Anda pemalu ? Berbahagialah !

Orang Pemalu
foto from Google
Punya rasa malu yang berlebihan (pemalu) memang terkadang merepotkan. Aktifitas kita menjadi agak terhambat karena sifat tersebut. Misa, seorang lelaki mempunyai rasa malu yang tinggi jika bertemu dengan wanita, tentu ini akan sangat mengganggu jika aktifitas mengharuskan berhubungan dengan wanita. Bahkan rasa malu yang berlebihan selalu identik dengan rasa tidak percaya diri.

Dibalik segala kekurangan menjadi seorang pemalu. Seorang pemalu juga ternyata memiliki kelebihan, diantaranya dia lebih layak dipercaya, dan lebih romantis dalam menjalin hubungan dengan pasanganya. Hal ini merupakan hasil penelitian sebagaimana yang saya salin dari media massa online Tempointetaktif.com.

***********

Gampang malu ternyata tidak perlu disembunyikan. Sebuah studi menemukan bahwa banyak orang menganggap orang pemalu itu lebih mudah dipercaya. »Pemalu adalah salah satu ciri emosional orang yang dapat Anda percayai untuk mengelola sumber daya berharga,” kata Robb Willer, peneliti psikologi sosial di University of California, Berkeley. »Ini adalah bagian dari perekat sosial yang memperkuat kepercayaan dan kerja sama dalam kehidupan sehari-hari.”

Ilmuwan melakukan serangkaian eksperimen yang menggunakan kesaksian video, game, dan survei untuk mengukur hubungan antara rasa malu dan perilaku positif terhadap orang lain (pro-sociality). Pada satu eksperimen, peneliti merekam pengakuan 60 mahasiswa tentang momen memalukan dalam hidup mereka, seperti kentut di depan umum. Setiap video diberi peringkat berdasarkan level rasa malu yang diperlihatkan subyek tersebut. Peneliti mengidentifikasi gestur malu, seperti melengos sambil menutup muka atau meringis. Semua subyek diminta berpartisipasi dalam game diktator untuk mengukur tingkat altruism. Setiap peserta diberi 10 tiket raffle dan diminta membagi sebagian kartunya kepada orang lain. Orang yang paling dermawan ternyata adalah orang yang memperlihatkan tingkat malu paling besar dalam rekaman video. Temuan itu memperlihatkan bahwa tingkat rasa malu merefleksikan kecenderungan orang untuk pro-sosial. Para partisipan juga memandang orang pemalu sebagai orang yang lebih layak dipercaya. »Malu pada tingkat sedang adalah tanda kebaikan hati,” kata Matthew Feinberg, peneliti psikologi di universitas itu. »Data kami menunjukkan sifat pemalu itu baik, bukan sesuatu yang harus Anda lawan.”

Selain bisa dipercaya, orang pemalu merupakan teman yang baik, bahkan kekasih yang romantis. Studi itu mengungkap, subyek yang mudah malu dilaporkan memiliki kecenderungan monogami yang lebih tinggi. »Anda ingin lebih banyak berhubungan dengan mereka,” kata Feinberg. »Anda merasa nyaman mempercayai mereka.”

*********

Nah, apakah anda termasuk orang yang pemalu ?? Jika iya, mudah-mudahan anda seperti apa yang dikatakan oleh si peneliti di atas, bahawa orang pemalu lebih layak dipercaya, menjadi teman yang baik bagi siapapun, dan menjadi orang yang paling romantis bagi pasangan hidup anda sehingga dapat membahagiakanya,,,,

12 komentar

Sy trmsuk ini kalo dunia nyata,, tpi jdi hambatn buat sy kang krn kdang malu berlebihn jdi gemeteran kalo bicra di forum formal..ckckck

@Ada Ilham: klo itu sama sob kyak sy, sy juga punya kendala kalo ngomong didpan umum (seperti pidato), malahan sy dlu sering disuruh mnjadi pembwa acara di acara maulid atau isra mi'raj, sy mlah sering hilang pas wktu hri 'H'-nya.... Payah banget :D

Bentuk mental didpn umum itu sush bagi saya kang, sdh bbrapa kali nyoba,pengen jg kyk org kritis gitu kang kalo lagi msuk mata kuliah gi2,tpi payah deh kyknya sdh bawaan lhir pemalu gini..ckckck

@Ada Ilham: Memang perlu latihan untuk hal itu sob. Sekarang ini sy sudah mulai berlatih utk berani berbicara didepan umum, dan alhamdulillah ada kemajuan.
Selain itu, sy juga termasuk yg kritis, mkanya dulu sy berencana membuat blog ini sebagai tempat utk mncurahkan smua kririk sy melalui tulisan, tp spertinya sy blum smpai merealisasikanya. Dan sy ungkapkan rasa kriris itu dengan tindakan lain, seperti membagikan tautan2 ke fb dari berbagai media yang saya rasa isi dari tautan itu mewakili sikap kritis sy,,,

Kalo sy bsa dikategorikan apatis soale gk cpat tanggap situasi n berkomentr..ckckck

terkadang sy juga bersikap seperti itu. Terkadang terlalu cepat menaggapi pada suatu hal membuat saya repot sendiri terbawa arus masalah tersebut, yg akhirnya sy ikut pusing dibuatnya.

Selamat malam kawand !
Ada hadiah nich untuk Blogger Ponsel, silahkan cek disini

Wah,,, ternyata banyak juga kelebihan menjadi orang pemalu,,,
Tentunya juga banyak kekurangan menjadi org yg pemalu...
tapi apa yah?
salam kenal sobat!

@Save Blogger: terkadang ras malu berlebihan membuat kita kurang percaya diri,,,

waw.. kebetulan saya orangnya pemalu sob,, hehehehe

sya seorang yg sgt pmalu, aplgi klau berinteraksi dgn lawan jenis. smpi umur yg 18 ini sya blum prnah mmpnyai pcar. kkurangn tsb lbih tggi dmpk negtifnya pd khdupn sosial sy drpd klbihnnya.

@Anonim: sama sperti sy sob, sy bahkan smpai umur 25 belum punya pacar, karena terlalu banyak perimbangan. Salahsatunya karena belum punya pekerjaan yang cukup mapan. Ortu sy memperbolehkan sy pacaran jika sy sudah punya pekerjaan, agar jika nnti ortu pcar sy meminta sy untuk menikahi anaknya, sy sudah siap krena sy sudah pnya pkerjaan,,,

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon