Mimpiku : Perpustakaan sambai Kebun Herbal

aku suka membaca
(gambar dari sini)

Wilujeng wayahkieu sobat,,,

Semua orang pasti punya mimpi. Begitupun saya. 2 hal yang menjadi mimpi saya dulu sampai sampai sekarang 'Membuat perpustakaan' dan 'Kebun herbal'

Mimpi 1 : Membuat perpustakaan

Saya sangat suka membaca, dari kecil sudah tumbuh kesukaan itu. Ketika kecil, di kampung, saya suka beli gorengan (gorengan apa saja), saya sangat senang jika gorengan tersebut dibungkus dengan koran bekas, karena ada yang bisa saya baca. Bahkan ketika dijalan menemukan secarik kertas yang ada tulisannya, saya selalu penasaran untuk membaca apa yang tertulis. Ketika sekolah, saya sering meminjam buku di perpustakaan sekolah (dan kebanyakan gak saya balikin,,,, hehe,,, ).

Saya berasal dari keluarga kelas bawah, tidak banyak buku yang mampu saya beli. Kecuali buku paket sekolah. Hanya koran bekas lah yang menjadi tambahan bacaan saya. Baru setelah saya keluar sekolah, dan kerja, saya menyisihkan sebagian dari hasil kerja untuk membeli buku. Sebulan sekali saya wajibkan untuk membeli 1 buku.

Dengan banyak membaca, banyak hal yang bisa kita dapatkan.
  • Wawasan semakin luas
  • Semakin pintar
  • Semakin tahu
  • Semakin rendah hati. Karena dengan banyak membaca kita semakin sadar bahwa betapa luas ilmu itu, dan betapa dangkal pengetahuan kita.
  • Semakin bijaksana dalam menyikapi perbedaan. Contohnya dalam dunia Islam yang beragam femahaman. Satu mazhab dengan mazhab lainnya berbeda femahaman dalam banyak aspek, seperti amaliah, jika kita banyak membaca, membaca femahaman mazhab yang kita ikuti dan femahaman mazhab yang tidak kita ikuti, maka kita akan lebih bijaksana sehingga tidak merasa bahwa yang diikuti kita lebih benar, lebih suci, lebih murni, dari femahaman mazhab lainnya yang mengakibatkan begitu mudahnya mencap pengikut mazhab lain sebagai ahli syirik.
  • Dan banyak lagi yang bisa kita dapatkan dengan banyak membaca,,,, silahkan sobat cari sendiri,,,

Oleh karena itulah saya punya mimpi ingin membuat perpustakaan di kampung tempat tinggalku. Karena di pedesaan, tidak banyak orang yang mampu membeli buku. Bahkan mungkin yang punya minat membacapun sangat sedikit. Di kampung, perpustakaan hanya ada di sekolah-sekolah, ada perpustakaan umum cuma di pusat kabupaten saja. Tapi memang ada satu tantangan yang sangat besar jika mimpi ini terealisasi, bukan masalah penyediaan buku, karena buku bisa dibeli, dan uang bisa dicari, atau mungkin ada yang mau berbagi. Tantangan terbesar adalah:
''Bagaimana MENUMBUHKAN MINAT BACA pada masyarakat pedesaan ???''
Tapi itu persoalan nanti, yang penting mimpi bisa terealisasi.


Mimpi ke-2 : Membuat kebun herbal

Mimpi inipun sudah sejak lama ada. Ketika di kampung, banyak sekali orang-orang yang mencari tanaman herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Terutama penyakit yang yang membutuhkan biaya yang sangat mahal jika harus diobati dengan obat-obatan apotik. Ketika saya masih kecil, banyak sekali dijumpai tanaman-tanaman herbal, tapi seiring waktu tumbuhan-tumbuhan herbal susah didapatkan. Mungkin semua itu dikarenakan perubahan pola fikir masyarakat mengenai obat-obatan, mereka lebih memilih obat yang instan yang dianjurkan oleh dokter, yang semuanya berbahan kimia, tanpa mempedulikan bahaya yang akan mereka dapatkan kedepannya. Mereka tidak mau repot-repot meracik tumbuh-tumbuhan herbal untuk dijadikan obat, padahal itu lebih aman.

Dan kini, dengan berkembangnya zaman, penyakitpun semakin aneh-aneh, dan biaya untuk berobatnyapun semakin anah-aneh pula. Pada akhirnya banyak masyarakat yang mencoba beralih kembali ke ramuan herbal/alami. Tetapi kini, semakin susah tumbuhan-tumbuhan tersebut didapatkan, dikarenakan tidak banyak yang membudidayakan yang diakibatkan pola fikir masyarakat yang lebih suka berobat dengan obat-obat buatan. Jikapun ada, maka harganya menjadi aneh-aneh pula.

Salahsatu contoh, sirih merah, alangkah kagetnya ketika saya tahu bahwa tanaman ini bisa berharga puluhan ribu per helai daunnya. Bahkan ada saudara saya yang membeli bibitnya (sudah tumbuh 30 cm), harganya mencapai ratusan ribu. Karena sirih merah ini langka, dan banyak sekali khasiatnya, maka berlakulah hukum pasar, barang langka, permintaan banyak, maka harga akan naik.

Mimpi saya ingin membuat kebun herbal, dan menularkannya kepada masyarakat, sehingga masyarakat lebih sehat. Mimpi ini tidak terlalu sulit direalisasikan. Mengajak masyarakat bercocok tanam lebih mudah dibanding mengajak masyarakat membaca. Bercocok tanam adalah pekerjaan rutin masyarakat pedesaan. Sedangkan membaca, mungkin dianggap membuang-buang waktu saja.

HARAPAN DARI MIMPI-MIMPI INI

Saya ingin :
- Masyarakat lebih pintar.
- Masyarakat lebih tahu.
- Masyarakat tidak mudah dibodohi.
- Masyarakat berwawasan luas.
- Masyarakat yang rendah hati.
- Masyarakat yang bijaksana.
- Masyarakat yang toleran.
- Masyarakat yang maju.
- Masyarakat yang sukses dunia akhirat.
- Masyarakat yang sehat
- Masyarakat miskin tetap sehat
- Masyarakat yang suka penghijauan.
- Masyarakat yang mandiri
- apa lagi ya ,,,,, ???????

Intinya saya ingin semuanya menjadi lebih baik lah,,,...

Itulah mimpi saya,,,, apa mimpi sobat ???

7 komentar

suatu mimpi yang sangat indah mas, semoga tercapai dan terlkasana
keep spirit, always happy
salam :)

sungguh mulia cita cita dan mimpinya sebuah niat yang tentu ngga mudah untuk direalisasikan, tapi...bisa, saya sudah bikin perpustakaan desa hasil kerjasama dengan SKB (sanggar kegiatan belajar)kabupaten dan dinas perpustakaan...sayangnya ngga jalan karena pengelola yang saya kasih tanggungjawab malah kawin dan korup uang bantuan, sekarang perpustakaannya terbengkalai....
Jadi memang harusnya perpustakaan pribadi, dikelola oleh pribadi...mungkin bisa jalan, cuman numbuhin minat baca pada orang desa pun jadi tantangan berat juga loch....wis-lah kalau urusan gaul dan ngelola orang desa mah saya ini pakarnya deh...;o)
bukan melemahkan lo yah...lumayan buat bahan pemikiran gitu deh.

Semoga bisa tercapai mas niatan yang mulia ini. Sukses ya.....

Salam

semoga mimpinya jadi kenyataan

sirih merah harganya di makassar juga mahal mas...semoga impiannya buat perpustakaan dan taman herbal tercapai ya....keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

aaamin.. semoga tercapai ya gan mimpi-mimpinya.. ^^

@ferdon naibaho : aamiin,,,
@Cilembu thea : itulah masalah utama jika sudah menyangkiut uang, susah mencari orang yang amanah. dan betul sekali, menumbuhkan minat baca merupakan tantangan terbesar

@Indra Kusuma Sejati : aamiin...

@BlogsOf Hariyanto : saya baru tahu disini kalo sirih merah itu lumayan mahal. Terimakasih atas doanya...

@irpan sah : aamiin,,,,

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon