Minggu, 15 September 2013

Jam malam untuk pelajar. Ini baru kemajuan

tidur di kelas

Beberapa hari yang lalu, dunia entertainment Indonesia digegerkan dengan sebuah kecelakaan maut di daerah Tol Jagorawi yang melibatakan anak salah satu musisi ternama, Ahmad Dani, yaitu anak bungsunya AAQJ. Kecelakaan ini menelan setidaknya 5 korban jiwa dan belasan lainnya luka-luka (Beritasatu,15/09/2013). Ini sebuah tragedi yang sangat menyedihkan.

Tapi dibalik semua tragedi selalu ada hikmah yang bisa diambil. Akibat tragedi ini, pemprop DKI Jakarta pun sekarang tengah menggodok kebijakan 'pembatasan jam malam bagi pelajar' yang salah satu tujuannya adalah agar tragedi seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Dan bagi saya ini merupakan kebijakan yang sangat baik yang seharusnya dari dulu pemerintah lakukan.

Akan banyak sekali manfaat jika kebijakan ini jadi direalisasikan. Dunia malam, khususnya diperkotaan banyak sekali hal-hal negatif yang bisa mempengaruhi/menimpa anak-anak remaja, khususnya diperkotaan. Dimana budaya pergaulan di perkotaan sudah terlalu bebas, sudah terlalu jauh melenceng dari norma-norma yang ada, ini bisa mengganggu perkembangan mental/jiwa anak-anak selaku generasi penerus yang akan memebangun negeri ini kelak. Tentu kita semua tidak mau negeri ini kelak dipimpin/dikelola oleh orang-orang yang punya jiwa yang bobrok. Jika itu terjadi maka akan semakian hancurlah negeri ini.

Dengan diberlakukannya kebijakan ini, diharapkan anak-anak akan lebih dekat dengan keluarga mereka. Dan tentu sebaliknya, orang tua diharapkan agar lebih bisa memberikan perhatian yang lebih untuk anak-anak mereka. Perlu diingat, salahsatu penyebab meningkatnya angka kriminal yang dilakuakan anak-anak remaja adalah karena kurangnya kedekatan antara si anak dengan orang tuanya yang disebabkan oleh perhatian si orang tua yang kurang.

Dengan diberlakukannya kebijakan ini, paling tidak orangtua bisa ikut terbantu untuk membatasi jam main anak-anaknya di malam hari. Kita semua pasti tahu, terkadang ada orangtua yang tidak mampu membatasi jam malam anak-anaknya dikarenakan anaknya yang nakal yang tidak mau menurut. Tapi dengan adanya aturan ini, keinginan anak untuk keluar pada malam hari akan terbendung, sehingga mau tak mau mereka harus tetap dirumah bersama keluarganya. Dengan demikian, maka kesempatan si orang tua untuk lebih dekat dengan anaknya akan lebih besar.

Dari jam berapa sih jam malam harus diberlakukan ?

Masing-masing orang punya pendapat berbeda mulai dari jam berapa jam malam sebaiknya diberlakukan. Waktu saya masih sekolah, orangtua saya pernah memberlakukan jam malam kepada saya. Saya hanya dibolehkan main sampai jam 9 malam.

Saya berharap jam malam untuk pelajar kedepannya menjadi kebijakan nasional, bukan hanya kebijakan pemda saja. Bagaimana pendapat sobat mengenai kebijakan ini ?



Ads : Mau dapat penghasilan tanpa meninggalkan anak dan suami ? Jadilah SUPERMOM untuk suami dan anak Anda ! Klik disini !

Share this:

Related Posts
Disqus Comments