Kamis, 11 Oktober 2012

Hikmah berqurban

Hikmah menyembelih hewan qurban


Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sobat semua, Idul Adha hampir tiba. 1 demi 1 kloter haji sudah diberangkatkan. Mudah-mudahan mereka semua yang diberi kesempatan oleh Allah subhanahu wataala untuk melaksanakan rukun Islam yang terakhir menjadi haji yang mabrur.

Ada salah satu ibadah dalam bulan dzulhijjah selain ibadah haji, yaitu qurban. Dengan menyembelih beberapa binatang, seperti kambing, domba, sapi, atau kerbau. Kalau di negeri Arab, biasanya menyembelih unta.

Apa sebenarnya hikmah qurban itu sih ???

Sobat inilah diantara Hikmah Qurban yang saya copas dari facebook KH. Muhammad Arifin Ilham :
  1. Bukti nyata bersyukur,
    "Supaya mrk menyebut nama Allah atas apa yang Allah rizkikan kepada mereka berupa binatang ternak¿." (QS. Al Hajj : 34)
  2. Bukti sebagai hamba yang bertaqwa,
    "Daging-daging unta 2 darahnya itu sekali-sekali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya¿" (Al - Hajj :37)
  3. Berhak beribadah kepada Allah,
    "Barang siapa yang mempunyai keluasan (harta) dan tidak mau berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami!" (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al Hakim, Ad Daruquthni dan Al-Baihaqi)
  4. Meraih ampunan dosa,
    "Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan... (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)
  5. Pahala besar,
    "Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
  6. Hewan Qurban bersaksi, Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pada sebuah tempat didekat Allah sebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialah jiwa dengannya". (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim).

SubhanAllah demikian besar keutamaan qurban sahabatku,,,,

Sudahkah sobat berqurban ???

Sumber : http://m.facebook.com/kh.muhammad.arifin.ilham

Share this:

Related Posts
Disqus Comments