Awal mula saya ngeblog

Salamu alaikum...
Selamat wayahkieu sobat blogger pemula

Banyak alasan kenapa orang membuat sebuah blog. Ada yang memang membutuhkanya atau hanya sekedar iseng. Saya sendiri membuat sebuah blog karena mungkin boleh dibilang butuh. Bagi saya blog adalah sebuah media untuk berekspresi. Dengan tulisan kita juga bisa mengekspresik apa isi hati kita. Saya punya kelemahan dalam berbicara, saya tidak pamdai berbicara seperti para politikus saat berkampanye. Tapi saya termasuk orang yang kritis, maka blog adalah salah satu media untuk menuangkan unek-unek apapun. Walaupun memang blog ini tidak berisi artikel-artikel yang bertemakan kritikan, karena memang blog ini bukan dibangun untuk itu. Untuk sementara blog ini saya jadikan sebagai media untuk belajar menulis. Dan juga dikarenakan saya membuat artikel-artikel di blog ini melalui hp, yang mana karakter hurufnya terbatas. Salah satu kekurangan saya dalam menulis tema yang bebas adalah saya tidak pernah bisa menemukan ujung dari tulisan saya.

Awal mula saya buat blog pada akhir tahun 2010, tapi mulai aktif nulis pada Maret 2011. Pada awal Februari 2011 saya mencoba belajar membuat sebuah wapsite. Saya lakukan itu karena saya tertarik melihat tampilan wapsite yang sesuai dengan layar handphone, tidak seperti tampilan blogspot ( sebelum saya mengenal mobile template karya Kang Bagas96). Hosting wapsite yang saya gunakan pertama kali adalah XtGem.com dengan alamt raharja.wap.sh kemudian mencoba di WEN.RU dengan alamat simplesite.wen.ru. Karena kedua wap ini tidak saya geluti secara serius, jadi saya buat ala kadarnya saja. Di kedua wapsite inilah saya belajar kode-kode html sehingga ketika saya beralih ke blogspot semuanya menjadi lebih mudah. Dan saya rasa wapsite adalah media yang cocok untuk dijadikan sebagai media belajar html.

Pada suatu saat ada seorang pengunjung blogwalking dan meninggalkan jejak di guestbook wapsite saya. Dan dia meninggalkan sebuah alamat blog dengan domain blogspot. Saya cek ternyata tampilan blog tersebut sesuai dengan layar hp. Dan saya pun mulai tertarik untuk mencobanya. Akhirnya saya pun menemukan sebuah alamat blog pembuat template mobile tersebut. Dan sejak itulah saya beralih ke blogspot. Karena saya merasa hosting ini cocok untuk menulis. Saya juga pernah mencoba membuat blog di wordpress.com, namun dirasa kurang nyaman pada tampilan dashboardnya jika menggunakan hp, dan juga tidak bisa mengeksplor templetnya, maka saya lebih fokus di blogspot.

Saya tidak menguasai komputer sama sekali. Semua ini saya buat dari hp, dua hp yang saya gunakan yaitu SE W200i dan Nexian T922 , hingga sekarang. Memang cukup repot, tapi ini justru menambah ilmu buat saya. Karena ilmu itu bisa kita dapatkan jika kita menemukan kesulitan. Oleh karena itu juga, sebagian besar isi blog ini membahas tentang tutorial-tutorial via handphone. Saya tidak berani memposting tutorial yang tiadk bisa dipraktekan via hp.

Itulah sekilas perjalanan saya dalam dunia blogging... Bagaimana dengan anda... ??? :r

22 komentar

Awal ngeblog pakai blogspot, pertama x buat nulis puisi hehe. .

Coba share mengenai ngeblog pakai hp, dan bertemulah dengan mas mas dan mba mba cakep yang seblogger
hehe. . :-D

Coba share mengenai ngeblog pakai hp, dan bertemulah dengan mas mas dan mba mba cakep yang seblogger
hehe. . :-D

Klw sy lebih dlu daptar blogspot dri wen.ru tpi cuma dptar doank gk tau mo diapakan, hehe.dulu suka keliling2 gk jelas di internet.., tpi mmg dari dulu smpe' skrg pke' hape...hehe

dan akhrnya bisa nulis dikit2 skrg..hehehe

@Ilham Zone : Sepertinya pengalaman qt gk jauh beda ya... hi..hi..

Wah...
sma kyk ane...
apa lagi HP nya tu
w200i yang sma kyk d tnganq ne... :D

@Johannes Govin : walopun jadul tp lumayan buat ngeblog :D

Moderasi dari komentar agan di Tips dan Trik Blogger Bagian 2
Hahaha..iya lah mas...Abisnya...step-by-step sampai dapet PR tuh gak sedikit...hehehe
Nah..point ke 10 cocok buat ente tuh...
Biqin blog pendamping dunk...hehehe

@Maspray : siap sob,, ntar ana coba trik yg ke 10...

saluut gan, sbgai wujud ekspresi and existensi diri. Ane jg prnh buat di wordpres ama blogspot cuma daftar aja. Ane kurng suka nulis,krn nulis btuh ksbran and wkt bnyak. So keep bloging ..peace..prnh buat di wordpres ama blogspot cuma daftar aja. Ane kurng suka nulis,krn nulis btuh ksbran and wkt bnyak. So keep bloging ..peace..

Tujuannya sama seperti saya, belajar nulis dan mengekpresikan diri..! Tapi saya kenal blog sudah cukup lama, sekitar 3 tahun yang lalu. Cuma baru-baru ini saya memberanikan diri untuk mengelola sebuah blog.

@klik3r : masin2 orang punya alasan yang berbeda,, apapun itu yang penting tetap berkarya..

@Mas Sugeng : sayamah malah belum nyampe setahun knal blog...

ngeblog pake hp??
wiiihh ajarriiinnnnn :D
aku pertama kali ngeblog buat tugas komputer pas SMA.
sempet vacuum, trus kayanya rame.
ya udah, pengen aktif lagi deh.
salam kenalll :D
kunjungin balik blogku yaaa... jgn lp komennya :p
Happy Blogging (Y)

@srrriii : mau diajarin ??
sering2 aja kesinii :D

rarasaan kuring tacan curhat ka akang, tapi naha apal kitu carita na? :r

idem pisan kang sami kitu tah... Hehehe

@Elang84 : ari kitumah atuh urang téh sanasib sapananggungan kang...

Awal saya nge.blog itu pakek wordpress.com kemudian ganti ke blogspot. dengan topik hacker dan warez semua tentang software ilegal. Tetapi malah kena banned dari mbah google, akhirnya pensiun dan mulai dari awal nulis blog sederhana maka terlahirlah Diponk 27 Blog

@Diponk 27 : sy juga pernah bikin di wordpress, cuma kalau dari hp, dashboardnya terlalu rumit, enak pake blogspot, dashboardnya simple..

Wah mantap, ternyata blog ini dibuat menggunakan HP, ga nyangka kalo liat tampilannya.seumur2 saya belum pernah ngeblog pake HP. salut dah buat kang yusup.

@Ichal : hehe..kalo masalah tampilan, tentu apresiasinya buat si pembuat templatenya, saya cuma ngedit dikit aja kok..
Walaupun tampilan melalui PC kurang optimal. Tapi kalo di akses dari hp sudah mantap..
..

saya pertama ngeblog di wp, isinya cerpen abal abal dan puisi hehehe (puisi punya orang semua) hehe

@Ardhan : sy jg pernah bikin di WP, tapi yang keurus cuma yg ini doang...
Hasil karya siapapun yang penting kita cantumkan sumbernya...

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon