Kamis, 25 Oktober 2012

3 hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog

3 hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog
Gambar dari sini


Wilujeng wayahkieu sobat Alasaya..

Bagi sobat blogger pemula yang hendak membuat blog. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan direncanakan sebelum sobat membuat blog.

Berikut 3 hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog versi Alasaya :

1.) Tema blog

Ini tidak penting bagi sobat yang hendak membuat blog dengan tujuan sebagai 'catatan harian' saja, atau hanya untuk sharing saja. Tapi bagi sobat yang hendak menjadikan blog sebagai sarana mendapatkan penghasilan, maka tema menjadi sangat penting.

Kenapa ?

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Blog tersebut harus banyak pengunjungnya. Dan salahsatu sumber datangnya pengunjung adalah search engine seperti Google. Sementara di Google terdapat jutaan/milyaran weblog. Agar kebanjiran pengunjung dari google maka blog sobat minimal harus menempati posisi halaman pertama google. Dan itu bukan hal yang mudah karena harus bersaing dengan blog-blog lain. Tapi menurut para master, blog yang memiliki tema (nice) tertentu (dan fokus pada tema tersebut) akan lebih mudah menduduki halaman pertama dibanding blog dengan tema bebas. Blog yang fokus pada 1 tema kaya dengan kata kunci yang mana ini salahsatu faktor yang menentukan posisi blog di sercah engine.

Misal sobat hendak membuat blog untuk berjualan obat herbal. Maka artikel-artikel didalamnya harus berkaitan dengan 'obat herbal'.

2.) Nama domain

Ini juga tidak begitu penting jika sobat hendak menjadikan blog hanya sebagai catatan harian saja. Tapi jika untuk mendapatkan penghasilan, maka hal ini terbilang sangat penting.

Kenapa ?

Blog yang memiiki namadomain sesuai tema, akan lebih mudah menduduki halaman puncak google (itu kata para master). Misal sobat hendak berjualan laptop, maka namadomain seperti 'laptop.blogspot.com' lebih bagus daripada 'ylaskar.blogspot.com', karena dalam namadomain yang pertama terdapat kata kunci didalamnya, yaitu 'laptop'.

3:) Template

Yang ini sangat penting bagi blog yang bertema bebas maupun bertema tertentu. Jika sobat membuat sebuah blog tentu sobat mengharapkan banyak didatangi pengunjung walaupun tema blog sobat bebas. Karena tanpa pengunjung blog tersebut tidak akan tumbuh, percayalah,,, sepinya pengunjung salahsatu faktor yang akan membuat sobat malas untuk mengelola blog. Nah,,, biasanya pengunjung itu lebih suka dengan blog yang ringan. Maka dari itu carilah template yang ringan saat diakses.

Untuk yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Lagi-lagi, template juga ternyata berpengaruh dalam menentukan posisi blog sobat di search engine (kata para master algi,,). Carilah template yang SEO Friendly.

Itulah 3 hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog versi Alasaya. Semoga bermanfaat.

Jika ada sobat yang ingin menambahkan,, silahkaaannn,,

Share this:

Related Posts
Disqus Comments