Kamis, 05 Juli 2012

Facebook,, oh,, facebook,,,

Assalamu 'alaikum,,, warohmatulloohita'ala wabarokaatuh,,

Wilujeng wayahkieu para sobat blogger ponsel. Kumaha dararamang ???
Alhamdulillah upami aya dina kaayaan damangmah atuh,,
Nya upami aya anu nuju gaduh panyawat, sing enggal-enggal di damangkeun nya,,,

Ok. Sudah dulu mukaddimahnya,, pasti banyak yang gak ngerti bahasanya,,,hehe,,

Facebook ,,, Oh,,, Facebook,,,, !

Postingan kali ini saya tidak akan membahas tutorial facebook. Tapi cuma mau cuap-cuap gak karuan saja. Saya mau curhat bagaimana saya kenal facebook dan apa pengaruhnya terhadap diri saya.

Facebook,,, siapa yang tak kenal dengan yang namanya situs jejaring sosial yang satu ini. Dan sobat yang nyasar ke blog ini saya yakin pasti tahu apa itu facebook,,

Dari anak ABeGe sampai NeNek KKek kenal yang namanya facebook. Bahkan adik teman saya yang masih kelas 5 SD sudah punya akun facebook, dan begitupun Neneknya gak mau ketinggalan sama cucunya,, juga ikut-ikutan bikin facebook.

Awal mula kenalan sama si facebook

Kalau saya gak salah ingat, saya kenal yang namanya facebook pada tahun 2009, ketika itu teman serumah saya pada ngomongin nama yang satu ini. Dan saya jadi penasaran pengen kenalan juga sama si fesbuk. Waktu iti saya masih sangat gaptek dengan yang namanya internet. Saya kenal yang namnya internet awal tahun 2008. Tapi waktu itu saya manfaatkan yang namanya internet hanya untuk mendownload game, musik, dan gambar. Itu juga bela-belain beli hape yang bisa buat internetan.

Kita kembali lagi ke facebooknya.

Mendengar teman-teman membicarakan yang namanya facebook, saya jadi penasaran dan menanyakannya pada mereka. Untuk lebih jelas lagi sayapun bertanya sama mbah google. Dan untuk bertanya sama si mbah sayapun menyediakan 'sesajen',, KOPI PAHIT & SEBATANG ROKOK.,, agar saya mendapatkan jawaban-jawaban yang lengkap perihal si facebook tsb.

Alhasil sayapun mendapatkan jawaban,, gak sia-sia saya kasih 'SESAJEN',,, sayapun mencoba untuk membuat akun facebook. Waktu itu daftarnya pakai nomor HP, karena HP doang yang saya punya. Gak pake alamat email, karena saya gak punya, karena saya belum tahu cara bikin email.

Berulang kali daftar gak kelar-kelar. Hingga kelima kalinya barulah saya diterima dan dipersilahkan masuk sama si facebook.

Dari situ saya terus ngotak-ngatik facebook, klik sana klik sini karena saya penasaran sama mahluk ghaib yang satu ini. Sampai-sampai akun facebook saya ke blokir. Hingga 6 bulan baru bisa dibuka kembali..

Karena sering ngotak-ngatik itulah saya jadi semakin kenal mahluk ghaib yang satu ini. Dan pada akhirnya saya sering diminta orang untuk membuatkan akun facebook dan memperbaikinya jika ada masalah. Dan tak sedikit yang ngasih pulsa,, hehe,, lumayan,,,

Dari satu tujuan ke tujuan lain...

Beragam alasan orang membuat akun facebook. Begitu juga dengan saya. Awalnya cuma satu tujuan, lalu tujuan itu berubah dan bertambah seiring waktu.

Awalnya saya cuma ingin tahu aja, apa sih facebook itu ? Dan setelah cukup mengenalnya saya pun memanfaatkannya untu tujuan-tujuan lain.

a. Mencari teman sebanyak-banyaknya

Karena tidak ada gunanya punya akun facebook tapi tidak punya teman. Maka sayapun add sana add sini,, hingga lama-kelamaan teman saya jadi banyak. Dari situlah mulai tujuan saya muncul, ''mencari teman sebanyak-banyaknya''. Untuk apa ? Ya,,, sekedar untuk bersosialisasi saja... Enakkan punya teman banyak di mana-mana, walaupun hanya di dunia maya.

b. Tholabul 'ilmi

Hidup ditengah hutan, di kawasan perusahaan dengan penduduk yang beragam latar belakang, sungguh jauh berbeda dengan suasana kampung halaman yang religius kareana dekat dengan pesantrenan. Saya yang masih haus dengan ilmu karena memang kurang tidak bisa mendapatkannya disini. Akhirnya, saya manfaatkan facebook sebagai jalan untuk menambah ilmu, terutama ilmu-ilmu agama.

Dari sinilah saya mulai selektif memilih teman. Tidak kayak dulu asal add dan confirm saja. Saya lebih memilih orang yang sering berbagi kebaikan melalui statusnya. Dan sayapun mulai masuk ke grup/halaman ''majelis ta'lim'',,,. Dan Alhamdulillah saya pun mendapatkan manfaatnya.... Tiap hari saya bisa mendapatkan wejangan-wejangan yang mengenyangkan ruhani saya,,,

c. Bisnis

Setahun lebih didunia blog, banyak ilmu yang saya dapatkan dari para blogger. Sampai pada yang namanya ''bisnis online''. Ya,, bisnis yang tengah saya jalankan sekarang ini.

Untuk mencapai kesuksesan dalam usaha yang satu ini, saya mencari ilmu kesana-kemari di dunia maya. Dari mulai berlangganan newsletter di web-web yang membahas bisnis online, sampai cari ebook gratisan hingga yang berbayar.

Banyak ilmu yang saya dapatkan untuk mengoptimalkan bisnis online, hingga bagaimana memanfaatkan facebook sebagai alat untuk menambah penghasilan (dalam hal ini promosi). Tentu dengan tidak melupakan fungsi utama facebook, yaitu media untuk bersosialisasi.

Pengaruh,,,

At the end,,, facebook telah cukup mempengaruhi kehidupan saya. Banyak status dari teman-teman yang berisi motivasi kehidupan. Banyak status yang mengingatkan saya untuk apa saya hidup. Banyak status yang menyadarkan saya dari kelalaian. Dan yang pasti, wawasan saya jadi lebih bertambah lagi,,,

Ok,, sekian dulu ya,, mohon maaf jika tata bahasanya acak-acakan :) , saya bukan seorang penulis, hanya orang suka corat-coret gak karuan,,,

Wilujeng ah,,, wassalam,,


Share this:

Related Posts
Disqus Comments