Bibiku, obati rinduku pada Ibu

Assalamu 'alaikum warohmatullohi ta'ala wabarokaatuh,,

Wilujeng wayahkieu sobat blogger ponsel,,

Ramadhan telah berlalu, mudah-mudahan sobat semua (yang beragama Islam yang menjalankan ibadah puasa) kembali dalam keadaan fitrah. Dan mudah-mudahan kita dipertemukan kembali oleh Allah subhanahu wata'ala dengan Ramadhan mendatang,,

Apa yang sobat lakukan di hari idul fitri, apakah berkumpul sama keluarga ? Atau berkumpul sama teman-teman ?

Pasti asik ya lebaran bisa kumpul sama keluarga, bercanda bersama, makan bersama,,, atau jalan-jalan bareng,,,

Di lebaran yang ke-5 ini, lagi-lagi saya gak bisa berkumpul sama keluarga. Hanya bisa mendengar suara mereka saja melalui ponsel. Karena saya masih ada di perantauan.

Tapi di lebaran ini ada yang berbeda dengan lebaran-lebaran sebelumnya. Walaupun saya tidak bisa berkumpul dengan keluarga terdekat (ibu,bapak,kakak), Alhamdulillah saya bisa berkumpul dengan keluarga bibi saya. Kebetulan bibi saya sekarang pindah tempat tinggal ke Kalimantan ikut anak-anaknya, dan tempat tinggalnya tidak jauh dari tempat saya bekerja.

Sebenarnya bibi pindah kesini dari Ramadhan tahun kemarin. Tapi saya gak berkumpul sama mereka, alasannya :

  1. Gak kebagian jatah cuti
    Karena banyak teman-teman yang mengambil cuti duluan, jadi atasan saya gak ngasih cuti. Akhirnya saya lebaran sambil dinas,,,

  2. Cemburu
    Sebenarnya saya ingin sekali berkumpul sama keluarga bibi saya, tapi ada ketakutan di hati saya. Saya takut justru itu akan membuat saya semakin kangen sama keluarga di kampung karena melihat kebahagian mereka saat berkumpul bersama. Walaupun sebenarnya bibi menganggap saya seperti anaknya sendiri, bukan hanya sekedar keponakan, tapi tetap, saat semuanya berkumpul (bibi + anak-anaknya + cucu-cucunya + menantu-menantunya) saya merasa tetap ''orang lain''.

  3. Tubuh belum 'fit'
    3 tahun yang lalu saya mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan tulang paha sebelah kanan saya patah. Dan sampai Ramadhan tahun kemarin, saya belum bisa lepas tongkat, jadi agak ribet jika melakukan perjalanan jauh. Terlebih karena kondisi jalan di Kalimantan yang masih berlobang, belum 50% di aspal. Saya takut itu berdampak pada kondisi kaki saya.


Tapi di tahun ini, saya lebaran bersama keluarga bibi saya. Alhamdulillah saya dapat jatah cuti selama 7 hari, sampai tanggal 29 Agustus (,,,waktu menulis artikel ini saya masih di rumah bibi saya,,,,), dan kondisi kaki sudah lumayan 'fit', sudah bisa jalan tanpa alat bantu, walaupun belum 80% normal.

Sebenarnya saya ragu untuk liburan di tempat bibi, karena rasa ''cemburu'' masih tetap ada. Terbersit dalam hati saya lebaran di perumahan perusahaan saja, ngumpul bareng teman-teman yang senasib,, jauh dari keluarga.

Tapi karena jauh-jauh hari saya sudah berjanji untuk liburan di temapat bibi, dan karena orang tua saya menyuruh saya untuk kesana, sayapun memutuskan untuk mengambil cuti dan berlibur di rumah bibi.

Rinduku sedikit terobati

Ketika sampai di rumah bibi, saya langsung disambut oleh bibi saya. Ketika saya melihatnya saya merasa seperti melihat sosok ibu saya. Karena sangat miripnya mereka. Dari postur tubuhnya, wajahnya yang ada tahi lalat di dekat hidung (,,cuma kalau ibu saya tahi lalatnya lebih dekat ke hidung, sementara bibi lebih dekat ke bibir,,), cara berpakainnya (,,pakain sederhana dengan atasan memakai baju kebaya yang sederhana, kebawah memakai kain sarung bercorak batik, dan bagian kepala selalu istiqomah memakai kerudung,,,).

Semakin lama saya di tempat bibi, saya semakin merasa berada di rumah sendiri, karena ada sosok bibi. Saking rindunya sama ibu, saya sering mengamati bibi. Saat dia tidur di depan TV, persis seperti saat ibu tidur di depan TV. Cara dia berbicara, bahkan suaranyapun mirip dengan ibu. Kebiasaan ibu ketika masuk waktu shalat juga saya rasakan pada bibi. Dia selalu mengingatkan saya ,,''Tos shalat teu acan ??'' (artinya : sudah shalat belum ?). Walaupun saya sudah besar, ibu tidak pernah lupa dan tidak pernah bosan untuk mengingatkan kami (saya dan kakak-kakak) akan sembahyang, begitupun dengan bibi terhadap anak-anaknya (dan saya). Ya,, namanya juga suara kandung, jadi sangat mirip sekali. Cuma yang beda, kalau ibu saya jarang bicara, kalau bibi pinter bicara.

Alhamdulillah, dengan adanya bibi didekat saya, rindu terhadap ibu sedikit terobati.

Mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta'ala masih memberikan rahmatNya kepada saya dan keluarga saya sehingga bisa tetap berkumpul. Dan juga untuk sobat-sobat yang jauh dari orang tua, mudah-mudahan Allah juga memberikan rahmatNya sehingga bisa tetap berkumpul.

Untuk yang sudah tidak punya orang tua, jangan berkecil hati, mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta'ala Yang Maha Pengasih mempertemukan sobat dengan kelurga di akhirat nanti, dan bisa berkumpul bersama.

Bagi yang masih lengkap dan dekat, jangan sia-siakan Keberadaan mereka. Percayalah, dekat dengan orang tua lebih membahagiakan dibanding jauh.

Ok,, selamat bagi yang telah ''berhasil'' dalam puasa kemarin, yang puasanya tamat, tarawihnya tamat, tadarusannya tamat, dan mendapatkan malam lailatul qadar. Yang puasanya tidak berhasil (,, seperti saya tadarusan gak tamat teraweh gak tamat,,,) mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta'ala memberikan kita kesempatan untuk bertemu lagi dengan Ramadhan, bulan yang penyh berkah di tahun depan,,,

Mangga,,,wilujeng ah,,

Wassalam,,,,



bisnis online no scam

44 komentar

kangen terobati walau hanya bersua dengan bibi, luar biasa.... kecintaan dengan keluarga yang sangat besar semoga tetap terjalin dengan kokoh, salam buat bibinya dari blogger sumatera selatan

Saya juga gak mudik sob hehee..
Semoga lekas sehat lagi sob dan Semoga kita bisa dipertemukan lagi denga ramadhan tahun depan. Amin.

@Nedi Arwandi : terimakasih sob :)

@Anak Rantau : aamiin,, mkasih sob dah berkunjung :)

wah lima kali ga mudik, berarti 5 tahun dong bang. ehm, lama juga tu bang. semoga tahun besok tidak cuma ketemu bibi, ketemu orang tua ya :D. ohya , minta maaf lahir batin ya bang.

Past sedih banget gak bisa mudik. Tapi untung nya masih ada sanak saudara yang bisa di kunjungi ya, sehingga kerinduan terhadap keluarga bisa terobati.

Eh iya, semoga cedera yang abang alami bisa lekas sembuh 100% ya Bang :)

Wah ini yang punya blog orang Sunda yah ealaah sami abdi ge orag Sunda muehehe :D

Alhamdulillah yah sesuatu, ramadhan, lebaran memang membawa berkah. salah satunya adalah kesempatan berkumpul bersama keluarga :D

Semoga tahun depan bisa mudik ya bang. Kakinya kenapa bang? semoga lekas sembuh.

wah semoga lebaran tahun depan anda bisa berkumpul bareng keluarga,

tetap SEMANGAT!

yg pentin udah ada bibimu yg udah mengobati rasa rindu anda.

Salam kenal

wah sayang banget sob. padahal setahun lebaran idul fitri cuma sekali. apalagi kalo menyangku umur, kita gak tahu apa masih bisa ikut lebaran tahun depan. tapi.... kembali pada diri sendiri :D mampir balik pokoknya sob : www.daftarsemauku.web.id

wah merantau ya kang.. Saya juga..hehe..lama ga ngumpul ma keluarga.. Minal aidin ya kang..salam kenal..

Kunjungan balik :D brhrap mas dpt bertemu ramadhan dan merayakan lebaran bareng kelurga besarnya ya amiiiin

amiin...puasa tamat, taraweh kurang sedikit, tadarus lewat banyak, semoga tahun depan masih ketemu dan lebih baik lagi....amin

sedih saya jadinya ah...
terimakasih udah ngingetin, manfaatkan sebaik2nya kedekatan dan keberadaan orang tua kita dengan cinta kasih.
salam hangat dari cilembu dan sehat dan fit selalu yah

alhamdulillah ada bibi yg mengobati kangen pd ibu. Walopun tak bs mewakili sepenuhnya..
Aku jg merasakan jauh dr org tua. Dan bnr sekali dekat dgn org tua lbh membahagiakan dibanding jauh :)

@Drieant : iya kang,,, ini 5x lebaran, ini lbih dari bang toyyib :) minal aidzin wal faizin jg kang,,,

@Rudy Arra : iya sob, lumayan sedih & alhamdulillah ada bibi yg bisa mengobati kerinduan,,

Mkasih atas doanya sob :)

@Lulu Syifa Fauziah : muhun neng aa teh urang sunda,, hatur nuhun sudah berkunjung,, jd Alhamdulillah sesutu,, :)

@Teguh Budi Santoso : aamiin,, mkasih sob doanya :)

@Qnozza : aamiin,, mkasih sob doanya :)

@ghielz : iya sih sob,, tp mau bagaimana lg,, hehe,, mudah2n thun depan bisa berkumpul ama kluarga :)

@Gede Ardhi : qt senasib ya sob,, moga qt bs kmbali brkumpul sm kluarga :)

@Mixer Blog : aamiin,, mkasih sob,, :)

@Desa Cilembu : alhamdulillah atuh kalau tamat puasanya,, kalau tadarusan, kyknya sm dngan saya,,, :)

@covalimawati : btul skali itu mbak, dekat dg ortu lebih membhagiakan,, smoga qt masih tetap dberi ksempatan u/ slalu dkat dg mereka,,, :)

Alhamdulillah tah geuning, ada pengobat rindu gegentos tuang ibu di pangumbaraan

Semoga Allah selallu melindungi kita sob,walau tidak berkumpul bersama keluarga setidakknya kita masih bersyukur karena masih diberi banyak nikmat untuk melewati ramadhan kali ini.

salam kenal dan met lebaran dimanapun sobat berada, trims

Lho ko sama dengan saya Kang Gak kebagian jatah cuti,mungkin nanti tahun baru saya mudik.
Salam sukses aza Kang,minal aidzin walfaidzin.

lama juga ya sob sudah 5 tahun, apa ortu tidak menengok waktu kecelakaan kerja? ya dah sob mudah mudahan tahun depan bisa pulang ke rumah ortu...

bang toyib kalah ya bang, kenapa ga

meramaikan kembali sambil mengucap rindu pada sahabat yang sedang berjuang nun jauh disana.

@pepep : muhun Alhamdulillah kang, rada terobati sedikit...

@agriculturproduct : aamiin, mkasih sob doanya,,,

@TABUHGONG : slm knal jg sob :)

@Endang Aep Saefulah : aamiin,, mudah2n qt masih bs dberi ksempatan u/ berkumpul sm kluarga

@agus bg : memang cukup lama 5 tahun gk pulang2,,

Pd wktu kclakaan ortu sempat mau ksini, tp saya larang mengingat tempat tinggal yang tdk memungkinkan,,

@Desa Cilembu : mangga bpk kades, hidangannya dicicipi,, seadanya z ya,, :)

enak tuh cuti lama... kalo aku cuma dikit.... mau lama-lama malah disuruh cuti selamanya.. piye jal ??

Smoga tahun depan bsa mudik ya mas, smoga lekas sembuh ya :D

semoga cepat sembuh ya sob. salam kenal kawan xD

saya punya sepupu mas, dari budhe saya. budhe saya sudah meninggal beberapa tahun lalu. jadi, kalau sepupu saya lagi kangen sama budhe, pasti sepupu saya main ke rumah. soal sudah dianggap anak sendiri sama ibu :)

@Ahmad Suwito : itu jg kbetulan z pas hari raya cutinya, jd lumayan lama,,

@Ulan News : aamiin,, trimakasih sob,, :)

@Senja Berita : aamiin,, terimakasih doanya :)

@Rakyan Widhowati Tanjung : siapa saja bisa sedikit menghilangkan rasa kangen kpada orang tua, termasik bude,, :)

nice blog sob
Download Film Bioskop Gratis hanya di http://kumpulanfilmfilm.blogspot.com

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon