Pandai-pandailah menghargai orang lain | tweet AaGym

Salamu 'alaikum warohmatullohitaala wabarokaatuh sobat Blogger Ponsel

Lagi bingung nih mau buat artikel apa,, iseng-iseng buka twitter, diberanda banyak tweet dari Aa Gym. Ya udah saya buat postingan aja, mungkin bisa bermanfaat bagi sobat pembaca dan terutama bagi saya.

Dibawah ini beberapa tweet Aa Gym yang saya copas, mudah-mudahan jadi bahan renungan buat kita yang beragama Islam.

"Bergurau belebihan dapat mengeraskan hati dan menzolimi orang lain"

Note BP (blogger ponsel):
Hidup tanpa canda terasa hambar. Serius terus dalam berbicara terkadang sering membosankan. Bahkan dengerin ceramahpun kalo terlalu serius ceramahnya, tanpa diselingi gurauan, malah jadi ngantuk ngedengernya. Tapi banyak yang tidak kita sadari, bahwa gurauan yang berlebihan itu justru bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Banyak dari guraun kita yang justru menyinggung perasaan orang lain. Apalagi kalau gurauan itu sudah menyangkut pada fisik seseorang ( atau kata Aa Gym, menzhalimi orang). Bener kata pepatah,,'' Lidah tidak bertulang, tapi tajamnya melebihi pedang,,''

Banyak contoh guraun yang berdampak negatif pada diri si 'penggurau' dan kepada yang menjadi objek gurauan. Mungkin sobat pernah mendengar/melihat di media massa ada seorang MC sebuah acara televisi, yang mendapat masalah akibat gurauannya itu. Bahkan sampai KPI-pun ikut mengkritiknya. Karena gurauannya terlalu berlebihan. So, marilah kita pandai-pandai menjaga lidah kita. Jangan sampai niat kita mencairkan suasan karena obrolan terlalu serius, tapi justru malah menyakiti perasaan orang lain. Marilah kita pandai-pandai membaca karakter/sifat seseorang, karena tidak setiap orang menganggap gurauan kita adalah sebagai gurauan.

*****

''Kemampuan menghormati/menghargai orang lain adalah ciri orang-orang terhormat''(@aagym)

Note BP :
Saya mau tanya kepada sobat semua. Jika kita menemukan/melihat seseorang yang dikendalikan oleh kesombongan/keangkuhannya karena hartanya, fisiknya, dan sebagainya. Apa tanggapan sobat akan orang tersebut ???
Apakah sobat akan menghormati/menghargai dia ??
Saya yakin, 90% dari kita, ketika bertemu orang seperti itu, kita mungkin 'malas' untuk menghormati/menghargainya. Mungkin, ketika didepannya kita akan berlaga seperti menghormatinya, tapi dalam hati, pasti kebanyakan mencibir.

Keangkuhan/kesombongan bisa membawa kita kepada sifat tidak mampu untuk menghargai/menghormati orang lain. Karena, orang yang telah dihinggapi sifat ini, maka dia akan cenderung meremehkan orang lain.

Lalu bagaimana jika kita bertemu dengan orang yang santun, tidak sombong, pandai menghargai dan menghormati orang lain. Ketika dia bertemu dengan kita, dia bersikap baik pada kita, walopun dia kaya, punya kedudukan yang tinggi di pemerintahan misalnya,,, tapi dia tetap mengargai/menghormati orang lain yang 'miskin' atau 'pengangguran' ??
Bagaimana sikap kita padanya ??
Ya, kita pasti juga akan sangat menghargainya/menghormatinya karena sifatnya itu.

''Jika ingin dihargai orang lain, maka hargailah orang lain''


******

''Lebih nyaman dan mulia akhlaq kita bila tak merendahkan/meremehkan orang lain dengan cara apapun''

Note BP:
Jika dalam diri seseorang sudah terdapat sifat gampang merendahkan/meremehkan orang lain, maka telah nyata bahwa ada dalam dirinya sifat sombong. Dan ini merupakan salahsatu penyakit hati. Jika seseorang telah dihinggapi penyakit dalam hatinya, maka pasti dia tidak akan pernah nyaman dengan hatinya. Jika kita suka merendahkan orang lain, maka oranglainpun akan cenderung merendahkan kita (kecuali orang yang benar-benar kuat imannya). Jika kita suka meremehkan orang, apakah mereka akan suka dengan kita ? Apakah mereka mau berteman dengan kita ? Jawabannya, sebagian besar TIDAK.
Maka kitapun akan tersiksa dengan kesendirian kita.

****

Kita tak bisa menilai utuh seseorang hanya dg "pertemuan sesaat atau mendengar kata orang"

Note BP:
Banyak dari kita hanya melihat secara fisik seseorang kita anggap mereka 'jelek'. Misal, hanya karena seseorang yang baru kita ketemui banyak memiliki tato dibadannya, lalu kitapun kala itu juga mencap dia sebagai orang tidak baik. Padahal, mungkin saja orang itu memang dulunya adalah 'penjahat', tapi kemudian dia telah bertaubat. Sungguh ini adalah salahsatu penyakit hati, ''berburuk sangka''. Dan sebagai ummat Islam kita diharuskan untuk tidak berburuk sangka sama oranglain.

Atau, mungkin kita mendengar akan kejelekan seseorang dari omongan orang lain. Lalu kita serta merta ikut mencap jelek orang tersebut. Padahal kita belum tahu yang sebenarnya. Ini adalah termasuk perbuatan yangg 'bodoh'. Karena jika kita orang pandai, maka kita pasti tidak akan begitu saja percaya akan kabar tersebut. Minimal, kita akan menyelidiki kebenaran kabar tersebut.

*****

''Jangan-jangan orang yg kita hina dan remehkan adalah orang yg dicintai Allah''

Note BP :
Saya teringat dulu pernah baca sebuah buku, saya lapa judul bukunya. Disana pengarang menulis bahwa janganlah kita mancap seorang pendosa bahwa dia pasti akan masuk neraka. Karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana dia mati. Mungkin saja sebelum mati dia bertaubat dan mati dalam keadaan khusnul khotimah.

****

''Bagaimana kita bisa meremehkan orang lain, padahal Kita tak pernah tau amal-amal orang lain yg bisa jadi amat disukai oleh Allah''

Note BP :
Janganlah hanya karena kita sudah mahir membaca Al-qur'an, hafal berpuluh-puluh hadis, hafal tentang ilmu-ilmu agama. Lalu kita meremehkan orang lain karena dia tidak bisa membaca Al-qur'an dengan baik, atau bahkan sama sekali tidak bisa membaca, dan sangat minim sekali pengetahuannya tentang ilmu agama.,,,.
Kita tidak pernah tahu amal kita yang mana yang diterima oleh Allah dan seberapa banyak yang diterimaNya. Dan mungkin orang lainlah yang kita remehkan, yang justru amal yang diterimanya lebih banyak.


Sumber : twitter.com/aagym

28 komentar

Pertamax heheh

sumuhun kang. banyak banget ya tweat nya aa gym,

bener juga yang pertama bergurau boleh saja asal jangan kelewat batas apa lagi sudah bawa2 fisik :)


sebelumnya terima kasih

salam dan supoort selalu dari duniasharing.com

cacakan keur bingiung sudah mantap begini postingnya,apalagi kalau lagi seger wah mantap pisan,..cap jempol yeuh ka juragan
satuju pisan tah tifs teh...

happy blogging

hehe, ane juga kalo nengok twitter juga mampirnya ke aa' kang! emg bikin adem twit-nya!

mantap....
Sejuk yeuh,,,
Penjelasan/opini BP na tah nu ngalengkapan janten raoseun...!!!

subhanallah kang..mugia abdy teu seuer ngazholimi jeung teu dizholimi amin kang..mantap

Pepatah-pepatah Islami yang HARUS dilaksanakan,,,

Nice post Barokallah,,,

wilujeng ngeblog

@duniasharing : itu cm beberapa, masih bnyk lgi tweet aagym yang bisa menyejukkan hati,,

@kampungku corolla : man cap jempolna kang ??

@eksak : emng bnr kng, tweet aagim itu membuat hti tenang dan nyman,,

@Elang84 : mudah2n we kahartos kunu maos,,

@Kang Cuys : aamiin kang,, mudah2n urang sadaya tiasa ngajaga lidah urang,,

@Kang Asep : sama2 kang,, mudah2n bermanfaat untuk qt semua,,

Gurauan ada yang bikin mati atau malah manjadi penghuni RS.Maka hati-hatilah bergurau.
Nice posting Kang,barokalloh,amin.

@Raihan Marie Ramadhan : stujuuu lah sama akang,,,

Pencerahan hari minggu nu nyerep,nuhun Kang.
Wilujeng siang and happy blogging.

iyah setuju pisan, cuma kadang kita khilap saking nyambung dan deketnya kita sampai candaan kita jadi secara ngga sengaja suka berlebihan, saya sering begitu tuh kang..mulai sekarang mah mau lebih hati hati ah.
salam hangat hui cilembu, sehatlah selalu teman.

@Desa Cilembu : itu juga pengalaman sy dulu bpk kades,,
Dulu sy sering bnyk becanda sm teman, dan tnpa disadarai, ternyata becanda sy itu berlebihan dan akhirnya sering menyakiti hati teman saya,, dan sering saya clash sm teman gara2 saya tdk bisa menjaga lidah,,
Dan skrng sy sedng belajar u/ memanage perkataan agar tidak mnykiti hti orng lain,,
Dan mudah2n saya bisa menjg lidah sy sendiri,,,

Nuju santai dapat pencerahan mantap,baca sambil minum teh manis,meyerap sampai ke hati.
Nice share,nuhun.

@Laras Mays : cing atuh sy minta tehnya teteh laras,,,

amin2 semoga bermanfa,at untuk kita semuah...

@cik awi : iya sob, smoga brmnfaat u/ qt smua,, tq dah berkunjung,,

saya setuju gan sama yang terlalu berlebiha dalam gurawan, karena bisa bermasalah. munkin awalnya becanda, tapi bisa jadi bencana. apalagi yang di ANTV tu klo sore sore, waduh becandanya ga pake otak. ud gitu pada seneng lagi orang orang, padalah mungkin itu sengaja di buat agar kita menjauh dri solat berjamaah. jadi makin keras aja hati ini.

@cerita anak kost : bener skali sob,, banyak ketawa bisa mengeraskan hati,,
Mkasih dah berkunjung

hmm sepertinya selama ini ane bcandanya berlebihan gan.. mm mantap.. terima kasih udah share yang bginian.. stidaknya ada siraman ke hati ane.. :D

oya gan.. blog ini dijalankan dengan hp yaa??
waahh.. mantaap:D
salam kenal sob

Jadi pengen follow aa gym, bisa dengerin ceramah beliau walaupun secara tak langsung

@Asalasah : mudah2n sj bs brmnfaat u/ qt smua,,,

Bnr sob, 100% blog ini dbuat dg hp,, jd hrap maklum ya klo blognya acak2n :)

@Coretan Pemula : nyari ilmu itu bisa dmana sj sob, bisa jg lewat sosial media,, yg pnting ilmunya bermnfaat

alhamdulillah sungguh sangat membantu :)
terima kasih saya jadi bisa memberitahukan kepadanya bahwa apa yang dia lakukan salah

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon