Cara cek kode registrasi produk di BPOM

Cara cek kode registrasi produk di BPOM -- Setiap produk makanan dan atau obat-obatan, baik obat luar atau obat dalam, berbahan kimia atau herbal, diharuskan untuk didaftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum di edarkan. Dan kemudian kode registrasi tersebut di tempel pada bungkus kemasan produk-produk tersebut. Jika produk-produk tersebut tidak didaftarkan, maka produk tersebut dikategorikan sebagai PRODUK ILEGAL'

Tapi apakah jika suatu produk yang pada bungkus kemasannya tertera kode registrasi dari BPOM RI, apakah benar kode tersebut asli, atau hanya dibuat-buat saja padahal belum didaftarkan ? Saya sendiri tidak tahu. Tapi terkadang saya (atau mungkin juga sobat) pernah merasa ragu bahwa kode tersebut benar-benar terdaftar di BPOM RI.

Memang kebanyakan orang tidak terlalu mempedulikan apakah produk tersebut terdaftar di BPOM RI atau tidak, kecuali jika produk obat-obatan. Khusus untuk produk obat-obatan mungkin sekarang masyarakat kebanyakan peduli akan hal ini, dikarenakan banyaknya obat-obat ilegal (tidak terdaftar di BPOM RI) yang beredar dan menimbulkan banyak efek samping yang merugikan bagi si pengguna. Sementara untuk makanan, masyarakat Indonesia kebanyakan lebih peduli akan kehalalannya saja (khusus untuk orang Muslim).

Jika sobat penasaran dengan kelegalan produk yang akan sobat pakai, sobat bisa mengeceknya di web pom.go.id. Cara berikut ini mungkin bisa membantu :

  1. Sobat kunjungi http://pom.go.id/webreg .
  2. Pada menu 'CARI BERDASARKAN' pilih 'NAMA PRODUK' atau 'NOMOR REGISTRASI'
    Pada menu 'KATA KUNCI' masukkan nama produk (jika yang dipilih cari berdasarkan nama produk) atau nomor registrasi (jika yang dipilih cari berdsarkan nomor registrasi). Kemudian klik 'CARI'.

    bpom ri

    Maka sobat akan menemukan tabel yang berisi nomor registrasi dan tanggal diterbitkan, nama produk, dan perusahaan yang mendaftarkan produk tersebut.

    bpom ri
  3. Klik pada bagian nomor registrasi untuk mengetahui detail produk tersebut.

Nah mudah saja kok hanya beberapa langkah saja.

4 komentar

memastikan produk yang kita pakai sudah terdaftar bpom memang perlu, apalagi sekarang banyak kosmetik abal-abal yang malah membahayakan kulit pemakainya..

satu lagi ilmu buat mewaspadai produk yang hendak saya beli di Sumedang plaza nih.
cuman rada repot juga ya kalau buka link bpom nya pas kita lagi belanja...gimana jalan keluarnya tah kang?

Tapi kadang banyak yang neggak peduli makanan atau obatnya sudah terdaftar di bpom ya.. Dengan info ini diharap bisa jadi lebih peduli lagi.

wah dapat ilmu baru, apalagi neh jajanan murahan suka meragukan walau ada BPOMnya

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon