Sejak kapan cium tangan pakai pipi atau jidat ?

Assalamu 'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh,,,
Wilujeng wayahkieu sobat,,,

Mulai kapan ya cium tangan ke pipi / jidat ?

Sambil duduk di ruangan laboratorium perusahaan, dari kejauhan saya melihat di pintu gerbang perusahaan 2 orang wanita nyamperin seorang temannya yang juga wanita yang lebih tua umurnya, kemudian kedua wanita itu mencium tangan wanita yang lebih tua tersebut karena mereka hendak pulang.

Ada satu hal yang membuat hati saya sedikit terusik. Cara mereka mencium tangan. Yang 1 mencium tangan dengan pipinya, dan yang satu lagi mencium tangan dengan jidatnya.

Hati saya berkata ''Apakah begitu yang namanya cium tangan ??''
Setahu saya yang namanya cium tangan adalah dengan hidung atau bibir. Saya sendiri lebih suka dengan bibir. Karena begitulah orang tua saya dan guru-guru saya dulu mengajarkannya.

Cara cium tangan yang diajarkan oleh orang tua / guru-guru saya :

Cium tangan yang benar
gambar dari sini


Cium tangan pakai bibir
Gambar dari sini


Dan ternyata fenomena cium tangan pakai pipi / jidat terjadi pada anak-anak sekarang, baik ABG maupun anak-anak kecil. Dan tak jarang orang dewasapun melakukan seperti itu.

Cara cium tangan anak-anak jaman sekarang

cium tangan pakai jidat
Cium tangan pakai jidat
Gambar dari sini


Cium tangan pakai pipi
Cium tangan pakai pipi
Gambar dari sini


Pada dasarnya cium tangan merupakan salah satu bentuk penghormatan dari yang lebih muda kepada yang lebih tua, dari orang yang merasa awam kepada orang yang dianggap alim, dari anak kepada orangtuanya, dari adik kepada kakaknya, dari murid kepada guru, dsb. Ini adalah budaya yang ada di Indonesia dan merupakan budaya dalam agama Islam. Tetapi sepanjang pengetahuan saya, dari dulu yang namanya cium tangan itu pakai hidung atau bibir. Bukan pakai pipi atau jidat. Lalu sejak kapan cium tangan pakai pipi / jidat ?

Mangga ah,,, wilujeng,,,, :)
Wassalamu 'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh,,,

32 komentar

sejak kapan atuh kang,kasih tau dong saya,he...he...memang sudah tradisi ya kang.

@Zig Zoor : justru itu saya jg gk tahu kang sejak kapan :)

Sayang sekali tradisinya harus berubah kyk gini

cium tangan jaman kita pake hidung/bibir seperti contoh gambar no.2...kepada orang tua kita mungkin masih pake gaya itu, tapi kepada orang selain orang tua, sudah bergeser pake pipi atau jidat, soalnya kalau pake bibir disamping (mungkin takut tangan yang diciumnya bau) juga takut terangsang orang yang tangannya dicium pake bibir...gituh mereun

@Cilembu thea : dan realitasnya bnyk juga anak cium tangan orangtuanya pakai pipi/jidat, bahkan orangtuanyalah yg mengajarkannya,,,

sepakat dengan juragan ubi cilembu, kalau untuk yang masih ada hubungan keluarga terutama orang tua atau saudara kandung, maka cium tangannya pake bibir atau hidung,
tetapi kalau untuk orang lain, maka cium tangannya pake pipi atau jidat..., namun kalau ternyata anaknya menggunakan jidat atau pipinya saat beraksi cium tangan kedua orang tuanya, ya mungkin anak itu belum sikat gigi, atau tangan orangtuanya yang masih bau amis belum dicuci bersih :-)

wahahaaa...kita om-om seumuran emang sepikiran rupanya y bang

saya ngajarin keponakan2 sy kepada siapapun kalau cium tangan pakai bibir / hidung,,,

Tp masing2 punya cara sendiri,, :)

Betul juga yah Mas,sekarang cium tangan pakai pipi kalau dulu seperti gambar paling atas.Mungkin supaya lebih terlihat sopan dan juga terlihat lebih terhomat Mas.

eh iya betul juga kang, saya baru nyadar sekarang kalo saya juga secara ga sadar suka cium tangan orangtua atau dosen pake jidat, hihi... tapi kalo sama orangtua sih masih suka pake bibir, cuman kan kalo ke dosen atau ke orang lain agak risih kalo misalnya pake bibir, hehehe...

.. wha..ha..ha..ha..ha..ha.. bener juga ya?!? sejak jaman ini mungkin. he..86x ..

apalagi kalau dosennya muda dan ganteng...hmmm.

Artikel yang sangat menarik serta bermakna gan.Terimakasih dan salam kenal. Semoga menjadi suatu informasi yang berkah.

@Abed Saragih : guru2 saya mengajarkan cium tangan orang lain pakai bibir/hidung karena itu lebih sopan & lebih menghargai,,

Tp sekarang mungkin u/ sebagian orang sudah tdk relevan lg ya :)

@Hana Nuraini : ketika cium tangan ke dosen niatkan dengan tulus bahwa itu sebagai tanda hormat,, Insya Allah tidak akan merasa risih :)

@Cilembu thea : kalo dosennya muda & ganteng, pasti pada berebut pingin nyium tangannya :)

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : kayaknya gitu sih neng :)

Kalau pakai Jidat berarti bukan mencium namanya. Mau menyeruduk. he he he. Cium pake jidat tuh dicontohkan oleh para artis cilik di sinetron2. Yang saya tahu si Entong tuh.

Hayoo sejak kapan coba?!? Hoho, iya kang, saya juga ngerasa aneh sekarang, adik saya itu kalau salim pakai pipi gitu, padahal sudah berkali2 dibilangin sama ibu tapi masih aja begitu (Alhamdulillah walau masih ABG saya gak ikut2an, cium tangan tetap di hidung) :D

Kalimatnya saja sudah" cium " alat untuk mencium biasanya hidung dan mulut,kalau ada cium tangan bukan pake alat cium,berarti,,,,,,,biarin aja kang bro,,,ulah dipikiran matak lieurrrr heuheuheu

hehe , kesindir nih , saya kalo cium tangan suka pake jidat kalo calon suami saya mau pulang ke perantauan hehe

@Unik dan Aneh : kaya kambing ya mau nyeruduk :)

@Gen - Q : biasanya kalo kyk gitu guru sekolahnya membiarkan muridnya cium tngan pake pipi,, jd udah terbiasa kyk gitu agk susah merubahnya,,, tp lambat laun pasti dia ngerti,,, :)

@Dede Thea : bner kang,,, gak usah difikirin,,, lieurrrr,,, :)

Tp sbgai sesama qt wajib saling mengingatkan :)

@vina devina : semua orang punya cara sendiri cium tangan yg mungkin dia pandang lebih baik,,, tp bagi saya yg terbaik adalah dengan hidung / bibir,,,

Khusus cium tangan ke calon suami,, kalo menurut Islam (setahu saya) jangankan cium tangan, megangnya pun tidak boleh,,, :)

cara cara yang mereka lakukan adalah menjauhkan generasi Islam dari adat budaya Islam..akhirnya mereka mengikuti adat budaya orang orang yg bukan Islam....
mereka nggak berani melarang anak anak cium tangan tapi mereka selisihi dengan mengalihkannya ke pipi atau jidat..
Hati hati..terjadi pergeseran nilai nilai Islam secara sistemis

fenomena ABG sekarang bukan cium tangan pake bibir kang, saya sering lihat mereka malah cium bibir dengan bibir hahaha

Dari yg saya tahu cium tangan itu sunnah dan malah klo bisa tidak dijadikan kebiasaan, apalagi kita mencium tangan orang lain karena kekayaannya dan hal yg bersifat duniawi itu dilarang. Ada sebagian ulama yg melarang cium tanggan karna bersifat bitah kecuali berjabat tangan itu sangat dianjuran karena dapat merontokan dosa dosa kita. Cium tangan itu budaya timur klo tata caranya ya terserah anda. Klo menurut saya jika dengan bibir kurang baik karena jika ada sisa sisa makanan dimulut yg dicium tanggannya juga jadi geli. Klo orang tua menggajarkan bgtu pasti ada alasaannya. Tapi kita sudah dewasa bisa berfikir apa yg baik dan tidak baik untuk dilakukan

Dari yg saya tahu cium tangan itu sunnah dan malah klo bisa tidak dijadikan kebiasaan, apalagi kita mencium tangan orang lain karena kekayaannya dan hal yg bersifat duniawi itu dilarang. Ada sebagian ulama yg melarang cium tanggan karna bersifat bitah kecuali berjabat tangan itu sangat dianjuran karena dapat merontokan dosa dosa kita. Cium tangan itu budaya timur klo tata caranya ya terserah anda. Klo menurut saya jika dengan bibir kurang baik karena jika ada sisa sisa makanan dimulut yg dicium tanggannya juga jadi geli. Klo orang tua menggajarkan bgtu pasti ada alasaannya. Tapi kita sudah dewasa bisa berfikir apa yg baik dan tidak baik untuk dilakukan

Cium tangn pke jdt/pipi adalah kebiasaan masyarakat philipina kepada orang tua dan yg dituakan, anak2 diindonesia mulai trend cium tangan pake pipi/jidat terlihat sejak antara tahun 1999-2000 itupun berdasarkan analisa pribadi, coba aja deh ingat2 lagi

Maaf ni kang, ini pengalaman pribadi saya sendiri. Tadinya saya cium tangan pake bibir, tetapi saya pernah melihat ketika seseorang mencium tangan ke orang lain pake bibir malah dia mengelak dengan cepat-cepat menarik tangannya. Jadi saya semenjak itu cium tangan menggunakan pipi karena tak semua orang sudi tangannya dicium pake bibir.karena diantara semua orang-orang pasti ada diantaranya yang geli/jijik tanpa kita sadari.

Telah Hadir Agen Poker, DominoQQ, Capsa Susun, Bandar Ceme,Ceme Keliling, & Live Poker Terbaik dan Terpercaya.

Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu Bonus 10 ribu dan Minimal Withdraw 25 ribu anda dapat bermain di Acehpoker;

1. Acehpoker memberikan bonus Referral 15% (Seumur Hidup)
2. Sistem keamanan terjamin dan Data pribadi akan aman bersama kami.
3. Player Vs Player ( 100% No Robot)
4. Dengan Sistem Confirm Deposit terbaru Max 2 menit (Jika semua Nama di Id dan di bank
sama)
5. CS yang ramah dan Melayani dengan Professional
6. Online 365 Hari 24 Jam
7. Anda Menang berapapun Kami Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.
8. Dapat bermain 6 permainan hanya dengan 1 Web , yaitu Poker , DominoQQ , Bandar Ceme, Capsa Susun, Ceme Keliling, Live Poker
9. Bisa bermain di Android dan IOS
10. Sistem pembagian Kartu menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random Permanent (acak) , Dan tersedia Ratusan meja untuk tempat anda bermain

Pin BBM : 563AB8CA
yahoo : mahadewi374@yahoo.com
Line: Lilly080615

Bola
Agen Bola Terpercaya
Daftar Judi Bola Maxbet
Bandar Bola IBCBET
Daftar Bola BCA
Cara Bermain Poker
Agen Poker Terpercaya
Poker Bonus Deposit
Cara Daftar Poker
Bandar Ceme Terpercaya
Cara Bermain Poker
Situs Poker Terpercaya
Judi Bandar Capsa
Poker Bonus Member Baru
Panduan Bermain Poker
Agen Poker Terbaik
Poker Promo Poker Online
Poker Online Terpercaya
Capsa Susun Uang Asli
Qiu Qiu Uang Asli
Poker Online Terbaik
Domino QQ Online
Bandar Ceme Keliling
Judi Poker Online
Agen Ceme Keliling
qiu qiu
texas holdem poker
Poker Online Indonesia

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon