Keberadaan imam Mahdi (Tanya Jawab)

imam mahdi


TANYA : BAGAIMANA DENGAN KEBERADAAN IMAM MAHDI ?

JAWAB : Berikut tanggapan dari para Mufassir dan Muhaddits mengenai Al Mahdi :

1 ). Al-mahdiy adalah dari keturunan Rasul saw, mengenai hadits shahih yang mengatakan bahwa Al-mahdiy adalah Isa bin Maryam as. adalah hadits Munqathi', hadits yang mengatakan Al-mahdiy adalah dari Keturunan Rasul saw Ashahhu (lebih shahih). (Tafsir Imam Qurtubiy Juz 8 hal 122)

2 ). Bila kebangkitan Al-mahdiy, maka ia akan menundukkan Qastantiniyyah (Konstantinopel) dan mengalahkan mereka. (Tafsir Imam Attabari juz 1501)

3 ). Al-mahdiy bahwa ia bernama Muhammad dan nama ayahnya adalah nama ayah nabi Muhammad saw (Abdullah), maka namanya adalah Muhammad bin Abdullah, ia akan memenuhi penduduk bumi dengan keadilan, dan Al-mahdiy itu bukan yang dinanti nanti sebagaimana dinantikan kaum Rafidhah yang menantikannya keluar dari dalam goa, hal ini adalah pemahaman batil, sebagaimana pemahaman kaum syiah dengan keyakinan mengenai 12 imam. (Tafsir Imam Ibn Katsir Juz 2hal 33)

4 ). Sabda Rasulullah saw : "Tak akan datang hari kiamat, sampai permukaan bumi dikuasai oleh seorang lelaki dari Ahlulbaitku, namanya sama dengan namaku dan nama ayahnya sama dengan nama ayahnya, maka ia memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran" (Shahih Ibn Hibban hadits no.6824)

5 ). Mahdi di bai'at antara Rukun dan Maqam Ibrahim (di Masjidil Haram Makkah). (Shahih Ibn Hibban hadts no.6827)

6 ). akan muncul pasukan membawa bendera hitam dari Timur lalu memerangi kalian (orang orang kufar) dengan kekuatan tempur yang sangat dahsyat dan tak terkalahkan, bila kalian menjumpainya maka Bai'atlah ia (Bai'at=sumpah setia), walaupun harus dengan merangkak diatas salju, (walaupun sulit untuk membai'atnya berusahalah sekuat tenaga), sungguh ia itu Khalifatullah Almahdiy". Hadits ini memenuhi persyaratan Shahih Bukhari dan Muslim. (Mustadrak 'alaa Shahihain hadits no.8433).

7 ). bila kalian melihat keluarnya pasukan membawa bendera hitam dari Khurasan, maka datangilah walau dengan merangkak, sungguh dalam pasukan itu terdapat Khalifatullah Almahdiy". Hadits ini memenuhi persyaratan Shahih Bukhari dan Muslim. (Mustadrak 'alaa Shahihain hadits no.8531).

8 ). sabda Rasul saw : ".., Dan bahwa Almahdiy yang akan memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman, maka akan amanlah hewan hewan dan binatang buas, dan permukaan Bumi memuntahkan simpanan dari hatinya". Maka aku bertanya : apakah muntahan bumi berupa pendaman hatinya?, beliau saw menjawab : "seperti tiang dan balok berupa emas dan perak" (Mustadrak Ala Shahihain hadits no.8568)

9. ) diriwayatkan pula bahwa Almahdiy akan muncul di saat haji, ketika saling bunuhnya muslimin di Mina, maka Almahdiy menangis melihat pertumpahan darah muslimin, lalu mereka membai'atnya dengan paksa, maka bila kalian hidup di zamannya maka bai'at lah ia, sungguh ia adalah Almahdiy di Bumi dan Almahdiy dilangit". (Mustadrak Ala Shahihain hadits no.8537)

Dan masih banyak lagi keterangan tentang keberadaan Al-mahdi

***

Postingan ini saya suguhkan untuk kita semua umat Muslim agar lebih tahu tentang tanda-tanda kedatangan Imam Mahdi. Keterangan-keterangan di atas hanya sebagian dari banyaknya keterangan-keterangan tentang keberadaan Imam Mahdi. Semoga bermanfaat,,,

***

Sumber artikel : http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=3304#3304
Sumber gambar : http://berkatrezeki.com/blog/2011/04/perungkaian-akhir-mengenai-imam-mahdi/

46 komentar

pengetahuan islam cilembu nambah nih kang, soalnya kalau menyangkut datangnya Imam mahdi, selalu berfikir bahwa kita mah moal ngalaman soalna asa kujauh keneh mun ningali penghuni bumi ayeuna mah.

mantap kang, salam sehat selalu yah dari cilembu

Artikel yang sangat bermanfaat.jadi lebih tau sejarah islam pendahulu kita sob.terima kasih sudah berbagi.

@Desa : tapi pami ningal postingan nu sateuacana,,, tereh gening datangna imam mahdi teh kang,,

@Zig Zoor : sama2 sob,, mudah2n bermanfaat u/ qt semua,,

imam mahdi itu orang bumi ataukah orang dari langi ya bang?
kalo keturunan Rasulluloh, berarti orang bumi dong?

thanks atas infonya yah gan..

ditunggu postingan berikutnya yang bermanfaat sob.. hehe

Saya banyak memiliki Koleksi buku tentang imam mahdi. Karena penasaran dengan sosok dan ciri-cirinya. Memang sangat menarik untuk dipelajari.

Keren bangat ya mas artikel nya....!

Visite back ya Mas.

Bagus amat artikel nya ne Mas...! I Like.

luar biasa sekali informasi yang disajikan ini. sungguh sangat bermanfaat sekali. dan saya berharap blog ini dapat terus menerus trafiknya naik. dan jumlah visitor semakin banyak.

Oa Mas artikel nya bisa jadi bahan ajaran atau pengetahuan ne ya..., dan sekalian mau laporin, kalau Follow ke 82 Sukses..., Follback ya Mas...!

satu lagi ilmu islam yg saya dapat dari sini
pencerahaan yg sangat bermanfaat sob,semoga barokah...aamiin

@ricoademandana : kalo masalah iti saya gak tahu sob. :)
Saya juga masih belajar. Masih perlu baca2 keterangan/hadis2 lain yang menceritakan ihwal imam Mahdi :)

@son billy : mkasih sob :)

@rental mobil : sama2 sob,, smoga sukses bisnis rentalnya :)

@iklan baris gratis : ok sob,, janji ya bakal balik lg kesini ! :)

@Djangkaru Bumi : saya kira sebagai umat Islam sudah menjadi kewajiban mempelajari ihwal akhir jaman, dalam hal ini mengenai kedatangan dajjal, imam mahdi, dan hari Kiamat agar kita punya persiapan jika kita sampai mengalami era-era tersebut. Dengan mengetahui keberadaan & tanda2 kedatangan Imam Mahdi, kita akan tahu ketika imam mahdi muncul (jika kita mengalaminya nanti), apakah dia benar2 Imam Mahdi, atau hanya orang gila yang mengaku-ngaku Imam Mahdi.

Banyak contoh orang2 yang mengaku-ngaku sebagai Imam Mahdi dan banyak yang terjerumus mengikutinya, itu dikarenakan ketidaktahuannya ihwal siapa sebenarnya Imam Mahdi.


Wallahu alam,

@Blog Walker : ok sob dtunggu aja, InsyaAllah saya kunjungi balik :)

@Khabaran Unik ; mudah2n ini bermanfaat u/ qt semua. Silahkan kunjungi website sumbernya agar pengetahuan sobat semakin bertambah :)

@Obat Tradisional Gula Darah : terimakasih sob atas doanya,, :)

Saya doain smoga bisnis jualannya sukses :)

@Sudirman Abdullah Dekman : semoga ini bermanfaat u/ kita semua,,

Ok dtunggu aja sob InsyaAllah saya followback,, :)

@M haykal :. Aamiin Ya Allah Ya Robb

@Sudirman Abdullah Dekman : maaf sob ada sedikit masalah,, profil sobat mengarah ke google+ , bukan ke profil blogger, dan disana saya tidak menemukan tautan yang mengarah ke blog sobat, jadi saya gak tahu mana blog sobat yg akan saya followback. Silahkan cantumkan dikomentar link blog sobat :)

Terima kasih sahabat atas berbagi ilmu dan pengetahuannya ini

.. wauwwww,, aq jadi nambah ilmu nich. ntar kalo ada lagi ya?!? aq tunggu. he..86x ..

@Ferry Nurse : sama2 sob , semoga bermanfaat :)

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : silahkan kunjingi jiga web sumbernya supaya pengetahuannya semakin bertambah :)

Oke mas/bro salam kenal juga..

Nambah pengetahuan di malam minggu kang,,, Alhamdulillah...

.. emank nya disi udah gak ada postingan kayak gitu lagi ya?!? ..

wah komentar saya kemana ya? perasaan saya ud komentar, tapi ko ga ada. apa masuk spam y?

wah semoga aja beliau belum datang. soalnya kalau beliau sudah datang, berarti sudah mau kiamat dong.

@cerita anak kost : wah,, gak tahu tuh sob :)
Saya belum cek folder spam..

@Henny Faridah : mudah2n bermanfaat ya,,, :)

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : ada,, tapi masih cari2 dulu bahan buat di copas :D

Kalau bikin sendiri takut salah, soalnya kalau masalah agama gak boleh asal2n nulis kalau gak tahu dasar dan ilmunya,, bisa2 jadi menyesatkan orang :)

Ane yakin bahwa imam mahdi itu ada dan akan datang.

wah ngalami ngga ya,mungkin tidak ya kang,dulu dan kedepan mkita tidak ada yang tahu ya soal nasib,hatur nuhun sudah berbagi artikel.

@Jus Daun Sirsak Dan Kulit Manggis : ummat Islam sudah sewajibnya meyakini keberadaan Imam Mahdi, karean itu bagian dari rukun iman yg ke-5

@kampungku corolla : hanya Allahlah Yang Maha Tahu,,,

Mantap gan postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih dan selamt pagi.

@Obat Untuk Penyakit Hepatitis B : saya saranin sobat jangan berkomentar seperti ini lagi di blog yang lain, karena admin blog lain mungkin sudah menghapusnya. Komentar sobat ini sangat OOT (out of topik),, ini membuktikan bahwa sobat hanya berburu backlink tanpa membaca artikelnya

Biasakanlah komentar sesuai topik,, ok :)

Ilmu baru nih... Baca dulu ah supaya tambah pinter

dajjal/anti christ/lucifer ruled all country trough banking system that all country used today , they used that moneytary banking system (dajjal/anti/lucifer christ get fund for free) to divide,funding war, slave,debt,stress for lack of money,opression,murder & counquer each individu in all country , God said that in Golden Age All Will Be Free No more price tag, No debt , to eat, to feed your kid , to travel,to work & to pray , all money system will be erased !!! , free energy will be produced & used world wide.

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon