Senin, 19 Januari 2015

3 alasan orang mulai merokok

merokok

Rokok,,, ah,,, siapa sih tang tidak tahu,, cuma bayi aja yang gak tahu rokok,,,

Stumpuk kecil daun tembakau kering, dibentuk sedimikian rupa kemudian dibakar dan dihisap. Ada sensasi tertentu ketika menghisapnya. Kadang tubuh menjadi terasa tenang, pikiran yang ruwet serasa plong. Beban yang tadinya terasa sangat berat, seketika menjadi ringan setelah menghisapnya.

Itulah rokok,,,,

Banyak alasan kenapa orang mulai merokok, setidaknya saya menemukan 3 alasan kenapa yang tadinya tidak pernah merokok, menjadi perokok aktif.


1. Ingin disebut 'lelaki'

Ini biasanya terjadi pada anak-anak, ABG. Ada suatu kepercayaan di kalangan abg, mereka baru ngerasa 'lelaki' banget kalau ngerokok. Terkadang perasaan ini karena terpengaruh kata-kata seniornya,

'',,, ah,,, lu,,, kayak cewek aja gak ngerokok,, udah pake rok aja sana,, !!!''

Padahal cewek juga banyak yang ngerokok lhoo,,,,

2. Meringankan beban.

Sebagian orang mengisap rokok dengan tujuan menghilangkan kegelisahan. Mungkin karena ada suatu masalah yang dirasa berat, lalu dia merokok untuk sedikit meringankannya. Biasanya ini karena terpengaruh omongan orang yang memang dia pacandu.

Ya,,, bagi pecandu , merokok memang cukup membantu meringankan beban pikirannya. Terkadang, bagi sebagian pecandu berat, rokok bisa memulihkan tenaga dan juga semangat. Aneh,,, tapi memang itulah faktanya,

3. Sarana komunikasi

Yang ini adalah alasan saya mulai merokok. Karena saya tipe orang yang tidak banyak bicara, terkadang sangat susah untuk mengawali perkenalan dengan orang lain. Dengan rokok, semua terasa lancar. Perkenalan bisa diawali dengan menawari rokok terlebih dahulu, tidak penting yang ditawarin mau merokok atau tidak. Yang pasti setelah itu semua pembicaraan jadi lancar,,,,

Nah,, itulah 3 alasan orang mulai merokok, itulah alasan-alasan yang saya dapatkan selama bergaul dengan perokok. Dan karena 1 diantaranyalah saya juga jadi perokok.

Kurang lebih 17 tahun saya jadi perokok, dan jadi pecandu.
Pernah ngerasain galau yang teramat sangat karena lagi pingin-pinginnya ngerokok, tapi gak nemuin rokok, pas nemuin bahagianya bukan main,,, kayak nemu emas 1 ton gitu rasanya,,,
Pernah ngerasain prinsip 'Lebih baik tidak makan sehari,,, daripada tidak merokok',,,,,
Sering ngerasain nggggappp ketika bangun tidur,,,
Dan terakhir,,, ngerasain pusing 8 keliling liat bon di warung nooooll nya banyak banget,,, dimana rokoklah yang mendominasi...

Tapi, kini,,, ayem freeee,,,,, baru 2 bulan,, tapi total freee,,,
Memang baru sebentar sih,, tapi jangan salah,, bagi pecandu yang pingin banget berhenti ngerokok,,, sehari semalam aja berhasil gak ngerokok..., padahal rokok ada tinggal ngambil,,, bahagianyaaa bukan main,,, serasa berhasil melewati cobaan yang begitu berat,,,

Tahu gak apa yang kerasa setelah berhenti ngerokok ????

Nanti saya posting yaa,,,,

Saya berharap dari catatan ini, ada manfaat yang bisa diambil, khususnya bagi sobat yang tidak merokok. Dan terkhusus bagi adik-adik yang masih sekolah. Apapun alasannya jangan pernah sekalipun mulai merokok.

Ingin dianggap lelaki ??. Jangan terpengaruhi kata-kata seperti ini, untuk menjadi lelaki tidak harus jadi perokok. Lagi pula, jaman sekarang, yang ngerokok itu tidak cuma laki2 aja,, cewekpun banyak. Dan kebanyakan cewek yang suka ngerokok itu cewek yang gak bener,,,

Meringankan beban ???. Bagi pecandu ,, iya, memang bisa sedikit meringankan. Tapi bagi sobat yang tidak merokok, jangan lakukan ini. Ini tidak akan meringankan, justru akan menambah beban,,, pengeluaran jadi tambah banyak,,,,

Mempermudah kominikasi ??? Saya malah nyesel banget menjadikan rokok sebagai sarana mempermudah komunikasi, selama 17 tahun susahnya minta ampun pingin berhenti. Walaupun peringatan di bungkus rokok terpampang dengan jelas, dari mulai 'merokok dapat merugikan kesehatan,,bla,,bla,,,bla,,,' sampai 'MEROKOK DAPAT MEMBUNUHMU' dan sekarang terpampang jelas gambar yang lumayan mengerikan akibat rokok,,, tetep aja gak mampu membuat saya berhenti..,,,

Sampai akhirnya bon di warung bengkak karena rokok.., dan saya dibuatnya pusing bukan main,,, inilah yang berhasil membuat saya berhenti,,,

Percayalah, hidup tanpa rokok itu lebih nikmat !!!

Share this:

Related Posts
Disqus Comments