3 alasan orang mulai merokok

merokok

Rokok,,, ah,,, siapa sih tang tidak tahu,, cuma bayi aja yang gak tahu rokok,,,

Stumpuk kecil daun tembakau kering, dibentuk sedimikian rupa kemudian dibakar dan dihisap. Ada sensasi tertentu ketika menghisapnya. Kadang tubuh menjadi terasa tenang, pikiran yang ruwet serasa plong. Beban yang tadinya terasa sangat berat, seketika menjadi ringan setelah menghisapnya.

Itulah rokok,,,,

Banyak alasan kenapa orang mulai merokok, setidaknya saya menemukan 3 alasan kenapa yang tadinya tidak pernah merokok, menjadi perokok aktif.


1. Ingin disebut 'lelaki'

Ini biasanya terjadi pada anak-anak, ABG. Ada suatu kepercayaan di kalangan abg, mereka baru ngerasa 'lelaki' banget kalau ngerokok. Terkadang perasaan ini karena terpengaruh kata-kata seniornya,

'',,, ah,,, lu,,, kayak cewek aja gak ngerokok,, udah pake rok aja sana,, !!!''

Padahal cewek juga banyak yang ngerokok lhoo,,,,

2. Meringankan beban.

Sebagian orang mengisap rokok dengan tujuan menghilangkan kegelisahan. Mungkin karena ada suatu masalah yang dirasa berat, lalu dia merokok untuk sedikit meringankannya. Biasanya ini karena terpengaruh omongan orang yang memang dia pacandu.

Ya,,, bagi pecandu , merokok memang cukup membantu meringankan beban pikirannya. Terkadang, bagi sebagian pecandu berat, rokok bisa memulihkan tenaga dan juga semangat. Aneh,,, tapi memang itulah faktanya,

3. Sarana komunikasi

Yang ini adalah alasan saya mulai merokok. Karena saya tipe orang yang tidak banyak bicara, terkadang sangat susah untuk mengawali perkenalan dengan orang lain. Dengan rokok, semua terasa lancar. Perkenalan bisa diawali dengan menawari rokok terlebih dahulu, tidak penting yang ditawarin mau merokok atau tidak. Yang pasti setelah itu semua pembicaraan jadi lancar,,,,

Nah,, itulah 3 alasan orang mulai merokok, itulah alasan-alasan yang saya dapatkan selama bergaul dengan perokok. Dan karena 1 diantaranyalah saya juga jadi perokok.

Kurang lebih 17 tahun saya jadi perokok, dan jadi pecandu.
Pernah ngerasain galau yang teramat sangat karena lagi pingin-pinginnya ngerokok, tapi gak nemuin rokok, pas nemuin bahagianya bukan main,,, kayak nemu emas 1 ton gitu rasanya,,,
Pernah ngerasain prinsip 'Lebih baik tidak makan sehari,,, daripada tidak merokok',,,,,
Sering ngerasain nggggappp ketika bangun tidur,,,
Dan terakhir,,, ngerasain pusing 8 keliling liat bon di warung nooooll nya banyak banget,,, dimana rokoklah yang mendominasi...

Tapi, kini,,, ayem freeee,,,,, baru 2 bulan,, tapi total freee,,,
Memang baru sebentar sih,, tapi jangan salah,, bagi pecandu yang pingin banget berhenti ngerokok,,, sehari semalam aja berhasil gak ngerokok..., padahal rokok ada tinggal ngambil,,, bahagianyaaa bukan main,,, serasa berhasil melewati cobaan yang begitu berat,,,

Tahu gak apa yang kerasa setelah berhenti ngerokok ????

Nanti saya posting yaa,,,,

Saya berharap dari catatan ini, ada manfaat yang bisa diambil, khususnya bagi sobat yang tidak merokok. Dan terkhusus bagi adik-adik yang masih sekolah. Apapun alasannya jangan pernah sekalipun mulai merokok.

Ingin dianggap lelaki ??. Jangan terpengaruhi kata-kata seperti ini, untuk menjadi lelaki tidak harus jadi perokok. Lagi pula, jaman sekarang, yang ngerokok itu tidak cuma laki2 aja,, cewekpun banyak. Dan kebanyakan cewek yang suka ngerokok itu cewek yang gak bener,,,

Meringankan beban ???. Bagi pecandu ,, iya, memang bisa sedikit meringankan. Tapi bagi sobat yang tidak merokok, jangan lakukan ini. Ini tidak akan meringankan, justru akan menambah beban,,, pengeluaran jadi tambah banyak,,,,

Mempermudah kominikasi ??? Saya malah nyesel banget menjadikan rokok sebagai sarana mempermudah komunikasi, selama 17 tahun susahnya minta ampun pingin berhenti. Walaupun peringatan di bungkus rokok terpampang dengan jelas, dari mulai 'merokok dapat merugikan kesehatan,,bla,,bla,,,bla,,,' sampai 'MEROKOK DAPAT MEMBUNUHMU' dan sekarang terpampang jelas gambar yang lumayan mengerikan akibat rokok,,, tetep aja gak mampu membuat saya berhenti..,,,

Sampai akhirnya bon di warung bengkak karena rokok.., dan saya dibuatnya pusing bukan main,,, inilah yang berhasil membuat saya berhenti,,,

Percayalah, hidup tanpa rokok itu lebih nikmat !!!

22 komentar

itu hanyalah alasan klise saja mas, padahal mereka-mereka yang perokok itu sadar banget kalau rokok tidak mungkin dianggap sebagai lelaki, dianggap kalau dilihat dari luar, coba 5 sampai 10 tahun, kelelakiannya pasti sudah loyooo, nafasnya megap-megap,, badannya sudah tidak tegap lagi, wis bongkok..
maaf jika komentar ini tidak berkenan, karena saya anti rokok dan sangat benci dengan rokok.. maaf...

s7 sama sabat,,, aq ngerasaian,, makanya aq berhenti,,,

jaman sekarang katanya anak2 muda kalau gk ngrokok gk keren mas.. tapi tergantung pemikiran masing2 orang ya mas...

kenapa mas Eka,, sepertinya antara senang dan tidak senang ya.. heheee

dalam hati mas eka berkata : 'gua bangettt itu,,,'

memang rata2 karena ketiga alasan itu mas.
dan satu lagi karena faktor lingkungan mas,semakin banyak teman yg merokok maka semakin besar peluang menjadi perokok.

oya salam kenal ya

hidup tanpa rokok bonus sehat kantong dan badan
Suamiku juga perokok tapi kami punya terapan di dalam rumah free rokok. alhamdulillah punya 2 anak laki tak ada yang perrokok. smoga seterusnya, berhenti di ayahnya aja. jangan nurun ke anaknya :)

NO SMOKING
nyimak saja mas... nggak suka cowok perokok :)

poin ke 3 sama banget dengan saya tuh kang heheee....
makin kesini saya mah malah makin parah kang

Sebenarnya sih ada solusi untuk meringankan rokok dengan cara mengurangi atau menggantinya dengan rokok herbal, rokok herbal akhir-akhir ini makin marak, karena mereka sudah merasakan khasit dan mafaatnya.

alhamdulillaah saya nggak merokok. suami saya juga nggak. anak-anak jangan sampai merokok. yang jelas bau tubuh orang merokok itu bikin mual.

@yanto cungkup : ya memang lingkungan sangat berpengaruh sekali,,,

aamiin mudah2n gk nurun ya ibu,,, :)
Tp kalo bisa dorong terus supaya berhenti,,

kalo saya tidak ngerokok,, suka gak ? :D

sebenarnya sy juga masuk kategori parah,,,, tp Alhamdulillaah bisa berhenti,,,

kalo rokok herbal saya baru dengar nih,,, harus cari infonya dulu nih,,,

mudah2n selamanya tdk mencoba yg namanya rokok,,

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon