Minggu, 03 Maret 2013

Sejak kapan cium tangan pakai pipi atau jidat ?

Assalamu 'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh,,,
Wilujeng wayahkieu sobat,,,

Mulai kapan ya cium tangan ke pipi / jidat ?

Sambil duduk di ruangan laboratorium perusahaan, dari kejauhan saya melihat di pintu gerbang perusahaan 2 orang wanita nyamperin seorang temannya yang juga wanita yang lebih tua umurnya, kemudian kedua wanita itu mencium tangan wanita yang lebih tua tersebut karena mereka hendak pulang.

Ada satu hal yang membuat hati saya sedikit terusik. Cara mereka mencium tangan. Yang 1 mencium tangan dengan pipinya, dan yang satu lagi mencium tangan dengan jidatnya.

Hati saya berkata ''Apakah begitu yang namanya cium tangan ??''
Setahu saya yang namanya cium tangan adalah dengan hidung atau bibir. Saya sendiri lebih suka dengan bibir. Karena begitulah orang tua saya dan guru-guru saya dulu mengajarkannya.

Cara cium tangan yang diajarkan oleh orang tua / guru-guru saya :

Cium tangan yang benar
gambar dari sini


Cium tangan pakai bibir
Gambar dari sini


Dan ternyata fenomena cium tangan pakai pipi / jidat terjadi pada anak-anak sekarang, baik ABG maupun anak-anak kecil. Dan tak jarang orang dewasapun melakukan seperti itu.

Cara cium tangan anak-anak jaman sekarang

cium tangan pakai jidat
Cium tangan pakai jidat
Gambar dari sini


Cium tangan pakai pipi
Cium tangan pakai pipi
Gambar dari sini


Pada dasarnya cium tangan merupakan salah satu bentuk penghormatan dari yang lebih muda kepada yang lebih tua, dari orang yang merasa awam kepada orang yang dianggap alim, dari anak kepada orangtuanya, dari adik kepada kakaknya, dari murid kepada guru, dsb. Ini adalah budaya yang ada di Indonesia dan merupakan budaya dalam agama Islam. Tetapi sepanjang pengetahuan saya, dari dulu yang namanya cium tangan itu pakai hidung atau bibir. Bukan pakai pipi atau jidat. Lalu sejak kapan cium tangan pakai pipi / jidat ?

Mangga ah,,, wilujeng,,,, :)
Wassalamu 'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh,,,

Share this:

Related Posts
Disqus Comments