Khasiat Ayat Kursi

ayat kursi
gambar : muridguru.blogspot.com



Rasulullah Shallallahualaihi wa sallam bersabda yang artinya, "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi". (HR. Al-Bukhari)

Jadi sebelum tidur nanti, hendaknya kita merutinkan amalan ini. Dan ini salahsatu sebab masuk ke dalam surga, tetapi tentunya maksud membaca disini sesuai Amaliah Rosulullah SAW agar sempurna amalan kita, yaitu benar bacaannya, faham artinya, mengamalkan konsekuensi Tauhidnya.

Rasulullah Shallallahualai hi wa sallam bersabda yang artinya, "Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian". (HR. An-Nasa-i, dinilai shahih oleh Al-Albani)

Rasulullah Shallallahualai hi wa sallam bersabda yang artinya, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)"

Beberapa hadits di atas menunjukkan keutamaan yang terdapat dalam Ayat Kursi. Apabila kita merutinkannya, maka akan kita dapati keutamaan yang sangat banyak. Hendaknya setiap muslim bersemangat kepada apa yang bermanfaat baginya. Karena Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihapal, diperbaiki bacaannya, faham maknanya serta diamalkan. Seperti ayat ini mengenai kerajaan Allah, maka dituntut keimanan dan ketundukkan hati kepada semua firman-Nya tanpa bantahan. Dia harus diagungkan sebenarnya didalam hati bukan malah menganggap remeh ibadah, melanggar Syariat dimana menyalahi tuntunan Rasulullah SAW dan shahabat didalam menjalankan Islam.

Semoga Allah mudahkan. Aamiin

Sumber : Yusuf Mansur Network (facebook.com/profile.php?id=109056501839)



kerja sambil bisnis

30 komentar

aamiiin kang,memang betul itu kang keterngan yang betul2 ril/100% benar.mudah2an pahalanya untuk kita semua yang membacanya.

kang, kalo perempuan yang sedang haidh, boleh ga ya baca Ayat Kursi ? dari dulu saya pengen nanya tentang ini, tapi bingung harus nanya sama siapa...

tentu membacanya dengan keikhlasan dan kepasrahan kepada NYA agar lebih apdol.
nuhun pencerahannya, semoga artikelnya jadi pahala...aaamiiin

alhamdulillah...aq dah mengamalkan itu sejak kecil lagi.
info yg bermanfaat sob,semoga mendapat pahala.

ayat kursi emang dahsyat gan. ada satu kitab kuning tersendiri yang juga cuma membahas keutamaan ayat kursi.

wah saya jadi tambah ilmu tentang ayat yang sederhana tapi khasiatnya luar biasa.

@Hana Nuraini :....

Teteh, saya sendiri masih dalam tahap belajar ilmu agama, seperti ilmu fiqih. Dan jika ada beberapa masalah fiqih yang sy tdk ketahui maka saya akan bertanya pada alim ulama. Dibawah ini saya kutip jawaban ulama tentang masalah haid, oleh Habib Munzir al-Musawwa pimpinan Majelis Ta'lim Majelis Rasulullah, saya kutip dari websitenya (http://www.majelisrasulullah.org)

1),,,,,,
TANYA : "Apakh hukumnya wanita haidh yg mengulang hafalan quran atau sdng menghafal alquran?"

JAWAB : " boleh saudaraku, selama tidak diniatkan beribadah membaca Alqur'an, kalau mengulang-ulang hafalan dan menghafalnya maka diperbolehkan"

(sumber : majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=27359#27359)

2),,,,,,
TANYA : "apakah dibenarkan bagi seorang muslim perempuan yang sedang haid boleh masuk dan diam di mushola. dan saya pernah dengar disalah satu ceramah bahwa orang yang sedang haid boleh membaca alqur'an /salah satu surat misal surat yasin asalkan niatnya dzikir. apakah benar ?"

JAWAB : "orang yg sedang haidh tidak boleh membaca alqur'an, kecuali apa apa yg sudajh jadi dawaman setiap hari2nya, misalnya setiap sudah biasa bacasurat waqi'ah, atau tiap belum tidur selalu baca tabaarak, maka hal itu di bolehkan dalam madzhab syafii."

(SUMBER : majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=26076#26076)

3.),,,,,,,,
TANYA : "Bolehkah seorang isteri yg dalam haid membaca Ratib Al-Haddad kerna dalam ratib itu mengandungi bacaan Al-Quran?"

JAWAB : "hal itu dibolehkan, karena melafadzkan ayat ayat alqur'an yg telah selalu dibaca setiap harinya tidak termasuk larangan membaca alqur'an, yg tidak dibolehkan bagi pria yg junub dan wanita yg haid adalah membaca Alqur'an dg niat ingin membaca Alqur'an, jika membaca wirid (bacaan alqur'an yg selalu dibaca setiap hari dari surat surat tertentu), maka diperbolehkan"

(SUMBER : majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=8&id=22414#22414)

Mudah2n ini bisa membantu teteh Hana. :) jika ingin lebih jelas silahkan langsung tanyakan pada ustad/kiai yang ada di sekitar rumah tempat teteh tinggal.,,,

@kampungku corolla : aamiin Ya Allah Ya Robb,,,

@Desa Cilembu : betul kang, semua ibadah itu harus Lillahi Ta'ala,,, (tp memang susah, kbanyakan pasti karena punya hajat,,,)

@Reo Adam : Alhamdulillah,, mudah2n tetap istiqamah ya sob :)

@eksak : sami2 kang,,,

@cerita anak kost : bener sekali sob, tp jarang sekali orang yang mau mengamalkannya, kbanyakan lebih sibuk dengan urusan duniawai (seperti saya...hehe,,)... Kalau masalah kitab kuning, terus terang ngaji saya belum sampe kesitu :)

@niceppt : mudah2n bermanfaat sob,,

mampir perdana Suf,,makasi ulasan dan keutamaan ayat kursi ini. mkn memperkaya ilmu

@mimi RaDiAl : makasih mbak sudah berkunjung :)

nuhun kang wejangana. saya jadi tahu beberapa keutamaan ayat Kusrsi.

artikel yang sangat bermanfaat mas.
salam sehat selalu :D

terimakasih atas sharingnya kang
salam kenal.

sepertinya ente paham nie masalah ini, ane belajar dari ente ah

@cerita anak kost : belajarlah sama ahlinya sob,,,, jngn sama tukang copas kyk sy :),,

@pepep, @Senja Berita, @Ulan News : sama2 sob,,,,

. . artikel yg nambah ilmu banget nich. aq suka artikel kayak gini, jadi selain nambah ilmu tentang dunia, namun harus juga di imbangi menambah ilmu tentang akhirat juga. he..86x. biar gak tersesat kawan . .

Sangat bermanfaat banget, terimakasih banyak

Terimakasih sudah berbagi, sangat bermanfaat

Subhanallah sekali amalan yang memang baik untuk dilaksanakan dengan tujuan tetap mengharap keridho'an Allah Subhanahu WaTa'ala. Salam kenal sahabat..

khasiat ayat2 Allah sngat besar,,mitu hnya slah satu dri ratusan khasiat ayat2 Allah yg maha Agung

punten baru mampir lagi kang, hatur nuhun tos dipangmilariankeun jawabanna...mugia janten amal kasaean kangge akang :)

@Sigli Cyber : betul sob,,, tp sedikit sekali orang yg mau mengamalkannya (,,termasuk sy,,,hehe,,)

@Hana Nuraini : sami2 teteh,, mugia janten manfaat :)

Terima kasih atas artikel yang sangat menarik ini gan.

jadi nambah ilmu nih.
makasih infonya sob, good luck :)

Terimakasih atas ilmunya, dan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat

berdzikir dengan Ayat Kursi membuat hati tenang ya

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon