Blogger ponsel terancam mogok !

Wilujeng wayahkieu sobat Blogger Ponsel.

Belakangan ini ada suatu hal yang bikin saya galau sebagai seorang blogger ponsel. Yaitu mengenai dashboard blogger. Jika ada sobat yang sedang membaca artikel ini yang merupakan seorang blogger ponsel (blogger yang melakukan aktivitas blogingnya menggunakan ponsel), atau ada juga yang menyebutnya blogger mobile, atau blogger hp. Pasti sobat masih menggunakan dashboard blogger versi lama. Karena yang versi baru kurang bersahabat bagi pengguna ponsel. Di dashboard bagian atas sobat pasti menemukan sebuah pemberitahuan :

''Tampilan Blogger akan diperbarui pada bulan April. Tingkatkan Versi Sekarang.


Yang mana sebelum-sebelumnya juga terdapat pemberitahuan yang intinya sama, supaya user yang masih menggunakan dashboard versi lama beralih ke dashboard versi baru.

Apa sebenarnya maksud pemberitahuan tersebut ??

Saya hanya menduga-duga ada kemungkinan bahwa dashboard versi lama akan dihilangkan dan untuk seterusnya dashboard versi baru lah yang akan dipakai oleh blogger. Indikasi ini bisa dilihat dalam beberapa hal :
  1. Jika sekarang kita membuat akun blogger yang baru, maka dashboard yang disuguhkan adalah dashboard versi baru (blogger new intervace)
  2. Jika kita berkomentar di blogspot dengan form komentar disetting ke tampilan penuh (bukan disemat dibawah entri), disitu terlihat mulai ada perbedaan. Dan jika diakses via hp (opmin), menunya terkesan tidak rapih, saling tumpang tindih.
  3. Mengatur label yang ditampilkan.
    Disinilah terasa banget perubahannya. Saat kita ingin mengatur label apa saja yang akan ditampilkan/disembunyikan, jika diakses via opmin, sangat susah dilakukan. Contohnya, saat saya memilih satu nama label untuk disembunyikan, maka saya hilangkan ceklisnya. Tapi apa yang terjadi ? Justru ceklis label lain yang hilang. Bahkan semua label ceklisnya hilang,,,
    Begitulah jika menggunakan opera mini.
  4. Halaman tambah gadget.
    Disinipun ditemukan perubahan. Jika sobat melihatnya pake opmin, pada halaman ini akan menemukan beberapa menu tidak tertata rapi, alias tumpang tindih.


Itulah beberapa fitur yang saya temukan yang telah berubah dari segi tampilan. Yang jelas jika dilihat via opmin, terasa tidak nyaman, karena terkesan acak-acakan. Dan ini juga bisa dilihat dari dominasi warna tampilannya. Dashboard lama didominasi warna kebiru-biruan, sementara versi baru didominasi warna cream,, atau orannye,,?? Gak tau lah,, cz sy agak buta masalah warna ,,,

Mungkinkah dugaan saya itu benar ?? Bahwa dashboard versi lama akan dihilangkan ??

Jika ini terjadi, terus terang ini bisa menjadi 'BENCANA !!!'' bagi para blogger ponsel. Mengingat ''BETAPA SUSAHNYA'' mengguanakan dashboard versi baru dengan ponsel (dalam hal ini operamini sebagai browsernya).,,

Wah,,, harus beli komputer nih kalo gitu,,,,,


25 komentar

wah masa sih,segitunya...mudah mudahan saja tidak.karnakhan ga semua pki pc.
kalaupun iya ga ada jalan lain atuh kang.keun weh...
ku simkuring didoakeun sing ka peser computerna.
bilih bde di simkuring aya.lumayan.HDD 500 GB,RAM 2 GB,FROZEZOR INTEL EXTREEM,3.06 MB.

he...he..promosi sori kang.
mudah mudahan kapeser pc na

wilujeung ngeblog

solusinya biar tetap mobile, beralih dari HP ke tablet sob hehehehe,,,

wilujeng ngeblog

@kampungku corolla : cing, sabaraha etateh panaosna kang ???

