6 alasan orang menghapus pertemanan di facebook

6 alasan orang menghapus pertemanan di facebook


Wilujeng wayahkieu sobat Alasaya

Sobat punya akun facebook ? Berapa banyak teman sobat di facebook ? Berapa banyak orang yang menghapus pertemanan dengan sobat di facebook ?

Tahukan kenapa orang menghapus pertemanan dengan sobat ?

Berikut 6 alasan orang menghapus pertemanan di facebook versi Alasaya

1. Jarang sekali update status

Mungkin banyak dari sobat yang sudah tahu bahwa facebook membatasi jumlah pertemanan hanya sampai 4-5 ribuan saja. Setidaknya itulah yang saya tahu ketika saya melihat info profil seseorang yang jumlah temannya sampai ribuan mentok di kisaran 4 ribuan, tidak pernah saya melihat yang lebih dari kisaran angka tersebut.

Dan saya sering ngalamin ketika saya hendak meminta pertemanan pada seseorang ternyata tidak bisa, facebook memberikan notifikasi bahwa orang tersebut memiliki terlalu banyak teman.

Saya sendiri belum pernah punya teman sebanyak itu di facebook. Tapi melihat notifikasi tersebut saya menganalogikan bahwa orang tersebut tidak bisa lagi mendapatkan teman baru karena sudah mencapai batas maksimal. Nah bagaimana jika orang tersebut ingin berteman dengan orang lain yang dirasa lebih penting ? Maka salahsatu solusinya harus ada temannya yang dihapus, dan salahsatu kemungkinan yang dihapus adalah orang yang jarang sekali update status / tidak aktif.

2. Terlalu banyak update status yang gak penting

Terkadang banyak status kita yang dianggap tidak penting oleh orang lain. Banyak status yang dianggap sampah. Seperti mengeluh, seperti ''Kenapa nasibku begini terus ,,,,, '', atau status dengan kata-kata kotor, seperti ''Dasar kamu laki-laki an*ing,,,'', ''Sia*an tuh orang,,,,'' dan sejenisnya. Tentu status-status seperti itu kalau terlalu banyak di update akan sangat mengganggu orang lain.

3. Terlalu banyak promosi

Era sekarang ini adalah eranya dunia maya, banyak pebisnis yang menggunakan dunia maya untuk meningkatkan penghasilan bisnisnya. Salahsatunya media sosial seperti facebook. Tetapi banyak yang salah menggunakan facebook sebagai ajang promosi, salah dalam 'caranya'. Mereka terlalu sering update status berbau promosi yang akhirnya bukan prospek konsumen yang didapat, melainkan banyak teman yang menghapusnya dari daftar pertemanan mereka. Perlu diketahui tidak semua orang menyukai apa yang kita promosikan, justru mereka akan merasa terganggu. Jikapun ingin promosi, janganlah terlalu sering, cukup sekali sehari, carilah waktu yang tepat kapan orang-orang online, biasanya jam istirahat, menjelang malam, atau hari libur. Tapi imbangi juga dengan status biasa. Ingat !! Tujuan utama orang membuat facebook adalah untuk bersosialisasi bukan untuk mendapatkan penawaran produk.

Akan lebih baik jika membuat fans page / halaman facebook untuk alat promosi, dengan begitu promosi kita lebih tertarget, maksudnya kita promosi kepada orang yang memang tertarik dengan produk yang kita promosikan. Karena hanya orang yang tertarik yang mau melike fans page tersebut, dan hanya yang melike fans page lah yang akan mendapatkan pembaruan status promosi kita. Dengan ini, maka peluang untuk mendapatkan konsumen lebih besar dan resiko dihapus teman lebih kecil.

4. Asal-asalan ngetag / menandai

Salahsatu fitur yang disediakan oleh facebook adalah fitur dimana kita bisa menandai teman kita pada foto/gambar yang kita upload. Dengan begitu jika ada yang mengomentari foto tersebut, teman yang kita tandai akan mendapatkan pemberitahuan. Tapi hati-hatilah jangan asal-asalan menandai, bisa-bisa kita dihapus orang yang kita tandai. Karena mungkin saja orang tersebut tidak menyukai dengan gambar yang kita upload tersebut. Misal, sobat mengupload gambar yang berbau islami, jangan orang non islam sobat tandai juga, karena mungkin mereka tidak suka dengan gambar tersebut. Atau sebaliknya, sobat non muslim, janganlah sobat tandai orang yang beragama islam pada gambar yang menunjukkan simbol agama sobat.

Saya sendiri banyak membatalkan pertemanan karena ditag/ditandai orang lain pada gambar yang tidak saya sukai. Dan banyak diantara mereka saya blokir dikarenakan terlalu mengganggu.

5. Salah berteman

Beberapa teman mungkin akan menyelidiki kita untuk mengetahui dengan siapa saja kita berteman. Jika diketahui bahwa kita berteman dengan seseorang yang tidak disukai oleh teman kita yang lain, mungkin teman kita tersebut akan menghapus pertemanan dengan kita. Karena terkadang, orang lain menilai kita dengan siapa kita berteman. Jika kita berteman dengan orang baik, maka kita akan ikut dicap orang baik, dan sebaliknya, jika kita berteman dengan tukang mabok, kita akan disamakan dengan mereka. Atau jika sobat seorang laki-laki dan teman-teman sobat ternyata playboy semua, jangan harap banyak wanita yang mau berteman dengan sobat,,, :)

6. Foto

Banyak cara orang lain menilai diri kita, salahsatunya melalui foto profil di facebook. Mungkin banyak dari kita yang tidak menyadari jikalau foto profil atau gambar-gambar yang kita upload bisa mencerminkan diri kita. Misal, jika sobat sedang kasmaran, pasti gambar yang sobat upload berhubungan dengan cinta, misal sebuah gambar yang bertuliskan ''Sayang,, Cintaku hanya untukmu seorang'', dan teman sobat yang melihatnya pasti akan menganggap sobat sedang dilanda asmara. Atau gambar yang sobat upload bertuliskan ''Kutunggu kau cintaku di gubuk rindu,,,,, dibawah pohon bambu,,,'', maka sobat pasti sedang dilanda penyakit merindu. Kalau yang 2 ini gak masalah, insyaAllah teman sobat tidak akan mendelet sobat.

Tapi bagaimana jika foto profil / gambar yang di upload oleh teman sobat kebanyakan gambar laki-laki rupawan gak pake baju,, padahal teman sobat itu laki-laki, dan itu bukan fotonya ???,,, pasti ada sebagian orang yang akan beranggapan negatif terhadap teman sobat tersebut. Atau contoh lain, gambar-gambar yang sobat upload bergambar minuman keras, tengkorak, dan sejenisnya,, pasti akan ada sebagian teman sobat yang menilai sobat sebagai brandalan, dan akhirnya dia mendelet sobat.

Memang benar gambar tidak mesti mencerminkan kepribadian seseorang. Tetapi realitas yang ada, banyak orang menilai kita dari luar, dari covernya saja, dan kita tidak bisa pungkiri hal itu.

Itulah 6 alasan orang menghaspus pertemanan di facebook versi Alasaya.

Nah,,, agar resiko didelet lebih kecil, maka hindarilah hal-hal di atas,,,

Mungkin ada sobat yang mau menambahkan ?
Mangga ah,,, wilujeng,,,,, :)

***
Sumber gambar : google / imacify.com

10 komentar

betul kang point di atas memang yang bisa membuat semua itu terjadi.saya juga sering melihat kaya gitu.ih ya kang sudi kiranya untuk memfollow balik ya,untuk mempererat tali persahabatan antar blogger.cabang corolla

ada kemungkinan juga tu..

@Zig Zoor : sudah difollback kang,,

@KY : saya sering hapus beberapa teman, cz bnyk status yang mengganggu,,

iya ya...baru nyadar
fb saya belum dihapuskan kang...hehee
mulai sekarang akan lebih selektif ah promonya mau di fanspage azh ah...
haturnuhun pencerahannya kang.

@Desa Cilembu [Ubi Cilembu] : btul bpk kades, u/ promosi gunakan fanspage sj, itu lebih tertarget sehingga kmungkinan mendapatkan prospek lebih besar dengan resiko kehilangan teman lebih kecil

sudah langsung dipraktin kang...siiplah

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon