Minggu, 04 Agustus 2013

Promosi, jangan bikin komentar spam !

Komentar spam


Assalamu 'alaikim,, wilujeng wayahkieu sobat,,

Bisnis Online, sobat pasti sudah familiarrrr dengan frase ini. Sebuah cara meraih penghasilan melalui media internet. Bisnis online sekarang lagi sangat booming, dan akan terus booming di negeri ini. Ini semua dikarenakan semakin banyaknya masyarakat yang melek internet. Karena saat ini biaya internet semakin terjangkau, dari warnet yang kebilang murah sampai operator seluler yang memberi harga internet yang miring.

Entah berapa ribu dalam sehari orang mulai ikut-ikutan bisnis online, sampai sekarang saya belum menemukan informasi yang melakukan survei seberapa banyak pertumbuhun pelaku bisnis online.

Salah satu hal yang pokok dalam bisnis adalah promosi, karena sebuah bisnis tidak akan menghasilkan apapun tanpa adanya promosi. Karena lewat promosi lah produk kita dikenel orang, dan hanya orang yang kenal produk kitalah yang akan membeli.

Demi mendapatkan penghasilan, berbagai cara promosi dilakukan, dari memasang iklan gratisan, berbayar, bahkan tak sedikit yang melakukan SPAMMMMM,,, seperti mengirim sms terus-menerus ke nomor yang sama, mengirim email terus-menerus ke alamat email yang sama, padahal si pemilik email tidak pernah memintanya. Atau memasukkan komentar di sebuah blog yang tidak relevan dengan artikelnya.

Nah yang terakhir itulah yang sering saya temukan di blog ini.

Sebualan sudah saya tidak membuka blog ini, ketika saya buka saya menemukan komentar yang saya anggap spam di postingan yang berjudul 3 fitur blackberry yang saya gunakan.

Berikut screenshotnya :

screenshots komentar spam


Kenapa saya anggap spam ?

Alasannya 3 isi komentarnya berulang-ulang, cuma susunan katanya aja yang diubah, dan komentar itu dibuat oleh orang yang sama hanya nama authornya saja yang berbeda.
Komentar #1 tgl 2 juli 2013
"Artikelnya menarik gan, bnyak informasi yang saya temukan. Terimakasih dan semoga sukses."

Komentar #2 tgl 4 juli 2013
"Dalam artikel di atas mengandung informasi yang sangat menarik, terimakasih gan dari informasi yang anda sajikan di atas."

Komentar #3 tgl 27 juli 2013
"Infomarmasi yang anda sajikan di atas itu dapat menambah suatu ilmu pengetahuan gan. Terimakasih banyak gan."

Coba sobat perhatikan ketiga komentar tersebut, isinya hampir sama, bahkan orangnya pun sama, kecuali namanya aja yang berbeda di komentar nomor #3...

Untuk para promotor, terutama yang pemula, dan untuk si pemilik komentar tsb jika membaca postingan ini, saya mau kasih saran. Jika ingin promosi di blog, maka buatlah komentar yang relevan dengan isi postingan, tidak masalah walaupun sobat kembali komentar di blog dan artikel yang sama, tapi buatlah komentar yang sesuai artikel dan tentunya isinya beda dengan komentar sobat sebelumnya. Ini lebih sopan dan aman. Aman karena kemungkinan kecil komentar sobat akan dihapus oleh admin. Sayang kan, udah cape-cape blogwalking dan naroh link kalo pada akhirnya dihapus oleh admin.

Saya sendiri sama penjual obat-obatan, tapi saya berusaha untuk menghargai blog orang lain dengan memberikan komentar yang relevan, karena saya sendiri seorang blogger.

Ok, untuk sobat-sobat semuanya,, selamat menanti hari raya idul fitru,, wassalam,,,

bisnis online

Share this:

Related Posts
Disqus Comments