Tips Perawatan Handphone tetap Awet

Punya handphone adalah menjadi kewajiban setiap orang di jaman sekarang ini. Banyak varian handphone yang bertebaran di dunia ini. Dari mulai yang bentuknya kecil sampai besar, mempunyai berbagai fitur seperti kamera dan yang lainya.

Salah satu hal yang penting yang harus kita lakukan terhadap handphone yaitu perawatan. Ini dimaksudkan agar handphone kita tetap awet, sehingga umurnya lebih panjang dan jika dijual maka harga jualnya tidak terlalu anjlok.

Berikut saya tuliskan beberapa tips agar hanphone tetap awet yang saya kutip dari berbagai sumber.

  1. Gunakan casing asli.
    Jika haru diganti, sebaiknya gunakan casing yang asli agar pas dengan body hanphone. Casing imitasi beresiko terhadap kerusakan hanphone.
  2. Hindari volume terlalu tinggi.
    Volume hp yang terlalu tinggi beresiko pada kerusakan speaker, dan juga daya baterei menjadi lebih boros.
  3. Aktifkan fitur getar hanya jika diperlukan. Ini untuk memperpanjang daya baterei.
  4. Install aplikasi/software yang diperlukan saja.
    Kebanyakan instalasi aplikasi membuat akses dalam hp menjadi lemot.
  5. Hindari maen game terlalu sering.
    Ini beresiko pada kerusakan keypad dan juga daya baterei menjadi boros. Jika memang digunakan buat game sebaiknya matikan mode getarnya.
  6. Gunakan pelindung yang aman buat hp.
    Pelindung/bungkus hp sangat disarankan untuk mencegah casing dan layar agar tidak tergores. Gunakan bungkus yang lembut, jangan gunakan yang terbuat dari kulit karena bahan ini agak kasar. Hindari juga kancing sarung yang bermagnet, karena magnet dapat mempengaruhi layar.
  7. Jangan gunakan hp ketika dicharge. Ini untuk menghindari batere cepat ngedrop
  8. Matikan hp ketika dicharge.
    Ini untuk mengantisipasi jika fitur pemutusan arus secara otomatis di hp jika tidak berfungsi. Jika hp dalam keadaan hidup arus yang masuk akan berlebihan, ini beresikko pada baterei menjadi panas dan bengkak.
  9. Bersihkan permukaan hp secara rutin.
    Gunakan tisue khusus atau bahan yang khusus buat mengelap layar hp. Sebagai cairan pembersih gunakanlah minyak telon, hindari penggunaan alkohol sebagai cairan pembersih.
  10. Matikan bluetooth, infrared, gprs, wi-fi jika tidak digunakan. Ini untuk memperpanjang daya baterei. Dan juga jika bluetooth selalu aktif beresiko masuknya virus yang terkirim dari hp/perangkat lain. Karena kemungkinan besar penerimaan data berjalan tanpa kita sadari:sengaj.
  11. Jauhkan hp dari paparan langsung cahaya matahari karena dapat berpengaruh pada kualitas layar.
  12. Jauhkan hp dari perangkat elektronik lain. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan keduanya dapat saling mempengaruhi kinerja masing-masing perangkat.
  13. Untuk baterei type lithium ion dan polymer, jika baterei sudah lemah sebaiknya langsung dicharge. Jangan tunggu bayterei sampai habis.
  14. Gunakan charge sesuai standar hp. Pastikan ampere yang tertera di charge sesuai standar pabrik untuk hp yang bersangkutan.

Itulah beberapa tips agar hp kita tetap awet. Atau setidaknya saat dijual harganya gak terlalu anjlok.

Salaam....

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon