5 hal dari blog yang membanggakan kita

bangga
(gambar dari sini)


Wilujeng wayahkieu para sobat blogger semua. Bagi seorang blogger dunia blog itu sangat menyenangkan, dari sana kita bisa mendapatkan ilmu yang berlimpah dan mendapat banyak teman meskipun hanya teman semu alias tidak nyata. Melaului sebuah blog kita bisa mencurahkan apapun yang kita rasakan dan yang kita inginkan.

Ada sebagian orang menjadikan blog sebagai sebuah pekerjaan 'serius' untuk mencari penghasilan, sebagian hanya dijadikan sebagai 'sampingan' untuk mencari penghasilan, dan sebagian lagi hanya menjadikan blog sebagai hiburan.

Pada dasarnya, ngeblog adalah sebuah pekerjaan, walaupun itu hanya sebagai hiburan saja. Sebuah pekerjaan pasti akan menghasilkan sesuatu, hasilnya bisa mengecewakan atau membanggakan.

Bicara masalah 'membanggakan', berikut 5 hal dari blog yang membanggakan kita ala saya.

1. Pengunjung yang banyak

Blog adalah sebuah 'karya seni', ibarat sebuah barang yang kita buat sendiri, tentu kita akan merasa bangga jika banyak orang ynang melihat apa yang kita buat, itu menunjukkan bahwa barang tersebut memiliki 'nilai' dimata orang lain. Bagaimana kita tahu bahwa blog kita banyak pengunjungnya ? Gampang saja, sobat bisa melihat statistik pengunjung di dashboard blog sobat (untuk blogspot) atau sobat bisa menggunakan layanan penghitung pengunjung dari situs lain yang banyak bertebaran di internet.

2. KOmentator yang banyak

Dengan banyaknya yang mengunjungi blog kita, secara otomatis akan banyak yang menyisipkan komentar pada artikel yang ada di blog kita. Biasanya semakin banyak komentar di artikel-artikel blog kita, maka akan semakin banyak pengunjung yang ikut berkomentar walaupun sebagian besar hanya sekedar menyisipkan link saja, tapi meskipun begitu, ini bisa membuat kita bangga. Tidak percaya ? Coba sobat rasakan ketika pertamakali sobat membangun sebuah blog, dimana blog belum dikenal maka komentar pun akan sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali, dan bandingkan bagaimana perasaan sobat jika artikel yang sobat buat banyak yang mengomentari. Dan bagaimana perasaan sobat ketika mengunjungi sebuah blog yang memiliki banyak komentatornya, dan bandingkan dengan ketika mengunjungi blog yang tidak satupun/sedikit yang berkomentar.

3. Follower yang banyak

Pada dasarnya fitur/widget follower dibuat agar orang lain bisa mendapatkan update konten terbaru dari sebuah blog. Namun secara psikologis semakin banyak follower bisa memberikan rasa bangga kepada kita. Apalagi kalau itu follower 'murni', bukan yang minta di follow balik atau bukan yang kita mintain follow blog kita. Karena hanya follower murni lah yang benar-benar menyukai hasil karya kita dan mereka akan cenderung balik lagi untuk mengunjungi blog kita. Sementara yang minta follow balik dan atau yang kita mintain untuk follow balik, KEBANYAKAN mereka tidak akan balik lagi.

4. Tubuh tante Alexa yang ramping

Maksudnya angka di widget alexa yang kecil. Poin ke-4 ini sangat terkait dengan poin nomor 1. Semakin banyak pengunjung, maka si tante pun akan semakin langsing....( mungkin karena kecapean melayani para pengunjung kali yeee,,, hehe,,)... Hampir sebagian besar blog pasti memanfaatkan widget ini. Tujuannya adalah untuk mengukur seberapa sering blog dikunjungi atau untuk menunjukkan 'ego' si pemilik blog. Walaupun sebenarnya banyak jenis service yang disediakan oleh si tante Alexa, itu semua bisa sobat lihat langsung di rumahnya. Dan hampir semua blog memasangnya,,, (.. mungkin karena servisnya sangat memuaskan ya,,,, :D ).

5. Pagerank yang tinggi

Pagerank, sebuah angka yang memiliki daya magnet yang sangat kuat. Semakin tinggi sebuah pagerank maka semakin besar pula daya tariknya. Pagerank yang tinggi bisa mendongkrak ke empat poin di atas. Pengunjung semakin bejubel, komentator berserakan dimana-mana, follower semakin berderet, dan tentu si tante akan semakin langsing. Tapi, poin yang ke-5 inilah yang paling sulit didapatkan. Lagi-lagi, pagerankpun sangat berpengaruh terhadap kita. Semakin tinggi pagerank, maka akan semakin bangga kita. Karena untuk mendapatkan pagerank perlu kerja keras dan kerja cerdas. Ibarat sekolah, jika nilai kita semakin tinggi, maka semakin bangga lah kita, begitupun orang lain akan bangga dengan blog kita.

Itulah 5 hal hal dari blog yang membanggakan kita. Semua itu akan sangat mempengaruhi aktivitas ngeblog kita, bisa membuat kita semakin bersemangat untuk menyajikan konten-konten yang lebih bermanfaat. Mungkin ada dari sobat yang mau menambahkan ????

Ads : "Mau bisnis tapi tidak punya stok produk ? Bisnistanpastok tempatnya !"

11 komentar

simkuring belum dapat pagrang kang ekekekek :D

lebih membanggakan jika blognya sudah menghasilkan. ^_^

Tante Alexa saya malah naik lagi, kmha tah kang.

jangan terlalu mengejar PR kang, cape,,,

nahh,, itu dia yang paling membanggakan,,,

punya saya juga gemuk lagi kang,, naik 700kg kang,,, itu karena saya dah jarang aktif ngebog,,

wah sepertinya blog saya belum bisa membanggakan saya mas karena pengunjung dan komentar nya masih sedikit banget. Selain itu, ranking alexa dan page rank nya juga jelek banget. Soalnya saya masih pemula banget mas.

Saya harus banyak-banyak belajar nih dari blog ini. Izin follow blog nya ya :) Di tunggu follow back nya :D

perbanyak aja dulu kontennya, sering2 blogwalking,, nnti juga ada perkembangan,,,

Owh jadi harus sering-sering blogwalking ya. Ya udah terimakasih banyak master atas saran nya :)

wah cukup bermanfaat juga infonya.....

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon