Planning : Nasi liwet + goreng jengkol

Tags

Selamat wayahkieu sobat Alasaya,,,

Beberapa hari yang lalu saya blogwalking dan masuk ke sebuah blog (saya lupa namanya). Disana ada artikel yang menceritakan tentang "Nasi Liwet".,,

Saya jadi ingat apa yang saya rencanakan kelak saya pulang dan sampai di kampung halaman,,,

Ya, dari jauh-jauh hari saya berencana kalau pulang dan sampai di kampung halaman saya mau masak ''nasi liwet'' bareng teman-teman. Saya selalu membayangkan

''masak nasi liwet di saung (gubuk yang ada di tengah sawah) sambil menikmati pemandangan hijaunya padi di sawah dan merasakan semilirnya angin yang sejuk, sambil main gitar sama sahabat-sahabat saya :) ''

Ya,, yang saya bayangkan adalah suasana pedesaan. Mungkin orang lain membayangkan makan pizza hut, atau Kentucky Fried chicken dengan minumnya coca cola + sambal saos ala bule, atau apalah yang makanan yang mewah-mewah. Tapi saya lebih suka makan martabak dibanding pizza (,,karena kalau pizza mahal, :D ),, atau makan ayam bakar, minumya teh tubruk ajaaa,,, samblnya bikin aja sendiri,, sambal goang pake terasi :D ,,,

Sobat mungkin banyak yang tahu apa itu "nasi liwet", apalagi kalau orang jawa,, terlebih orang sunda pasti mengenalnya.

Apa sih nasi liwet itu ?

Kalau definisi nasi liwet saya sendiri kurang tahu,,
Tapi gambarannya kurang lebih seperti ini yang sering saya masak :
''beras direndam di air kemudian dimasak didalam kastrol (,,apa yah bahasa indonesianya kastrol ?? Bukan oli castrol lhoo,,, Kastrol itu sejenis panci, ada jinjingan di atsanya,,) sampai matang''

Sekilas sama dengan cara masak nasi biasa. Tapi jangan salah, ada perbedaan dari cara memasaknya.

Bagaimana cara memasaknya ???

Setiap orang punya cara masing-masing. Tapi begini nih cara membuat ''nasi liwet + goreng jengkol'' Ala Saya :

Perencanaan

Cari tempat di luar rumah. Karena kalau didalam rumah (maksudnya didalam dapur) suasananya kurang asik. Tempat favorit saya : di saung tengah sawah, atau di pinggir sungai sambil mancing, atau di dalam hutan. Yang penting di alam terbuka.

Bahan-bahan yang harus dibawa dari rumah
  1. Beras.
    Disesuaikan dengan banyaknya orang. Biasanya 1 liter cukup buat 4 orang.
  2. Kastrol/panci
  3. Cobek dan ulekannya (buat bikin sambal atau ngulek bumbu
  4. Daun pisang yang masih muda. (buat alas nasi)
  5. Batu bata atau apa saja buat bikin tungku api
  6. Kayu bakar
  7. Golok/pisau.
  8. Minyak goreng
  9. Jengkol (terserah sobat sukanya apa, mau ikan kek, mau ayam kek, terserah,,,)
  10. Sabun colek sedikit aja
  11. Penggorengan
  12. Centong (sendok nasi)
  13. Lalapan. Saya sukanya buah nangka muda

***

Bumbu-bumbu
  1. Bumbu nasi:
    Bawang merah, garam, sereh, daun salam, minyak goreng
  2. Bumbu sambal
    Bawang merah, kacang tanah yang sudah digoreng, tomat, cabai rawit, garam, mecin, gula merah.
  3. Bumbu goreng jengkol.
    Bumbu daging (kalau gak tahu tanya saja sama ibu-ibu), kecap, garam, minyak goreng


***

Mulai memasak nasi liwet
  1. Siapkan tungku api dari batu bata membentuk 3 titik segitiga. Jaraknya tergantung seberapa besar pantat panci :) , yang penting panci harus ditopang sama rata tidak boleh miring sebelah, karena nanti nasi jadi masak sebelah
  2. Tinggi tungku sekedar ada tempat untuk kayu bakar di bawah panci. Masukkan kayu bakarnya, dan bakarrrr,,,
  3. Buat 2 tungku, yang 1 buat masak nasi, 1 lagi buat menggoreng jengkol
  4. Cuci beras pakai air bersih. Tapi jangan terlalu bersih mencucinya, jangan sampai kelihatan bening. Yang penting kotorannya hilang. Usahakan airnya ketika mau dimasak tetap kelihatan putih. Kenapa ?? Karena kalau berasnya terlalu bening nutrisinya jadi hilang.
  5. Pastikan ketika mau dimasak beras terendam air. jarak antara permukaan beras dengan permukaan air tergantung banyak sedikitnya beras. Kalau saya biasanya, untuk 1 liter beras jarak antara permukaan beras sama permukaan air sepanjang 1 ruas jari telunjuk.
  6. Setelah api sudah siap, taruh deh tuh panci di atas tungku yang ada apinya. Jangan lupa pantat panci diolesin sabun colek biar nanti gampang nyucinya.
  7. Mumpung belum mendidih. Masukkan nih beberapa bumbu :
    • Sereh secukupnya
    • Daun salam secukupnya
    • irisan bawang merah secukupnya
    • Garam secukupnya, jangan kebanyakan nanti keasinan
    • Minyak goreng secukupnya, jangan kebanyakan nanti nasinya lembek.
      Minya goreng ini selain sebagai penyedap juga supaya nasi nanti tidak ada keraknya.
    • Aduk deh sampai rata !
  8. Tunggu deh sampai matang. Jangan lupa api diperhatikan supaya pemanasan ke panci rata.
  9. Jika air di permukaan nasi sudah tidak kelihatan lagi, kecilkan apinya
Sambil nunggu nasinya matang, persiapkan yang lainnya

***

Persiapan membuat sambal Ini dia cara bikin sambal Ala Saya :
  1. Panggang bawang merah dan tomat, jangan kelamaan nanti gosong
  2. Masukkan garam, kacang tanah, cabai rawit, bawang merah dan tomat tadi kedalam cobek, kasih gula merah sedikit,,, ulek deh sampai nyampur semuanya.
***

Persiapan goreng jengkol
  1. Iris jengkol tipis (sekitar 3 mili)
  2. Cuci jengkol yang sudah diiris tadi
  3. Bawang merah mentah, bawang putih mentah (jangan terlalu banyak), cabai rawit, tomat mentah, garam secukupnya, dan bumbu daging di ulek sampai rata
  4. Goreng tuh jengkol dan biarkan sampai hampir matang
  5. Jika jengkol hampir matang, masukkan tuh bumbu yang tadi di ulek. Aduk deh sampai rata. Dijamin baunya uweaaaaaahhh,,,,,,haruuum,, :D .
  6. Hampir mendekati benar-benar masak tuh goreng jengkol,, masukkan deh kecap dan aduk lagi.
  7. Angkat, dan siap dihidangkan !!!
****

Terakhir,,, MULAI MAKAN,,,!!
  1. Siapkan daun pisang muda untuk alas nasi
  2. Awas jangan salah naruh posisi daun pisangnya.
    Bagian bawah daun ketika masih di pohonnya, ketika dipakai alas posisinya harus berada dibagian atas.
  3. Ambil nasi dari panci dan taruh di atas daun, diratakan sambil dikipas-kipas biar cepat dingin.
  4. Jangan lupa goreng jengkol, sambal dan lalapannya dibagi rata
  5. Terakhir,,, selamat menikmati ''Nasi liwet + goreng jengkol" Ala Saya ,,,


Sory kalau tulisannya acak-acakan,,
Terimakasih sudah membaca,,

Wilujeng ah,,,,,

24 komentar

aiih..detail banget kang nasi liwet goreng jengkolnya, paling asik ditambah ikan peda, dan makannya sambil diiringi lagunya bang H. Roma Irama...mantap tuh!

@Desa Cilembu : kalau sayamah lebih suka ikan pedanya di beuleum atau dimasukkin dimasak bareng sama nasi liwetnya,,

Untuk pengiringnya saya lebih enak Kang Asep Darso atau Kang Doel Sumbang,,, biar nyunda banggget gitu,,

wah ko ribet juga ya, ehm.. dulu saya si cuma makan dari nasi liewetnya, ga ada embel embel jengkolnya. hehhe, maklum, dulu di asrama jaman susah. ngeliwet pun masih make kayu bakar. :D

wah sobat nih koky ya.. kok sampai lengkap gitu penjelasan nya...? tapi mantap sob nasi liwet sama jengkolnya.. mak nyus hehehehe

@cerita anak kost : sbarnya gk si ribet itu sih,, kbetulan z goreng jengkol tu favorit sy :)
terkdang cm sama ikan teri doang sama lalapnya daun singkong,,

@masnady : enggak jg sih,, :)

Apalagi jengkol rendang.Mantap Mas :)

@Abed Saragih : kalau saya sih gimanapun jengkol dimaskanya,, tetap suka,, asal jngan yg mentah aja,, kepalaku suka naik alias pusing 7 keliling,,

sering deger mas nama nasi liwet, dan ternyata ngga jauh beda kok cara masaknya. kayaknya enak nih..

@sabda awal : pada dasarnya gak jauh beda cara memasak nasi liwet, walaupun berbeda daerah sob :)

saya sih suka nasi liwetnya tapi kalau jengkol goreng tidak terlalu suka
tpi kalau jengkol direndang ok juga tuh

folback blogane ya gan \m/

pandainya yusup masak...tapi namanya aneh sangat, KY tak terbayang, g mana rupa nasi liwet hehehe

@beny sholihin : kalo saya mau dimasak seperti apapun tetap suka :)

@KY : kalau di malaysia mungkin namanya bukan nasi liwet :)

Kalau cara masak seperti itu, itu cara masak ala saya, setiap daerah punya cara sendiri, tapi hasilnya tetap sama

.. widichhhh,, bakat trependam nich bakalan ikutan master chef nich. he..86x ..

Thanks ya Gan share nya..., Jadi lapar qw....! hehehe

Wowww..., Jengky, qw bangat ne Mas...! I Like this site.

Visite back please ya Mas...!

Kunjungan Malam sobat..., visite back please...!

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : rencana sih mau nantang chef yuna :D

@tour and travel disurabaya : silahkan coba aja sob,, dijamin ueenak :D

@Khabaran Unik : laperr ?? makan !!! :)

@Kuliner Ajib : ok sob,, pasti sy kunjungi balik :)

@Blog Walker : ok sob ntar sy visitbek :)

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon