misal Alutsista saja. Dan, teknologi nuklir tidak termasuk kedalamnya.

Mudah-mudahan kedepan militer Indonesia semakin kuat. Karena sebagaimana kita ketahui, bahwa kekuatan militer suatu negara juga mempengaruhi harkat martabat negara tersebut di dunia Internasional. Jika militer kita kuat, maka negara lain pun akan segan sama kita.


Share this:

Related Posts
Disqus Comments