6 langkah mengamankan ponsel pintar

Perkembangan teknologi semakin maju. Dulu kita hanya bisa akses internet melalui komputer. Tapi sekarang kita bisa mengakses internet dari manapun kita berada melalui handphone, yang dulu hanya bisa dipakai untuk telpon atau sms saja. Banyak varian hp diciptakan, dari yang tampilanya sederhana, sampai yang mewah. Setiap waktu fitur didalamnya pun semakin canggih. Bahkan fitur yang dulu hanya bisa digunakan via komputer, sekarang bisa digunakan via hp. Hp seperti ini disebut smartphone.

Smartphone merupakan hp pintar yang tentu dengan beragam fitur yang memudahkan kita berinteraksi di dunia maya. Tapi hp seperti ini bukanlah tidak rentan dari kerusakan, bahkan dibanding hp yang hanya berplatform Java, smartphone lebih rentan dari kejahatan para penjahat dunia maya. Untuk mengantisipasi hp kita agar aman dari para penjahat dumay, para pakar memberikan tips-tips untuk mengamankan smatphone kita, seperti yang dikutip oleh detik.com di bawah ini.

***********

1. Update OS
vendor biasanya akan mengeluarkan update dari sistem operasi yang digunakan smartphone keluarannya secara berkala. Jika ada tawaran seperti ini sebaiknya diambil. Sebab sebuah update sistem biasanya akan hadir dengan sejumlah perbaikan atau menambal celah (bugs) di sistem sebelumnya. Update OS juga seringkali dipermanis dengan kehadiran fitur-fitur baru. Namun awas, Anda patut hati-hati jika melakukan update, jika ceroboh bisa saja ponsel itu crash.

2. Software Keamanan
Saking canggihnya, perangkat genggam kini diibaratkan layaknya komputer mini. Seperti komputer pula, tak sedikit program jahat yang mengincar alat komunikasi ini. Jadi jika Anda seringkali menyimpan file-file penting atau seringkali menggunakan ponsel untuk melakukan transaksi keuangan, sepertinya sangat direkomendasikan untuk menginstal aplikasi keamanan untuk jaga-jaga.

3. Jangan Asal Mengklik
Aksi pencurian informasi (phising) dapat pula terjadi melalui aksi browsing sembarangan di ponsel. Modus yang digunakan pelaku biasanya dengan menyebar link-link aneh yang telah dipersiapkan program jahat di belakangnya
untuk mengelabui korban. Data yang bisa dicuri mulai dari username dan password email hingga informasi kartu kredit. Cara sederhana untuk memastikan situs itu aman atau tidak adalah dengan melihat alamat URL-nya. Pastikan situs tersebut diawali dengan tulisan 'https', bukan 'http'. Standar 'https' ini mutlak digunakan untuk situs-situs perbankan. Artinya, jika situs bank kesayangan Anda untuk bertransaksi bukan diawali dengan 'https' (tidak ada huruf 's'-nya) sebaiknya jangan memasukkan
username atau password apapun, dan hindari untuk bertransaksi di sana.

4. Aplikasi dari Sumber Terpercaya
Jangan mudah terperdaya dengan tawaran aplikasi menggoda, apalagi dari sumber/pembuat yang tidak terpercaya. Pasalnya, bisa-bisa developer yang jahil menyuntikkan program jahat di dalam aplikasi tersebut.
Langkah mudahnya adalah, jika Anda menginginkan aplikasi Facebook, ya tinggal mencarinya dari situs Facebook. Begitu juga
dengan aplikasi-aplikasi lainnya, lebih baik mendownloadnya dari situs resmi mereka.

5. Waspadai WiFi Gratisan
Akses WiFi kini sudah dengan mudahnya ditemui di tempat publik. Lantaran gratis dan berada di tempat terbuka, tentunya keamanannya jadi sangat riskan. Artinya Anda harus meminimalisir aktivitas browsing, jika mau aman. Terlebih melakukan transaksi dan belanja online, bisa saja orang di sekitar Anda tengah mengawasi dan tanpa diketahui menyusup di
tengah-tengah transaksi tersebut.

6. Awasi Aplikasi
Beberapa aplikasi biasanya meminta akses data pribadi Anda. Sebagai pengguna, tak ada salahnya Anda waspada sebab data tersebut takut disalahgunakan. Jika mau memberikan, kirim seminimal mungkin. Dan jika dianggap berlebihan, sebaiknya uninstal aplikasi tersebut.


***************


Itulah beberapa tips dari para pakar agar hp anda aman dari kejahatan program-program perusak dan sejenisnya. Mudah-mudahan bermanfaat buat anda..

Sekian.... :r :r :r

2 komentar

Punya hp smartphone emang harus bener hati-hati, apalagi yang hobi download sesuatu di internet, virus mudah sekali masuk..!(pengalaman pribadi). Tapi untungnya sekarang saya cuma pake hp biasa alias bukan Smartphone, jadi ga terlalu kawatir. Nice post Sob..!

@Mas Sugeng : S̤̥̈̊ªṁ̭̥̈̅̄α̍̍̊ sy juga mas pake hp java aja,,

Nyepamm ! Kutendang kau !!!
EmoticonEmoticon