Jumat, 07 September 2012

Cara melihat tampilan blog dari berbagai browser

Sobat Blogger Ponsel

Sobat blogger semua, tampilan sebuah blog/web termasuk salah satu yang harus diperhatikan oleh si owner. Karena itu juga cukup mempengaruhi kesan pengunjung terhadap blog kita. Memang konten adalah paling utama, kalau tetangga bilang ''CONTENT IS THE KING''. Tapi kerapihan tampilan juga tidak boleh diabaikan. Beberapa pengunjung juga kerap kali memperhatikan tampilan blog kita. Semakin bagus tampilan blog kita, maka akan semakin betah pengunjung untuk berlama-lama disana.

Salah satu yang menentukan tampilan sebuah blog/web adalah CSS (Cascading Style Sheet), salah satu bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS terdiri dari kode-kode HTML. CSS ibarat maket/rancangan sebuah rumah, dimana disana kita tentukan tata letak rumah, dari mulai teras(beranda), ruang tamu, ukuran rumah, jarak 1 ruang dengan ruang lainnya.

Kode-kode yang ada dalam CSS tersebut kemudian akan dibaca/dieksekusi oleh browser dan dirubah menjadi sebuah tampilan website. Contohnya seperti blog ini. Tampilan beranda, header, sidebar, footer dan lainnya merupakan hasil dari penerjemahan kode-kode CSS oleh browser.


melihat tampilan blog dari berbagai browser


Tapi tahukah sobat terkadang tidak semua browser menampilkan bentuk website sama persis. Terkadang di browser A tampilannya bagus sesuai harapan, tapi ketika diakses dari browser B, tampilannya terkadang acak-acakan. Contohnya, coba sobat akses dashboard blogger versi baru menggunakan operamini, pasti acak-acakan. Kenapa bisa begitu ? Menurut tetangga sebelah, karena masing-masing browser sudah mempunyai style CSS defaultnya sendiri. Dan style CSS default itu ternyata berbeda-beda antara satu browser dengan browser yang lainnya.

Mungkin sobat penasaran ingin tahu bagaimana sih tampilan website/blog sobat dilihat dari berbagai browser ? Gampang kok, cari aja komputer yang memiliki bermacam-macam browser,,,, repot kan,, :)

Atau mungkin sobat bisa menggunakan layanan situs lain untuk melihatnya, seperti yang sering saya gunakan :

1. Browsershots.org

Dengan menggunakan layanan situs ini, sobat bisa melihat seperti apa tampilan blog sobat dari berbagai browser dan OS yang berbeda pula. Cuma disini tidak ada browser IE (Internet Explorer). Solusinya sobat bisa gunakan situs yang kedua,,,,

2. Netrenderer.com

Disini sobat bisa melihat tampilan blog sobat khusus dilihat dengan browser Internet Explorer dengan versi yang berbeda-beda, Internet Explorer 10, 9, 8, 7, 6 atau 5.5

Ok. Segitu aja dulu yah,,, semoga bermanfaat,,,

Wilujeng ah,,,,,


bisnis online dalam 45 menit saja

Share this:

Related Posts
Disqus Comments