@Kang Asep : ari tabletmah sy juga sudah punya kang,,, tablet obat kuat,,,

wah emang cuma pemberitahuan ja kali gan, buktinya saya juga di blog yang satu ga di rubah tetep bisa make dabord lama. tapi untuk yang dasbord baru emang lagi ta bisaain supaya lebih enak nantinya, jadi terbiasa. lagi sebenarnya tambah mudah ko gan.

wah memang sepertinya lebih susah ya untuk para bloger ponsel. saya belum nyoba si, jangankan yang baru. yang lama aja susah di hp saya.

saya malah ngga familier dengan ng'blog via Hp tadi dalam perjalanan kekota saya coba buka via hp..malah bingung tampilan blog desa acak kadut.
jadinya ya..mangga meser laptop kaleresan nu abdi bade di ical yeuh...:0)

Bener tuh, masih bagusan tampilan blogger lama |->bagi gue.
Soalnya terlihat simple dah rapih. dibandingin versi baru ribettt.........

Ane kalo posting atau ngatur" pasti lewat komp . tapi kalo blogwalking, ane pake hp.

tapi emang bnar, kalo versi baru di hp tampilannya ga sempurna .

oh ya, salam kenal. mohon follow nya. pasti ane follow balik :)

@cerita anak kost : muadah2n sih cuma pemberitahuan z,, tp beberapa fitur memang sudah berubah mengarah ke versi baru,,

@Peduli AlamKu : yah, kalo belum terbiasa memng susah sih sob kalo ngblog pake hp,, dulu z sy pusing bnget cr maininnya,,,

@Desa Cilembu : tah, tos dua urang nu nawaran laptop,, tadi kang corolla,, sekarang bapa kades,,, ayao, ada lg yg mau nwarin laptop ????

@Fahmi Setiawan : sehati banget lah saya sama sobat,, mudah2n yg versi lama tetap dipertahankan,,

@just copy and leave it !!! : nah,, emang acak2kn kan dashboard versi baru mah,,,,

wah emang ente banyak pulsa ya ko make ponsel terus? mantap dah, boleh dong di kirim. hehehh.

Wah! Bisa berabe kita, kang! Mau pake apa lagi, hp cuma itu2nya! ;-(

@cerita anak kost : kalo masalah pulsa kang,,, di internet bnyak blog yg membahas internet gratisan dengan trik2 tertentu dg perantara opmin handler sebagai browsernya,, tp kalo sy gak pernah pke yg itu,, pusing utak-atiknya,,
Dulu saya pernah pke Tsel Kampus community (tp skrang dah ditutup) beli 10rb dpt 35MB,,,, kalo sekarang saya pake XL, beli 25ribu dapat 0,5GB (500MB),,, lumayan kan 500MB, gk hbis sbulan jg

@eksak : itulah yg jd kgalauan sy,, kalo emng bner mau dihilangkan,,, bisa mogok nih,,

Bener kang, saya juga mengalaminya pada pengaturan label, mau hilangin 1 ceklis, eh malah hilang semua :(

@Wandhy : senasib sepenanggungan klo gtumah atuh,,, :)

Sama bos sekarang berasa banget ribetnya kalo mau ngedit n posting lewat hape. Sengsara sekali , , , ,

@WaOne : bener sob, tp untung versi lama smpai skarang msih bisa dipakai

kalau seandainya kemungkinan buruk terjadi yaitu perombakan permanen terhadap dashboard lama dan masih tidak mobile friendly berarti pihak blogger kurang peduli terhadap kontribusi blogger mobile.. ini yang saya pikirkan..
1. jika memang blog kita worthed dipertahankan, dengan berbesar hati kita harus terima keputusan tuan rumah untuk mengikuti cara main juragan blogger dan terpaksa atau tidak yaaaa kita harus menyediakan alat yang kompatibel sesuai yang disarankan blogger2 yang berkomentar diatas
2. blogger mobile bersatu ramai2 melaporkan ketidaknyamanan penggunaan dashboard baru yang tidak kompatibel pada ponsel.
3. cari hosting gratis lainnya, diantaranya coba mywapblog, walaupun dalam hal kostumisasinya jauh dibanding blogger dan ada iklan dari sononye yang ikut nongkrong, tapi ramah penggunaannya.. kelebihannya mudah terindex search engine.
tapi positif thinking aja kang.. dulu aja dashboard nya ramah, pasti team blogger juga memikirkan hal tersebut. merekapun ngga akan mungkin mau kehilangan para pelanggan setianya. karena para pengguna blogger melalui ponsel mulai banyak.

nu penting mah hepi we kang...
bade di hp atawa komputer teu masalah mun aya pulsa mah...
asa kagok ey muka na hp mah... kudu rada kerung ninggalna... mending na komputer wae lah bari udud jeng ngopi leuwih mantep... salam kenal...

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon