Mengamankan akun twitter pasca dibajak

Selamat wayahkieu sonbat blogger pemula. Tidak terasa kita sudah memasuki minggu akhir dari bulan Ramadhan, mudah-mudahan amal ibadah puasa kita diterima di sisiNya. Dan jangan lupa bagi anda yang belum membayar zakat fitrah, bayarlah sebelum hari Idul Fitri tiba agar amal ibadah puasa kita sempurna.

Sobat semua pasti kenal yang namanya twitter, sebuah jejaring sosial yang banyak digunakan oleh orang-orang penting sebagai media komunikasi dengan khalayak. Dari segi keamanan privasi twitter jauh lebih baik dibanding facebook. Karena alasan itulah para selebritis dan politisi lebih banyak menggunakan twitter dibanding facebook sebagai media untuk berinteraksi dengan masyarakat. Tapi walaupun begitu, twitter tidak berarti aman dari aksi pembajakan oleh para penjahat dumay.

Jika akun twitter anda terbajak, tentu itu sangat menggangu, karena si pembajak bisa melakukan apapun dengan akun anda. Misal mengirimkan pesan yang gak karuan kepada teman-teman anda. Atau mengirimkan konten yang amoral ke teman anda, dan lain sebagainya. Jika hal ini terjadi, pasti kerugian akan menimpa anda, akan banyak komplain dari teman anda kepada anda. Atau mungkin mereka akan memblacklist anda karena dianggap tidak sopan.
Lalu apa yang harus kita lakukan jika akun twitter kita telah terbajak ???
Berikut saya cantumkan beberapa tips apa yang harus anda lakukan terhadap akun twitter anda yang dibajak yang dikutip dati DetikInet.

  • Ubah password
    Setelah mengetahui bahwa akun Twitter dibajak, segera ubah password Anda. Pengubahan password bisa dilakukan melalui menu dropdown yang ada di pojok kanan Twitter. Klik Settings dan masuk ke tab Password.

  • Matikan semua akses
    Matikan akses ke semua aplikasi pihak ketiga yang terlihat mencurigakan. Penghentian akses ini bisa dilakukan melalui tab "Applications" di halaman "Settings".

  • Update password baru di aplikasi pihak
    ketiga
    Jika pengguna sudah mengganti passwordnya dengan yang baru, maka ia harus mengupdate juga passwordnya di aplikasi pihak ketiga seperti Instagram atau Twitter for iPhone. Jika hal ini tidak dilakukan maka ia tidak bisa memasuki aplikasi ini karena percobaan login yang gagal.

  • Menghapus semua tweet dan DM Pengguna dianjurkan untuk menghapus semua tweet dan Direct Messages (DM) yang dibuat selagi akunnya dibajak.


Agar tidak mengalami pembajakan akun yang terjadi karena upaya pihak ketiga yang ingin untuk mencuri informasi login, maka pengguna Twitter dianjurkan untuk melakukan beberapa pencegahan seperti:
  • Berhati-hati terhadap link mencurigakan di mana ujung-ujungnya mengarah pada program jahat. Alasan inilah yang mendasari Twitter membuat link penyingkat untuk situsnya (t.co).

  • Pengguna juga sebaiknya waspada saat akan memasukkan password di situs serta aplikasi pihak ketiga. Para phisher biasanya membuat situs abal-abal yang mirip aslinya untuk mengecoh orang-orang agar memberikan info pribadi.


Ok.. Semoga informasi di atas bermanfaat buat anda..
Selesaiiii.... :r :r

10 komentar

g ngerti twiter kang tp krn sdh trsedia dlm bhs indonesia jd pengen coba2..

tos lami henteu nge-tweet ;) akun kuring dibajak teu nya?

@Agusductank : coba aja mas, tp mungkin agak pusing dikit cara mainya..

@eksak : sayage tos jarang ngbuka twitter, cz kurang paham maena.. :D

mungkin ga hanya twitter, kalo kita mempunyai akun di situs lain, lebih baik kita sering ganti2 password secara berkala.

salam hangat..

untung saya blm pernah akunnya di hack mas..semoga tidak :D
o ya selamat idul fitri yaa.. mohon maaf lahir dan batin

Selamat idul fitri juga buat mas @tomi , mohon maaf lahir dan batin..

permisi, boleh tanya gimana caranya mengembalikan desain atau tema profil twitter pasca dibajak? soalnya pas buka beranda atau pengaturan tema atau desainnya ada, tapi pas buka profil, tema atau desainnya gak ada alias kosong?

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon